10 Top Kuliner Lumajang

Kuliner masih menjadi topik menarik untuk dibahas. Kali ini kuliner yang dibahas adalah kuliner yang berada di daerah yang memiliki tempat wisata alam dan juga pegunungan yang sangat indah. Kalau anda menebak dengan daerah Lumajang. Sangat tepat sekali tebakan anda. Lumajang memang terkenal dengan daerah yang memiliki banyak sekali kuliner yang enak, khususnya berbagai macam ragam camilan ada disini, selain karena menjadi daerah yang menghasilkan banyak hasil kebun, juga memiliki berbagai ragam kuliner enak yang sayang dilewatkan, kalau anda berkunjung ke Lumajang. 10 Top Kuliner Lumajag di bawah ini akan membahas sedikit berbagai ragam kuliner yang ada di Kabupaten Lumajang.

Kabupaten Lumajang adalah daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang, di daerah ini juga terdapat wisata alam dengan Gunung Semeru, sebagai gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Selain keindahan wisata alamnya, Lumajang juga memiliki kuliner khas yang harus anda coba saat berkunjung ke daerah ini.

10 Top Kuliner Lumajang

10 Kuliner Lumajang ini pernah disampaikan Gubernur Provinsi Jawa Timur saat pelepasan mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, namun meskipun sudah pernah disampaikan, informasi ini masih relevan sebagai referensi kuliner saat anda berkunjung ke lumajang, sebagai berikut:
  1. Capjay Mbak Eni.
  2. Ayam Geprek Tuan Manis.
  3. Pecel Telo.
  4. Mie Semeru.
  5. Kue Latok.
  6. Bledus.
  7. Sate Gule Kambing Pelita.
  8. Pisang Agung.
  9. Lalapan Pak Basir.
  10. Lontong Petis. 

1. Capjay Mbak Eni.

Tempat kuliner ini harus anda coba, yaitu “Capcay Mbak Eni” atau biasa disebut dengan Depot Mie Mbak Eni yang berada di Jalan Imam Bonjol No. 14, Citrodiwansa, Lumajang. Menu capcay menjadi sajian favorit di tempat kuliner ini. Selain capcay, terdapat menu lainnya yang bisa dipilih, antara lain koloke, nasi goreng, mie goreng dan berbagai menu lainnya.

Capcay Mbak Eni;10 Top Kuliner Lumajang
Capcay Mbak Eni (Sumber gambar: google.com/maps/imawatins/)
Terdapat dua pilihan menu capcay yang selalu dipesan para pecinta kuliner, yaitu capcay kuah dan capcay goreng. Dua menu ini memiliki isi yang hampir sama yaitu sawi hijau, sawi putih, bakso ikan, potongan ayam, udang, kembang kol dan juga jagung muda. Untuk capcay kuay, kuahnya kental dan mengandung sedikit minyak.

2. Ayam Geprek Tuan Manis.

Sebagai pendatang baru di Lumajang, Ayam Geprek Tuan Manis, saat ini menjadi favorit pecinta kuliner di Lumajang, tempat kuliner ini berada di Jalan Semeru No. 39A, Citrodiwansan, Lumajang, atau tepatnya di Serambi Pujasera.

Ayam Geprek Tuan Manis;10 Top Kuliner Lumajang
Ayam Geprek Tuan Manis (Sumber gambar: Instagram.com/TuanManis/)
Terdapat berbagai pilihan menu ayam geprek, seperti ayam geprek dengan tambahan toping mozarella, keju atau bahkan sambal matah.

3. Pecel Telo.

Kuliner yang satu ini sepertinya menjadi kuliner khas Lumajang, yaitu Pecel Telo. Dalam satu porsi pecel telo disajikan dengan sayur, seperti jantung pisang, genjer, semanggi, kecambah dan juga kacang panjang. Keunikan kuliner ini terletak pada bumbu pecelnya yang terbuat dari ubi jalar.

Pecel Telo;10 Top Kuliner Lumajang
Pecel Telo (Sumber gambar: www.facebook.com/Lumajang Love Story/)
Di daerah Lumajang, jenis kuliner ini menjadi makanan yang sangat populer. Dan juga menjadi sajian favorit para pecinta kuliner yang singgah di Lumajang.

4. Mie Semeru.

Mie yang satu ini menjadi kuliner favorit di Lumajang, Mie Semeru, seolah memberi warna tersendiri atas sensasi kuliner di Lumajang. Mie Semeru berada di Jalan Hayam Wuruk 2B Lumajang (di daerah Toga sebelah utara atau di sebelah selatan LSC Futsal).

Mie Semeru;10 Top Kuliner Lumajang
Mie Semeru (Sumber gambar: lumajangsatu.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Pasuruan.

Mie Semeru sengaja menghadirkan sajian menu mie khas homemade dengan level pedas ala Padang yang telah disesuaikan dengan selera dan cita rasa masyarakat Lumajang.

5. Kue Latok.

Ii dia sajian kue khas Lumajang, yaitu Kue Latok, kue ini adalah sajian kue berwarna hijau dan merah, yang disajikan dengan taburan kelapa yang telah diparut, dengan parutan kelapa yang melimpah.

Kue Latok;10 Top Kuliner Lumajang
Kue Latok (Sumber gambar: putratravel.net)
Kue ini memiliki rasa yang gurih karena taburan parutan kelapa, dan anda bisa mendapatkan sajian kue tradisional ini di Jalan HOS Cokroaminoto No. 53 Lumajang.

6. Bledus.

Satu lagi jajanan tradisional yang bisa anda nikmati di Lumajang, yaitu Bledus. Kuliner ini banyak sekali dijajakan di Lumajang.  Terbuat dari jagung yang telah direndam sehari semalam, kemudian dikukus sehingga membuat jagung ini memiliki tekstur yang empuk dan lembut.

Bledus;10 Top Kuliner Lumajang
Bledus (Sumber gambar: travel.tribunnews.com)
Bledus disajikan dengan taburan kelapa yang sudah diparut, membuat rasanya yang gurih dan enak. Untuk menikmatinya, anda bisa berkunjung ke Pasar Baru Lumajang.

7. Sate Gule Kambing Pelita.

Kuliner sate juga menjadi sajian favorit di Lumajang, salah satu sajian sate favorit di Lumjang adalah Sate Gule Kambing Pelita, yang berada di jalan Raya Pelita Lumnjang, dan tidak jauh dari perempatan Gadingsari.

Sate Gule Kambing Pelita;10 Top Kuliner Lumajang
Sate Gule Kambing Pelita (Sumber gambar: wartabromo.com)
Menu utama yang menjadi favorit adalah sate kambing dan gule kambing yang wajib anda coba saat berkunjung ke Lumajang.

8. Pisang Agung.

Lumajang menjadi daerah yang terkenal karena menjadi penghasil pisang terbesar, sehingga dijuluki sebagai kota pisang. Dan pisang yang menjadi produk unggulan di Lumajang adalah Pisang Agung Semeru.

Pisang Agung Semeru;10 Top Kuliner Lumajang
Pisang Agung Semeru (Sumber gambar: Antara/Diskominfo Lumajang)
Baca juga: 10 Top Kuliner Malang.

Pisang agung dari Lumajang ini menjadi salah satu pisang yang sangat disukai di luar negeri, karena memiliki kandungan pro vitamin A lebih tinggi 90 kali lipat daripada pisang cavendish.

9. Lalapan Pak Basir.

Satu lagi tempat kuliner yang bisa anda coba yaitu Griya Lalapan Basir, yang berada di Jalan Kyai Ghozali No. 126, Rogotrunan, Lumajang. Banyak sekali sajian menu lalapan yang disediakan warung Lalapan Pak Basir ini, mulai dari lalapan ayam kota, ayam kampung, bebek, udang, gurami, lele dan masih banyak jenis pilihan lalapan lainnya.

Lalapan Pak Basir;10 Top Kuliner Lumajang
Lalapan Pak Basir (Sumber gambar: wartabromo.com)
Sebagai sajian kuliner favorit di Lumajang, tempat kuliner ini selalu ramai dikunjungi para pecinta kuliner yang ingin menikmati sajian khas lalapan Pak Basir.

10. Lontong Petis. 

Sajian kuliner yang satu ini harus anda coba, yaitu lontong petis. Dalam satu porsi lontong petis ini disajikan dengan potongan lontong, sayur, daging ayam, telur ayam, tahu dan juga petis sebagai bumbu nikmat.

Lontong petis;10 Top Kuliner Lumajang
Lontong petis  (Sumber gambar: Instagram/ardhian_aja/)
Tertarik menikmati sajian kuliner khas Lumajang?. Semoga 10 Top Kuliner Lumajang ini bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati sajian kuliner di Lumjang.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel