10 Top Kuliner Bondowoso

Kuliner masih menjadi sebuah topik menarik untuk dibahas, dari berbagai ragam aktivitas, hanya tema ini yang mampu memberikan daya tarik tersendiri untuk menikmati sajian nikmat yang menjadi ciri khas dari suatu daerah. Setelah membahas berbagai daerah yang memiliki tempat kuliner dan sajian makanan enak yang menjadi ciri khas daerah tersebut, kini Bondowoso menjadi daerah yang akan dibahas dari sisi kuliner. Terdapat 10 top kuliner Bondowoso yang akan dibahas, tidak ada alasan mengapa memilih 10 kuliner ini sebagai topik yang dibahas, hanya keterbatasan waktu untuk membahas keseluruhan kuliner di Bondowoso.

Bondowoso sendiri adalah daerah yang memiliki kekayaan kuliner, bahkan banyak wisatawan yang sengaja datang ke daerah ini hanya untuk menikmati sajian kuliner khas Bondowoso. Bondowoso adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan Banyuwangi dan Situbondo di sebelah timur, Jember di sebelah selatan, Probolinggo dan Situbondo di bagian barat dan mayoritas penduduknya adalah suku Jawa dan Madura.

Informasi tentang kuliner Bondowoso ini didapatkan dari pengumuman tentang berbagai wisata yang bisa dikunjungi dan juga kuliner oleh Gubernur Jawa Timur saat mudik bersama Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 kemarin, namun meskipun pernah disampaikan tahun 2019 kemarin, informasi ini masih sangat relevan sebagai referensi wisata kuliner Bondowoso.

10 Top Kuliner Bondowoso

Berikut 10 top kuliner Bondowoso, sebagai berikut:

  1. Tape Bakar.
  2. Nasi Macan Bu Banjir.
  3. Nasi Mamong & Tapai Ngambeng.
  4. Rujak Gobet.
  5. Bakso Gulung.
  6. Depot Mie Ayam Solo & Bakso Barokah.
  7. Depot Lumintu.
  8. Surma.
  9. Boneless Chicken.
  10. Kopi Blankon.

1. Tape Bakar.

Salah satu kuliner khas Bondowoso, adalah makanan berbahan baku dari singkong, yaitu Tape Bakar. Makanan ini sekilas mirip dengan lemet dari singkong yang diolah dari singkong dan gula merah. Yang berbeda hanya bentuknya yang sudah berbentuk tape, maka tape bakar ini memiliki cita rasa yang legit, manis dan juga gurih.

Tape Bakar;10 Top Kuliner Bondowoso
Tape Bakar (Sumber gambar: kompasiana.com/munirbws/)
Sajian tape bakar ini sangat enak dinikmati saat suasana hujan dan dingin yang akan menghangatkan perut.

2. Nasi Macan Bu Banjir.

Kuliner yang satu ini menjadi salah satu kuliner khas Bondowoso, yaitu Nasi Macan Bu Banjir. Nasi Banjir disebut karena porsi nasinya yang banyak dan harganya yang murah, yang sering dinikmati para tukang becak. Dalam satu porsi nasi banjir ini biasanya disediakan dengan lalapan sayur dan telur dadar beserta nasi putih.

Nasi Macan Bu Banjir;10 Top Kuliner Bondowoso
Nasi Macan Bu Banjir (Sumber gambar: berita-bondowoso.blogspot.com)
Untuk mendapatkan satu porsi nasi macan Bu Banjir ini, anda bisa mendapatkannya di Pasar Induk Bondowoso.

3. Nasi Mamong & Tapai Ngambeng.
Dua jenis kuliner ini, yaitu Nasi Mamong & Tapai Ngambeng adalah murni kuliner khas dari Bondowoso. Nasi Mamong adalah nasi yang memiliki bentuk seperti ujung tumpeng yang memiliki tinggi sekitar 10 cm. Mamong sendiri berasal dari  Bahasa Madura yang berarti bingung. Menurut masyarakat Bondowoso, dinamakan Mamong karena proses memasaknya yang sangat lama dan membuat pembelinya bingung, proses membuatnya membutuhkan waktu sehari semalam, dari memasak nasi sampai matang, nasi dianginkan, dibungkus dan dikukus lagi agar awet.

Nasi Mamong;10 Top Kuliner Bondowoso
Nasi Mamong (Sumber gambar: ksmtour.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Situbondo.

Nasi Mamong sebenarnya hampir sama dengan nasi bakar, yang membedakan nasi mamong ini lebih padat karena harus dikukus terlebih dahulu baru kemudian dibakar. Yang paling enak dari nasi mamong adalah sajian pelengkapnya yaitu sambal pedas yang nikmat.

Tapai Ngambeng ;10 Top Kuliner Bondowoso
Tapai Ngambeng (Sumber gambar: Instagram/kuliner.bondowoso)
Tapai Ngambeng adalah sajian minuman tradisional khas Bondowoso yang berasal dari tapai, gula dan air kapur yang dicampur menjadi satu. Fungsi air kapur agar tapai tidak hancur dan tidak larut dalam larutan gula. Tapai Ngambeng sangat enak bila disajikan dalam keadaan dingin.

4. Rujak Gobet.
Selain berbagai kuliner di stas di Bondowoso juga terdapat kuliner rujak yang disebut Rujak Gobet. Rujak gobet memilki komposisi yang sama dengan rujak lainnya, yang membedakan adalah adanya tambahan serutan singkong yang menjadi bahan utama rujak ini.

Rujak gobet;10 Top Kuliner Bondowoso
Rujak gobet (Sumber gambar: berita-bondowoso.blogspot.com)
Untuk mendapatkan rujak gobet khas Bondowoso tidak terlalu sulit karena banyak pedagang rujak gobet yang bertebaran di Bondowoso, namun yang sering disebut para pecinta rujak adalah warung rujak di depan BCA Bondowoso, warung rujak di dekat Dinas Perikanan dan Peternakan ini bisa menjadi rekomendasi kuliner rujak gobet.

5. Bakso Gulung.
Bakso ternyata masih menjadi kuliner favorit di Bondowoso, namun ada yang berbeda dengan kuliner bakso yang dijual, Bakso Bondowoso memiliki ciri khas yang berbeda dengan bakso pada umumnya. Bakso Gulung adalah bakso yang dibuat dengan cara digulung.

Bakso Gulung;10 Top Kuliner Bondowoso
Bakso Gulung (Sumber gambar: Instagram.com/ratihsetianto)
Di dalam gulungan bakso terdapat telur dadar goreng dan daging sapi yang dicincang, dagingnya juga lembut dan mempunyai cita rasa yang enak. Untuk mendapatkan satu porsi bakso gulung, anda bisa mendapatkannya di Bakso Gulung Khas Bondowoso di Jalan Raya Situbondo.

6. Depot Mie Ayam Solo & Bakso Barokah.
Tempat kuliner yang satu ini adalah tempat kuliner favorit di Bondowoso, yaitu “Depot Mie Ayam Solo & Bakso Barokah”, yang berlokasi di Jalan Raya Situbondo, Garduatak, Bondowoso. Tempat kuliner ini sudah lama berdiri dan bisa dikatakan sebagai kuliner legendaris di Bondowoso.

Mie Ayam Solo (Sumber gambar: sales-adventure.blogspot.com)
Sessuai dengan namanya, maka depot ini hanya menyediakan suguhan lezat bakso dan mie ayam yang enak dan lezat. Lokasinya yang luas dan nyaman, membuat anda nyaman dalam menikmati sajian kuliner Mie ayam Solo dan Bakso Barokah ini.

7. Depot Lumintu.
Satu lagi tempat kuliner yang harus anda coba saat berkunjung ke Bondowoso, yaitu Depot Lumintu. Depot ini juga disebut dengan Warung Luminto Pak Kromo, yang berlokasi di Jalan A. Yani di sebelah Gedung Bapeda Kabupaten Bondowoso.

Depot Lumintu;10 Top Kuliner Bondowoso
Depot Lumintu (Sumber gambar: berita-bondowoso.blogspot.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Lumajang.

Menu yang disediakan yaitu lalapan, nasi goreng, soto dan juga bakso. Namun yang menjadi favorit yaitu menu soto ayam kampung, setelah menikmati soto ayam, anda bisa memesan es campurnya yang terkenal enak di Bondowoso.

soto ayam kampung;10 Top Kuliner Bondowoso
Soto ayam kampung (Sumber gambar: Instagram.com/bondowosofoodies)

8. Surma.
Surma atau disebut juga dengan syarma yaitu makanan khas Timur Tengah yang bentuknya seperti kebab juga menjadi sajian kuliner yang selalu dicari di Bondowoso. Surma ini terbuat dari daging yang dicincang, ditambah irisan irisan sayur, seprti sawi putih, mentimun dan juga tomat, sauce dan digoreng sebentar di atas kulit yang terbuat dari adonan tepung.

Surma;10 Top Kuliner Bondowoso
Surma (Sumber gambar: gusbolang.com)
Untuk mendapatkan sajian surma, anda bisa mendapatkannya di Jalan Raya Situbodo atau  di depan Indomaret Kampung Arab Bondowoso

9. Boneless Chicken.
Bagi anda pecinta kuliner ayam, sajian kuliner yang satu ini wajib anda coba yaitu boneless chicken, sajian ayam ini disajikan tanpa tulang dan kulit. Boneless chicken disajikan dengan bumbu rempah yang pas, yang akan membuat anda tertarik untuk ingin menikmati sajian  kuliner ini.

Boneless chicken;10 Top Kuliner Bondowoso
Boneless chicken (Sumber gambar: putratravel.net)
Salah satu tempat yang menyediakan sajian kuliner ayam tanpa tulang ini, yaitu Boneless Chicken yang berada di Jalan Tirta Asri Bondowoso.

10. Kopi Blangkon.
Racikan kopi khas Bondowoso ini harus anda coba, yaitu Kopi Blangkon, dalam satu cangkir kopi juga ditambahkan rempah-rempah, seperti serai, jahe, kunyit, jeruk purut dan kayu manis. Untuk menikmati sajian kopi blangkon dapat anda nikmati di Nine Coffee Roastery di Jalan Brigpol Sudarlan Nomor 266, Bondowoso.

Kopi Blangkon;10 Top Kuliner Bondowoso
Kopi Blangkon (Sumber gambar: ninecoffeeroastery.com)
Karena disajikan oleh sebuah kedai kopi, maka proses membuatnya juga dilakukan secara profesional, bahan kopi dari Ijen ini diseduh dengan V60 untuk menyaring kopi baru kemudian dimasukkan rempah-rempah yang sudah dikupas dan sudah dibersihkan.

Tertarik untuk menikmati sajian lezat khas Bondowoso?. Semoga 10 top kuliner Bondowoso ini, bisa menjadi referensi terbaik untuk menikmati wisata kuliner di Bondowoso.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel