10 Top Destinasi Wisata Bantul

Apa kabar traveling?. Sudah lama sekali tidak meng-upload segala aktivitas terbaru, mulai foto tempat wisata, sampai dengan pengalaman berkunjung ke tempat wisata. Wabah Covid-19 ini memang sedikit banyak sangat mempengaruhi ritme yang biasanya dilakukan, bagi seorang traveler otomatis menjadikan hobi yang selama ini tersalurkan, sementara harus bersabar sejenak. Namun, rasa kangen dengan tempat wisata kali ini disalurkan melalui segala tulisan yang berkaitan dengan tempat wisata tersebut, salah satu tempat wisata yang menarik untuk dibahas adalah Bantul. Memang dalam bahasan tidak membahas seluruh tempat wisat di Bantul, namun hanya 10 top destinasi wisata Bantul. Kalau ditanya apa dasarnya?. Ya tidak ada, dasarnya hanya sesuai informasi yang ada di media sosial, kalau nanti ada kesempatan sisa tempat wisata tersebut akan segera diulas.

Kabupaten Bantul adalah salah satu kabupaten dari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang berbatasan dengan Sleman di bagian utara, Gunung Kidul di bagian timur, Samudra Hindia di bagian selatan, dan juga Kabupaten Kulon Progo di bagian barat. Bantul adalah sebuah daerah yang memiliki banyak cerita kepahlawanan, diantaranya kisah Pangeran Mangkubumi di Ambar Ketawang, juga Sultan Agung di Pleret.

Bantul sendiri sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata menarik, khususnya wisata alam. Bantul dibangun pada tahun 1831 di era pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono V.

10 Top Destinasi Wisata Bantul

Berikut 10 top destinasi wisata Bantul yang bisa anda kunjungi bersama keluarga untuk bersantai dan menenangkan diri menikmati indahnya suasana alam yang tenang, sebagai berikut:
  1. Hutan Pinus Pengger.
  2. Hutan Pinus Mangunan.
  3. Gumuk Pasir Parangkusumo.
  4. Curug Pulosari.
  5. Puncak Becici.
  6. Jurang Tembelan Kanigoro.
  7. Pintu Langit Dahromo.
  8. Ekowisata Jatisari Dlingo.
  9. Pantai Pandansari.
  10. Puncak Sosok.

1. Hutan Pinus Pengger.

Salah satu tempat wisata alam yag menarik di Bantul adalah Hutan Pinus Pengger, yang berlokasi di daerah paling utara Kecamatan Dlingo, dan berbatasan dengan Kecamatan Pathuk Gunung Kidul. Tempat ini memiliki suasana dan pemandangan yang bagus. Banyak sekali spot-spot yang instagrammable bagi anda yang memiliki hobi fotografi atau anda yang senang berswafoto.

Hutan Pinus Pengger;10 Top Destinasi Wisata Bantul
Hutan Pinus Pengger (Sumber gambar: alodiatour.com)
Seperti suasana sebuah hutan pinus yang tumbuh disebuah dataran tinggi, hutan ini memiliki suasana yang sejuk dan alami. Pohon pinus yang tumbuh dengan rapat memberikan suasana yang teduh. Selain menikmati keindahan alam, anda bisa menikmati fasilitas dan wahana yang disediakan, dengan harga yang sangat terjangkau, seperti sepeda hutan, panjat tebing, hammock, flying fox, camping ground dan banyak wahana yang bisa anda sewa.

2. Hutan Pinus Mangunan.

Setelah menikmati keindahan hutan pinus Pengger, satu lagi keindahan hutan pinus yang bisa anda nikmati, yaitu Hutan Pinus Mangunan, yang terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Sama halnya dengan Hutan Pinus Pengger, hutan ini memiliki pemandangan dan suasana yang alami, ditambah dengan keindahan pepohonan Pinus Merkusi. Banyak hal yang bisa anda lakukan, salah satunya menikmati hobi fotografi di spot menarik di hutan pinus ini.

Hutan Pinus Mangunan;10 Top Destinasi Wisata Bantul
Hutan Pinus Mangunan (Sumber gambar: eksotisjogja.com)
Selain keindahan alam dan sejuknya hutan pinus, anda bisa menikmati fasilitas yang disediakan pengelola hutan pinus ini, antara lain outbond dan juga gardu pandang.

3. Gumuk Pasir Parangkusumo.

Ini dia tempat wisata yang sangat menarik, apalagi bagi anda yang senang berduaan dengan pasangan, tempat ini menjadi sebuah spot menarik untuk anda, dengan panorama yang instagrammable, cocok juga untuk anda yang hobi fotografi. Gumuk Pasir Parangkusumo adalah sebuah tempat yang memiliki gundukan pasir yang terletak didekat pantai yang terbentuk secara lama dalam jangka waktu yang lama.

Gumuk Pasir Parangkusumo;10 Top Destinasi Wisata Bantul
Gumuk Pasir Parangkusumo (Sumber gambar: piknikasik.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Sleman.

Gumuk Pasir Parangkusumo ini berada di Jalan Pantai Parangkusumo RT.1. Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Bantul. Atau berada di antara sungai Opak, Pantai Prangtritis sampai Pantai Depok.

4. Curug Pulosari.

Curug Pulosari adalah sebuah tempat wisata alam dengan air terjun berukuran kecil dan berlokasi di Jalan Krebet, Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul. Air terjun ini memiliki pemandangan yang indah ditambah dengan suasana asri pepohonan disekitar air terjun. Air terjun ini memiliki ketinggian antara 5 sampai 7 meter.

Curug Pulosari;10 Top Destinasi Wisata Bantul
Curug Pulosari (Sumber gambar: jogjaholic.com)
Di tempat wisata ini, anda bisa menikmati berbagai aktivitas, seperti panjat tebing dan juga turun tebing (repling) yang berada di sisi sebelah barat air terjun.

5. Puncak Becici.

Satu lagi tempat wisata yang menarik yang menyuguhkan pemandangan dan panorama yag indah yaitu Puncak Becici, yang berada di Gunungcilik RT.07 RW.02, Muntuk, Dlingo, Bantul. Lokasi tempat wisata indah ini tidak jauh dengan wisata Hutan Pinus Mangunan. Hutan Pinus ini memiliki nama Hutan Sudimoro I atau biasa dikenal dengan nama “Becici Asri”, yang dikelola oleh RPH Mangunan.

Puncak Becici;10 Top Destinasi Wisata Bantul
Puncak Becici (Sumber gambar: anekatempatwisata.com)
Tempat wisata ini memang sangat pas untuk anda yang senang mengambil foto dan pemandangan yang indah, apalagi tempat ini banyak memiliki spot yang instagrammable. Selain menikmati hobi berfoto, anda bisa menikmati fasilitas yang ada di tempat wisata Puncak Becici ini, antara lain menikmati sunset seeing, menikmati pemandangan di Gardu Pandang, bersantai di hammock atau sekedar bersantai di camping ground.

6. Jurang Tembelan Kanigoro.

Jurang Tembelan Kanigoro adalah sebuah tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah dan eksotis yang berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Yang menarik, konsep wisata ini mirip tempat rekreasi Panguk Kediwung. Obyek wisata ini menjadi sebuah wisata alam dengan spot foto terbaru, dikarenakan tempat wisata ini memiliki sebuah deck view atau gardu pandang yang mirip seperti kapal.

Jurang Tembelan Kanigoro;10 Top Destinasi Wisata Bantul
Jurang Tembelan Kanigoro (Sumber gambar: bobocantik.com)
Banyak sekali spot menarik yang bisa anda ambil disini, seperti saat matahari terbenam yang menyuguhkan pemandangan dan panorama yang menarik.

7. Pintu Langit Dahromo.

Salah satu tempat menarik untuk menyalurkan hobi berfoto anda adalah Pintu Langit Dahromo, yang berada di Bukit Dahromo, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul. Tempat wisata ini termasuk tempat yang luar biasa karena berada di deretan bukit yang membentang dengan indah di sebelah tenggara Bantul.

Pintu Langit Dahromo;10 Top Destinasi Wisata Bantul
Pintu Langit Dahromo (Sumber gambar: pegipegi.com)
Tempat ini memiliki spot berfoto yang bagus, dengan spot yang instagrammable menjadi hobi berfoto anda terpuaskan. Selain itu, terdapat gardu pandang, disini anda bisa melihat panorama keindahan Pegunungan Sewu dan lanskap Kota Yogyakarta.

8. Ekowisata Jatisari Dlingo.

Satu lagi tempat wisata Bantul yang memberikan suasana tenang dengan keindahan panoramanya yaitu Ekowisata Jatisari Dlingo, yang berada di Jalan Gua Jatisari Seropang 3, Desa Munthuk, Kecamatan Dligo, Bantul.

Ekowisata Jatisari Dlingo;10 Top Destinasi Wisata Bantul
Ekowisata Jatisari Dlingo (Sumber gambar: explorewisata.com)
Baca juga: Destinasi Wisata Jakarta.

Di tempat ini anda bisa melihat suasana perbukitan yang masih alami dan asri, juga memiliki spot foto yang menarik. Terdapat banyak spot foto menarik yang disediakan pengelola, seperti spot burung, rumah gunungan, rumah sasak, rumah segitiga, spot kukusan, gardu pandang natural camp dan juga stone garden. Kalau ke Bantul, sayang bila anda melwatkan tempat wisata ini.

9. Pantai Pandansari.

Selain berbagai tempat wisata alam, bukit dan pegunungan, Bantul juga memiliki wisata pantai yaitu Pantai Pandansari, yang terletak di Wonoroto, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul. Pantai ini memiliki daya tarik dengan adanya tower yang tinggi atau sebuah mercusuar yang berfungsi untuk mengarahkan kapal dengan tinggi 50 meter, dengan nama “Mercusuar Kalajivamasti” yang dibangun pada tahun 1996.

Pantai Pandansari;10 Top Destinasi Wisata Bantul
Pantai Pandansari (Sumber gambar: njogja.co.id)
Di tempat wisata ini,anda bisa melihat pemandangan dengan naik ke mercusuar dan juga menikmati agrowista buah naga.

10. Puncak Sosok.

Satu lagi tempat wisata menarik yang bisa anda nikmati di Bantul, yaitu Puncak Sosok, yang berlokasi di Jalan Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul. Di tempat ini anda bisa menikmati hobi, bagi anda yang menyukai rute downhill yang memacu adrenaline dan juga menikmati pemandangan yang indah dengan berfoto.

Puncak Sosok;10 Top Destinasi Wisata Bantul
Puncak Sosok (Sumber gambar: travel.tempo.co)
Itu dia sedikit informasi 10 top destinasi wisata Bantul yang bisa anda kunjungi saat anda ke Yogyakarta. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi berwisata ke Bantul, Yogyakarta.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel