Laporan Keuangan Untuk Usaha Kecil, Seberapa Pentingkah?

Laporan Keuangan Untuk Usaha Kecil, Seberapa Pentingkah? - Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang dibutuhkan alat yang bisa melihat kondisi bisnis dan kesehatan usaha. Bagi sebuah perusahaan yang sudah besar dan memiliki sistem yang jelas, tentunya hal ini menjadi tidak masalah. Namun bagaimana pada perusahaan kecil? Atau bahkan pada sektor bisnis UMKM (Usaha mikro, kecil dan menangah). Kebanyakan para pengusaha kecil sangat jarang sekali memiliki alat yang bisa mengontrol usahanya. Salah satu alat yang bisa melihat perkembangan dan kesehatan tersebut adalah laporan keuangan.

Sangat diakui banyak pengusaha UMKM yang sangat tidak memperhatikan laporan keuangan, selain tidak paham, juga tidak mengerti cara membuat laporan keuangan ini. Bagi mereka, yang penting usaha bisa berjalan dan menghasilkan lebih dari cukup, namun juga ada para pengusaha yang ingin naik kelas yang ingin mengembangkan bisnisnya, dan salah satunya adalah memiliki laporan keuangan untuk melihat kondisi bisnis yang dijalankannya.

Laporan keuangan;Laporan Keuangan Untuk Usaha Kecil, Seberapa Pentingkah?
Laporan keuangan

Lapran Keuangan Perusahaan Untuk UMKM

Laporan keuangan adalah laporan yang berisi catatan informasi keuangan dalam suatu perusahaan  pada periode akuntansi, yang digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Laporan keuangan yang lengkap terdiri atas lima hal, yaitu:
  1. Neraca
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Laporan Perubahan Modal.
  4. Laporan Arus Kas
  5. Catatan dan laporan dan materi penjelasan.
Baca juga: Sukses Bisnis Kuliner.

Bisa diakui bahwa para pelaku UMKM banyak yang tidak memahami catatan keuangan, yang sering terjadi adalah hanya dengan mengandalkan kekuatan daya ingat, kapan omset usaha ramai dan kapan omset lagi sepi. Hal ini berbeda dengan para pengusaha yang sudah membuat laporan keuangan. Dengan laporan keuangan ini, mereka dapat melihat trend yang terjadi, selain bisa mengambil keputusan dengan cepat dan bisa merencanakan pengembangan bisnis yang akan datang.

Keuntungan Memiliki Laporan Keuangan

Laporan keuangamn yang lengkap akan mempermudah pemilik usaha untuk melakukan kegiatan organisasi yang dipimpinnya. Terdapat beberapa keuntungan yang didapat dengan memiliki laporan keuangan, sebagai berikut:
  1. Mengetahui nilai aset perusahaan yang sesungguhnya.
  2. Mengetahui untung rugi usaha yang dijalankannya.
  3. Bisa melakukan penilaian atas performa usaha untuk pengambilan keputusan.
  4. Memiliki informasi yang jelas untuk menghitung pajak.
  5. Sebagai laporan pihak luar bila dibutuhkan.
Laporan keuangan untuk usaha kecil, seberapa pentingkah untuk pemilik usaha. Bagi para pelaku usaha yang sudah mengerti keuntungan dan telah membuat laporan keuangan tersebut, meski sederhana, maka mereka akan menjawab sangat penting. Karena dengan memiliki laporan keuangan tersebut mereka bisa mengambil keputusan bisnis dengan cepat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel