10 Top Destinasi Wisata Magetan

Traveling masih menjadi aktivitas menarik dan menyenangkan, apalagi setelah seminggu disibukkan dengan berbagai aktivitas. Menikmati tempat wisata sepertinya menjadi solusi terbaik untuk mengatasi kejenuhan yang dihadapi, dan tempat terbaik adalah mencari daerah yang memiliki banyak wisata alam yang menarik, selain bisa mengurangi rasa stres dan menyegarkan pikiran, dengan melihat tempat wisata tersebut akan memberikan kesan baru pada anak-anak dengan melihat keindahan alam. Magetan menjadi salah satu daerah wisata pilihan kali ini, selain memiliki wisata pegunungan, juga memiliki sebuah telaga yang selalu menjadi tujuan wisata para wisatawan. 10 top destinasi wisata Magetan, akan memberikan sedikit informasi tentang berbagai wisata di Magetan.

Magetan sendiri adalah sebuah daerah yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Magetan memiliki banyak wisata alam yang menarik, bahkan banyak diantaranya belum dikembangkan menjadi tempat wisata yang profesional, yang mengakibatkan banyak orang belum mengetahui keindahan wisata alam di Magetan. Magetan memiliki banyak tujuan wisata, mulai wisata sejarah, spot foto menarik, wisata alam dan banyak wisata lainnya yang membuat anda terhibur dengan keindahan tempat wisata tersebut.

Informasi tentang tujuan wisata Magetan didapatkan dari informasi Gubernur Provinsi Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama Hari Raya Idul Fitri tahun 2019. Namun, meskipun pernah disampaikan tahun kemarin, informasi ini masih sangat relefan untuk menjadi referensi wisata Magetan.

10 Top Destinasi Wisata Magetan

Berikut 10 top destinasi wisata Magetan, yang bisa anda kunjungi, sebagai berikut:

1. Telaga Sarangan.
2. Air Terjun Tirtosari.
3. Air Terjun Pundak Kiwo.
4. Mojosemi Forest Park.
5. Taman Wisata Genilangit.
6. Waduk Gonggang.
7. Telaga Wahyu.
8. Kampung Batik Sidomukti.
9. Magetan Green Garden.
10. Air Terjun Bidadari.

1. Telaga Sarangan.

Telaga Sarangan atau yang disebut juga dengan Wisata Alam Telaga Sarangan Magetan adalah wisata favorit para wisatawan di Magetan, yang berada di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Magetan. Telaga ini berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, dan memiliki luas 30 hektar dengan kedalaman 28 meter. Selain suasananya yang dingin dan sejuk, pemandangan di telaga ini sangat indah, sangat cocok untuk anda yang mencari ketenangan dan kenikmatan wisata.

Wisata Alam Telaga Sarangan;10 Top Destinasi Wisata Magetan
Wisata Alam Telaga Sarangan (Sumber gambar: Instagram.com/telagasarangan/)
Ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di Wisata Telaga Sarangan ini, seperti naik speed boat atau pun naik kuda, selain aktivitas tersebut, anda bisa berwisata kuliner dengan menikmati lezatnya sate kelinci yang sangat terkenal.

Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Madiun.

Banyak sekali daya tarik luar biasa di tempat wisata ini, selain banyak aktivitas yang bisa dilakukan di area wisata telaga, anda juga bisa menginap di berbagai hotel yang tersedia, bahkan disekitar telaga juga terdapat tempat wisata lainnya yang menarik.

2. Air Terjun Tirtosari.

Air Terjun Tirtosari  adalah salah satu tempat wisata yang sedang hits saat ini, tempat wisata ini masih berada dalam satu kawasan dengan telaga Sarangan. Keindahan perbukitan ditambah pohon pinus yang tumbuh berjejer disekitar air terjun menambah keindahan air terjun ini. Air terjun Tirtosari memiliki ketinggian 50 meter, yang diapit dengan dua beton yang berfungsi sebagai sarana jalan bagi pengunjung yang ingin menyusuri kawasan air terjun.

Air Terjun Tirtosari;10 Top Destinasi Wisata Magetan
Air Terjun Tirtosari (Sumber gambar: datawisata.com)
Air terjun Tirtosari ini berada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan. Di tempat wisata ini anda bisa melihat keindahan wisata air terjun yang luar biasa, dan juga bisa berswafoto sambil menikmati kesejukan udara di sekitar Air Terjun Tirtosari.

3. Air Terjun Pundak Kiwo.
Satu lagi pesona keindahan wisata Magetan, yaitu Air Terjun Pundak Kiwo yang berada tidak jauh dari Telaga Sarangan, tepatnya di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini, anda akan disambut dengan keindahan perkebunan sayur milik warga. Ditambah dengan keindahan hutan pinus yang menambah asrinya perjalanan menuju air terjun.

Air Terjun Pundak Kiwo;10 Top Destinasi Wisata Magetan
Air Terjun Pundak Kiwo (Sumber gambar: ihategreenjello.com) 
Sebelum menuju Air Terjun Pundak Kiwo, anda akan menemui beberapa air terjun yang bisa anda nikmati, sedangkan Air Terjun Pundak Kiwo berada di atas rangkaian air terjun Desa Ngancar dan merupakan air terjun paling tinggi. Dinamakan pundak kiwo karena air terjun ini berada di sebelah kiri lereng Gunung Lawu.

4. Mojosemi Forest Park.
Ini dia salah satu tempat wisata yang juga harus dikunjungi, yaitu Mojosemi Forest Park, yang berlokasi di Jalan Raya Sarangan, Cemorosewu Km. 5, Kali Jumok, Sarangan, Plaosan, Magetan. Di tempat ini banyak sekali spot foto yang menarik yang cocok untuk anda yang memiliki hobi fotografi atau pun hanya ingin berswafoto.

Mojosemi Forest Park;10 Top Destinasi Wisata Magetan
Mojosemi Forest Park  (Sumber gambar: explorewisata.com) 
Dahulu tempat ini hanya menjadi tempat perkemahan, namun seiring berjalannya waktu, tempat wisata ini mulai dikembangkan dengan tambahan berbagai wahana yang menarik. Di tempat ini anda bisa berkemah dan menginap, untuk menginap juga disediakan berbagai pilihan seperti dengan tenda desk camp, container forest camp, Lawu forest camp dan berbagai faslitas lainnya yang bisa dinikmati. Selain itu anda bisa menikmati berbagai fasilitas seperti naik kuda, sewa ATV, war game, dan masih banyak lagi fasilitas yang bisa dinimati.

5. Taman Wisata Genilangit.
Satu lagi tempat wisata yang bisa anda nimati adalah Taman Wisata Genilangit, yang berlokasi di Genilangit, Poncol, Magetan. Awalnya tempat ini hanyalah tempat persemaian bibit tanaman, namun karean keuletan karang taruna setempat, menjadikan tempat ini menjadi sebuah desa wisata yang menarik.

Taman Wisata Genilangit;10 Top Destinasi Wisata Magetan
Taman Wisata Genilangit (Sumber gambar: travelspromo.com)
Tempat wisata ini memberikan daya tarik berupa wisata alam dengan konsep kekinian dengan pemandangan lereng Gunung Lawu yang indah. Selain itu, anda bisa menikmati deretan hutan pinus, bisa berswafoto dengan spot foto kekinian, menikmati beragam wahana permainan outbond,  dan banyak kegiatan lain yang bisa anda lakukan di taman wisata ini.

6. Waduk Gonggang.
Tempat wisata yang hits saat ini adalah  Waduk Gonggang, yang berada di Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Magetan. Daerah ini merupakan daerah yang sejuk karena berada di daerah pegunungan disisi selatan sebelah barat Magetan.

Waduk Gonggang;10 Top Destinasi Wisata Magetan
Waduk Gonggang (Sumber gambar: infomagetan.com)
Daerah ini menawarkan wisata alam yang banyak dikunjungi karena juga digunakan sebagai area memancing.

7. Telaga Wahyu.
Selain berbagai tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, tempat wisata yang satu ini bisa memberikan suasana yang berbeda, yaitu Telaga Wahyu, yang berlokasi di Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Magetan.

Telaga Wahyu;10 Top Destinasi Wisata Magetan
Telaga Wahyu (Sumber gambar: tempatwisata.pro)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Ponorogo.

Di tempat ini anda bisa menimati keindahan pemandangan dan juga berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola, seperti spot memancing, menikmati perahu mesin dan juga berwisata kuliner di sekitar telaga.

8. Kampung Batik Sidomukti.
Di Magetan, selain menikmati berbagai keindahan wisata alam, anda juga bisa berkunjung di pusat batik yang disebut dengan Kampung Batik Sidomukti, yang terletak di Dusun Papringan, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Magetan. Wisata ini merupakan wisata budaya yaitu kesenian batik khas Magetan, yang dikenal dengan Batik Sidomukti.

Kampung Batik Sidomukti,;10 Top Destinasi Wisata Magetan
Kampung Batik Sidomukti (Sumber gambar: madiunpos.com)
Batik Sidomukti khas Magetan memiliki ciri khas dengan motifnya yang mengambil dari budaya Magetan, yaitu pohon bambu yang banyak tumbuh di Magetan, dan juga gabungan flora dan fauna khas Magetan.

9. Magetan Green Garden.
Salah satu tempat wisata menarik untuk dikunjungi adalah Magetan Green Garden, tempat wisata ini berada di Kawasan Desa Truneng, Kecamatan Sukomoro, Magetan. Di tempat wisata ini, anda bisa menikmati sebuah wisata alam yang bertemakan perkebunan, yang didirikan pada Januari 2018 yang lalu.

Magetan Green Garden;10 Top Destinasi Wisata Magetan
Magetan Green Garden (Sumber gambar: milesia.id)
Di tempat ini memiliki berbagai spot foto yang menarik yang sangat cocok untuk anda yang memiliki hobi fotografi.

10. Air Terjun Bidadari.
Satu lagi wisata alam yang sangat menarik perhatian, yatu Air Terjun Bidadari yang berada di daerah Plumpang, Plaosan, Magetan. Air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter. Yang menarik, air terjun ini tidak langsung jatuh ke bawah, melainkan mengikuti aliran tebing.

Air Terjun Bidadari;10 Top Destinasi Wisata Magetan
Air Terjun Bidadari (Sumber gambar: Wego.co.id)
Tertarik untuk menikmati keindahan wisata di Magetan? Semoga 10 top destinasi wisata Magetan tersebut di atas, bisa memberikan referensi untuk anda yang ingin menikmati keindahan wisata di Magetan.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel