10 Top Kuliner Situbondo

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keragaman wisata yang luar biasa, mulai wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner dan masih banyak wisata lainnya yang bisa dieksplore di Jawa Timur. Di antara berbagai wisata tersebut, yang selalu menarik untuk dibahas adalah tentang kuliner yang menjadi ciri khas suatu daerah. Salah satu daerah yang menarik untuk dibahas khususnya wisata kuliner adalah Situbondo. Sebagai daerah yang berada di pesisir utara Jawa Timur, Situbondo selain memiliki wisata alam berupa pantai yang indah juga memiliki sajian kuliner yang lezat. 10 top kuliner Situbondo sengaja menjadi pembahasan menarik kali ini, meskipun tidak semua kuliner di Situbondo ini dibahas secara lengkap.

Situbondo sendiri sebagai salah satu kabupaten yang terletak di pesisir utara pulau Jawa memang menarik untuk dikunjungi. Kuliner Situbondo memiliki ciri khas tersendiri dengan rasa pedas gurih yang nikmat, hal ini disebabkan pencampuran penduduk yang mayoritas berasal dari etnis Jawa dan Madura, sehingga mempengaruhi pola hidup, termasuk kuliner di Situbondo.

Informasi kuliner Situbondo ini memang pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 kemarin, namun meskipun pernah disampaikan, informasi ini masih relefan untuk menjadi referensi kuliner di Situbondo.

10 Top Kuliner Situbondo

Berikut 10 top kuliner Situbondo, yang bisa anda coba, sebagai berikut:

  1. Nasi Sodu.
  2. Nasi Karak.
  3. Es Podeng.
  4. Tajin Palapa.
  5. Rujak Petis.
  6. Ayam Goreng Khas Situbondo.
  7. Bebek Bakar Khas Situbondo.
  8. Ikan Bakar Sambal Petis.
  9. Soto Situbondo.
  10. Nasi Bukhori.

1. Nasi Sodu.

Ini dia kuliner khas Situbondo, yaitu Nasi Sodu. Kuliner ini adalah sajian kuliner khas Desa Awar-awar, Kecamatan Asembagus, Situbondo. Di Desa Awar-awar sendiri, nasi sodu biasanya dijajakan di sepanjang Jalan Pantura Asembagus. Dalam satu porsi disajikan dengan nasi beserta kuah dan tambahan sayur, lauk ikan dan kerupuk.

Nasi Sodu;10 Top Kuliner Situbondo
Nasi Sodu (Sumber gambar: www.suara.com)
Nasi sodu memiliki cita rasa seperti sayur lodeh, yang diolah dengan santan kental. Dengan taburan tauge, potongan wortel, buncis, sambal dan olahan terasi udang khas Situbondo, ditambah lauk ikan tongkol.

2. Nasi Karak.

Satu lagi sajian kuliner khas Situbondo, yang harus anda coba, yaitu sajian kuliner Nasi Karak. Kalau dahulu nasi karak adalah nasi aking atau nasi sisa yang telah diolah kembali. Namun saat ini, nasi karak di Situbondo telah diubah, tidak lagi menjadi nasi bekas yang telah dikeringkan, namun menggunakan nasi dari beras pada umumnya. Yang membedakan hanya cara memasak beras, ketika setengah matang, kemudian dicampur atau ditaburi menggunakan garam halus sehingga saat menjadi matang atau kondisi panas maupun dingin nasi ini tidak menggumpal.

Nasi Karak;10 Top Kuliner Situbondo;
Nasi Karak (Sumber gambar: instagram.com/ivanahidajat/)
Nasi karak biasa dinikmati sata malam hari. Anda bisa menikmati kuliner yang satu ini di Jalan Anggrek, Kelurahan Patokan, Situbondo. Dalam satu porsi nasi karak, sebelum disajikan, nasi karak diberikan taburan parutan kelapa, baru kemudian ditambahkan lauk ikan tongkol yang dimasak dengan bumbu merah dengan tahu dan tempe yang telah dipotong kecil-kecil.

3. Es Podeng.
Sesuai dengan namanya maka Es Podeng adalah sajian olahan minuman dengan campuran es, yang dilengkapi dengan puding dengan berbagai rasa, kolang kaling, nanas, es serut, baru disiram sirup manis.

Es Podeng,10 Top Kuliner Situbondo;
Es Podeng (Sumber gambar: instagram.com/kulinersitubondo/)
Minuman ini sangat pas dinikmati saat cuaca panas, selain rasanya yang segar, kenikmatan puding dan irisan nanas dalam satu porsi es podeng menjadikan tenggorokan lebih segar.

4. Tajin Palapa.
Ini dia salah satu kuliner khas Situbondo yang harus anda coba, yaitu Tajin Palapa. Tajin Palapa adalah kuliner yang berasal dari Madura, dalam Bahasa Madura, Tajin berarti bubur dan Palapa berrati bumbu.

Tajin Palapa;10 Top Kuliner Situbondo
Tajin Palapa (Sumber gambar: ksmtour.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Lumajang.

Berbeda dengan bubur pada umumnya, maka pada Tajin Palapa, tidak disajikan dengan menggunakan suwiran ayam, melainkan hanya dilengkapi sayuran. Biasanya bubur ini disajikan dengan rebusan sayur kangkung atau tauge yang di atasnya ditambahkan bumbu kacang yang encer.

5. Rujak Petis.
Rujak petis juga menjadi sajian kuliner yang bisa anda nikmati di Situbondo. Meskipun di setiap kota banyak ditemukan kuliner Rujak Petis, namun Situbondo juga memiliki sajian rujak petis enak khas Situbondo.

Rujak petis;10 Top Kuliner Situbondo
Rujak petis (Sumber gambar: www.kompasiana.com/lukman_hr/)
Dalam satu porsi biasanya disajikan dengan berbagai irisan buah dan sayuran, seperti irisan mangga muda, mentimun, tahu, kedondong, bengkoang kangkung dan juga taoge, baru kemudian disiram dengan bumbu yang telah dicampur petis untuk menambah kenikmatan kuliner rujak petis.

6. Ayam Goreng Khas Situbondo.
Sama halnya kuliner ayam goreng di kota lainnya, ayam goreng ini sangat mudah ditemui. Namun ayam goreng khas Situbondo ini berbeda, karena ayam gorengnya sangat gurih dan dagingnya yang empuk.

ayam goreng khas Situbondo;10 Top Kuliner Situbondo
Ayam goreng khas Situbondo (Sumber gambar: google.com/maps/awanholic/)
Kenikmatan ayam goreng ini karena menggunakan bahan ayam kampung yang membuat daging ayamnya lebih enak.

7. Bebek Bakar Khas Situbondo.
Sama halnya ayam goreng, menu kuliner bebek memang banyak tersedia di setiap kota, namun ada yang berbeda dengan kuliner bebek di Situbondo, menu yang paling favorit adalah bebek bakar khas Situbondo. Selain karena rasa bebeknya yang enak, daging bebeknya empuk dan bumbunya yang sangat terasa.

bebek sambal ijo bang alex;Bebek Bakar Khas Situbondo;10 Top Kuliner Situbondo
Bebek sambal ijo bang alex (Sumber gambar: google.com/maps/mandalawidyatama/)
Terdapat berbagai pilihan kuliner bebek rekomendasi yang bisa anda tuju di Situbondo, seperti bebek sambal ijo Bang Alex, Bebek Locot dan juga Bebek Farannisa.

8. Ikan Bakar Sambal Petis.
Satu lagi sajian kuliner khas Situbondo, yaitu ikan bakar sambal petis. Di Situbondo sendiri banyak sekali penjual ikan asap atau ikan bakar di pinggir jalan. Yang membedakan dengan ikan bakar di daerah lain, adalah dalam proses pembakarannya, cara membakar ikan ini dengan menggunakan arang dari kulit kelapa.

ikan bakar sambal petis;10 Top Kuliner Situbondo
Ikan bakar sambal petis (Sumber gambar: brilio.net)
Baca juga: 10 Top Kuliner Probolinggo.

Cara membakarnya yang berbeda, menjadikan ikan bakar khas Situbondo menjadi memiliki ciri khas, dan dalam prosesnya tidak menggunakan api sama sekali, karena saat muncul api, maka penjual ikan bakar tersebut pasti akan menyiram api yang muncul tersebut.

9. Soto Situbondo.
Kalau yang kuliner yang satu ini, meskipun semua daerah memiliki jenis kuliner soto, namun soto Situbondo juga memiliki ciri khasnya tersendiri. Soto Situbondo terbagi menjadi dua jenis berdasarkan jenis lauknya, yaitu soto ayam dan soto daging.

Soto Babat Fauzi Situbondo (Sumber gambar: google.com/maps/miftahululumstore/)
Untuk soto daging, menggunakan daging dari sapi, namun yang digunakan hanya babat dan jerohan saja. Yang membedakannya terletak pada kuahnya yang bening dan kaya akan rempah.

10. Nasi Bukhori.
Sajian kuliner yang satu ini menjadi sajian khas kuliner Situbondo, yaitu Nasi Bukhori. Kuliner ini disajikan bersama dengan satu potong daging kambing, dan daging kambing yang digunakan pun hanya bagian paha atas.

Nasi Bukhori;10 Top Kuliner Situbondo
Nasi Bukhori (Sumber gambar: nstagram.com/al_kandara)
Dalam proses pembuatan nasi bukhori, air rebusan kambing tidak dibuang, namun digunakan sebagai campuran untuk menanak nasi yang dicampur bersama dengan rempah-rempah.

Tertarik berwisata kuliner di Situbondo?. Semoga 10 top kuliner Situbondo bisa menjadi referensi terbaik menikmati wisata kuliner Situbondo yang terkenal enak dan lezat.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel