10 Top Kuliner Probolinggo

Kuliner?. Siapa yang tidak tertarik dengan hobi yang satu ini, hobi mencoba dan mencicipi makanan enak menjadikan sebuah hobi yang menarik. Apalagi saat ini hobi mencicipi menjadi sebuah pilihan pekerjaan yang menarik, mulai dari food blogger, youtuber sampai dengan yang memiliki profesi sebagai seorang taster. Dan berbicara tentang kuliner, sepertinya Probolinggo menjadi daerah yang kulinernya wajib dicoba. Selain memiliki berbagai wisata alam, anda bisa mencoba berbagai wisata kuliner yang ada di daerah ini. Terdapat 10 top kuliner Probolinggo yang harus anda coba, sangat sayang sekali, bila anda sudah menikmati wisata di Probolinggo, namun belum mencoba kenikmatan kuliner di Probolinggo.

Melakukan sebuah traveling atau menikmati wisata sebenarnya menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan dengan wisata kuliner, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan setelah anda menikmati keindahan wisata alam di Probolinggo. Bahkan setelah menikmati keindahan alam Gunung Bromo, setelah turun dan sampai ke jalan raya, anda akan menemukan banyak sekali tempat kuliner legendaris yang menyediakan berbagai kuliner enak yang bisa anda coba.

Informasi 10 top  kuliner Probolinggo, sebenarnya pernah disampaikan saat pelepasan acara mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 kemarin oleh Gubernur Jawa Timur, dan informasi ini juga disampaikan secara sekilas di panorama.id. Meskipun demikian, informasi kuliner ini bisa menjadi referensi bila anda ingin menikmati wisata di Probolinggo.

10 Top Kuliner Probolinggo

Berikut 10 Top Kuliner Probolinggo yang bisa menjadi referensi berwisata kuliner di Probolinggo, sebagai berikut:
  1. Rawon Nguling.
  2. Rumah Makan Sumber Hidup.
  3. Sirup Pokak.
  4. Nasi Glepung.
  5. Soto Ayam Kraksaan.
  6. Nasi Campur Nyak Nyong.
  7. Kepiting Olok.
  8. Anggur Prabu.
  9. Ketan Kratok.
  10. Nasi Jagung Merpati.

1. Rawon Nguling.

Ini dia salah satu kuliner legendaris yang ada di Probolinggo. Setelah menikmati wisata Gunung Bromo, anda bisa turun ke dearah Tongas menuju arah Surabaya, disitu akan terdapat warung rawon terkenal, yaitu “Rawon Nguling”. Tempat kuliner ini berada di Jalan Raya Tambakrejo No. 75, Tambakrejo, Tongas, Probolinggo.

Rawon Nguling;10 Top Kuliner Probolinggo
Rawon Nguling (Sumber gambar: garnesia.com)
Rawon Nguling ini sudah dikelola turun temurun, dan sudah berdiri sejak 77 tahun yag lalau.  Tempat kuliner ini tidak pernah sepi pengunjung. Rawonnya sangat enak, tidak eneg dan encer dengan sajian daging sapinya yang besar-besar dan empuk. Selain nasi rawon juga disediakan berbagai macam nasi lainnya, seperti nasi gule, nasi campur, nasi krengsengan, dan berbagai variasi menu kuliner lainnya. Kalau anda ke Probolinggo, anda harus mampir ke Rawon Nguling, sayang kalau anda melewatkan sajian khas kuliner Probolinggo ini.

2. Rumah Makan Sumber Hidup.

Rumah Makan Sumber Hidup adalah sebuah rumah makan oriental yang berada di pusat Kota Probolinggo, tepatnya di Jalan Dr. Moch Saleh No. 02, Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Rumah makan ini menjadi salah satu tempat kuliner yang banyak dikunjungi pecinta kuliner. Suasananya yang asri dan nyaman membuat betah para pengunjung.

Rumah Makan Sumber Hidup;10 Top Kuliner Probolinggo
Rumah Makan Sumber Hidup (Sumber gambar: web.facebook.com/Kuliner-Kraksaan-Probolinggo/)
Selain menu kuliner, satu jajanan yang paling menjadi favorit adalah ice creamnya yang enak dan lezat, yang murni diproduksi sendiri oleh Rumah Makan Sumber Hidup.

3. Sirup Pokak.

Ini dia minuman asli khas Probolinggo, Sirup Pokak. Minuman ini biasanya lebih dikenal dengan wedang pokak, yang telah terbukti memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh, yaitu meningkatkan kekebalan tubuh karena terbuat dari bahan-bahan alami, seperti cengkeh dan jahe.

Sirup Pokak;10 Top Kuliner Probolinggo
Sirup Pokak (Sumber gambar: foodnesia.net)
Baca juga: 10 Top Kuliner Magetan.

Sebagai salah satu minuman khas Probolinggo, saat ini sudah tersedia dalam bentuk botol, sehingga bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Bahan yang digunakan untuk membuat sirup pokak ini antara lain: gula merah, daun pandan, jahe, jeruk purut dan cengkeh. Saat ini sirup pokok kemasan botol sudah banyak tersedia di toko oleh-oleh di Probolinggo, jadi anda tidak perlu bingung bila tertarik dengan sirup pokak ini.

4. Nasi Glepung.

Nasi glepung atau juga disebut dengan nasi glepungan adalah kuliner khas Probolinggo, yaitu sajian nasi yang dicampur dengan sari jagung. Dalam satu porsi disajikan dengan beragam menu dan lauk misalnya tahu penyet, tempe, lalapan, ikan asin dan juga sambal.

nasi glepungan ;10 Top Kuliner Probolinggo
Nasi glepungan (Sumber gambar: makananoleholeh.com)
Nasi glepung sebenarnya adalah nasi campur khas Probolinggo, namun dengan sajian yang berbeda. Karena kenikmatan nasi putih bercampur dengan sari jagung inilah sehingga membuat kuliner ini menjadi unik.

5. Soto Ayam Kraksaan.

Soto ayam Kraksaan menjadi salah satu kuliner yang menjadi pilihan menikmati wisata kuliner di Probolinggo. Sebagai kuliner yang ada jalur Pantura, soto ayam yang disajikan memiliki rasa yang gurih dan segar. Terdapat enam warung soto ayam Kraksaan yang bisa dicoba, antara lain:
  • Warung Soto Bu Kartika.
  • Soto Bu Mus.
  • Soto Pak Ali.
  • Soto Pak Dali.
  • Soto Pak Koya.
  • Soto Bu Kholis.
Soto ayam Kraksaan ;10 Top Kuliner Probolinggo
Soto ayam Kraksaan  (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Semua soto Kraksaan tersebut memiliki ciri khas sendiri dan memilki pelanggan tetap, dan rata-rata semuanya enak dan selalu ramai didatangi para pelanggan dan pecita kuliner.

6. Nasi Campur Nyak Nyong.

Satu lagi sajian kuliner khas Probolinggo, yaitu Nasi Campur Nyak Nyong, yang berlokasi di Jalan WR. Supratman, Probolinggo. Tempat kuliner ini selalu ramai dikunjungi para pecita kuliner. Nasi campur ini sebenarnya sama dengan nasi campur biasanya yang membuat berbeda adalah sajian nasi dan lauknya yang super lengkap dan tentu saja enak.

Nasi Campur Nyak Nyong;10 Top Kuliner Probolinggo
Nasi Campur Nyak Nyong (Sumber gambar: idntimes.com)
Anda bisa memilih sajian lauk sebagai pelengkap nasi campur, namun dalam satu porsi sudah tersedia srundeng, mie juga kuah santannya yang kental dan juga sambal.

7. Kepiting Olok.

Kuliner yang satu ini adalah kuliner khas Probolinggo, dengan sajian kepiting sebagai bahan utamanya yang disebut dengan “Kepiting Olok”. Yang menjadikan nikmat adalah bahan baku kepiting diambil langsung dari pohon bakau yang mengelilingi rumah makan yang ada di daerah pantura.

Kepiting Olok;10 Top Kuliner Probolinggo
Kepiting Olok (Sumber gambar: travel.tribunnews.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Kabupaten Tuban.

Kepiting yang digunakan sebagai bahan sajian kepiting olok adalah kepiting yang masih muda, kemudian dikukus, baru kemudian daging kepiting tersebut dipisahkan dari cangkang. Dalam penyajiannya, daging kepiting tersebut diolah bersama dengan udang, kemudian dimasukkan kedalam cangkang kepiting kembali. Anda pecinta kuliner sea food wajib mencoba sajian kuliner khas Probolinggo yang lezat ini.

8. Anggur Prabu.

Bagi anda yang  ingin mencoba buah khas Probolinggo, anda bisa mencoba anggur prabu atau anggur varietas prabu bestari. Anggur ini bisa anda temukan di Desa Banjarsari., Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Anggur ini memiiki ciri khas dengan warna kulit anggur saat dalam keadaan masak berwana merah dengan rasanya yang manis.

Anggur Prabu.;10 Top Kuliner Probolinggo
Anggur Prabu (Sumber gambar: putratravel.net)
Anggur adalah salah satu ikon buah dari Probolinggo selain mangga, namun angin gending yang sering bertiup kencang menyebabkan anggur Probolinggo menjadi semakin langka.

9. Ketan Kratok.

Jajanan tradisional khas Probolinggo yang bisa anda coba adalah “Ketan Kratok”. Biasanya ketan kratok dapat anda temukan saat pagi hari setelah sholat shubuh. Ketan Kratok sebenarnya adalah ketan yang sama dengan yang biasa dinikmati, yang membedakan adalah penggunaan kratok atau kacang koro sebagai tambahan di kuliner ketan ini.

Ketan Kratok;10 Top Kuliner Probolinggo
Ketan Kratok (Sumber gambar: beritabaik.web.id)
Untuk bisa digunakan sebagai campuran ketan, maka kratok harus direndam dan dicuci bersih, apabila kurang bersih rasanya akan terasa pahit. Rasanya yang manis karena gula merah menjadikan rasanya yang enak dengan rasa yang gurih karena ada parutan kelapa dalam ketan kratok tersebut. Untuk mendapatkan satu porsi ketan kratok nikmat ini anda bisa menemukannya di bekas Bioskop Garuda di Kota Probolinggo.

10. Nasi Jagung Merpati.

Nasi Jagung Merpati adalah sajian kuliner khas kota Probolinggo yang sudah ada sejak tahun 1982, dan berlokasi di Jalan Sunan Kalijaga No. 77, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Nasi jagung ini sama seperti nasi jagung yang dijual pada umumnya, yang bahan dasarnya terbuat dari jagung yang telah ditumbuk kemudian disajikan dengan sayuran segar dan juga aneka lauk.

Nasi Jagung Merpati ;10 Top Kuliner Probolinggo
Nasi Jagung Merpati (Sumber gambar: mazayacorner.com)
Lauk yang ditambahkan pada nasi jagung pun beraneka macam dan tergantung anda dalam memilih lauk tersebut, seperti perkedel, ayam bumbu bali, urap dan banyak pilihan lainnya.

Itu dia 10 top kuliner Probolinggo yang bisa anda coba dan bisa menjadi referensi bila anda berkunjung ke Probolinggo.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel