10 Top Kuliner Pasuruan

Kuliner masih menjadi topik bahasan yang menarik. Salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki kekayaan kuliner enak dan lezat adalah Pasuruan. Pasuruan sendiri, selain kaya akan wisata alam, juga memiliki tempat kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Sayang, kalau anda sudah sampai di Pasuruan dan melewatkan kesempatan menikmati kuliner di daerah ini. 10 top kuliner Pasuruan, mencoba menyajikan sedikit berbagai kuliner yang ada di Pasuruan.

Pasuruan apabila dilihat dari sisi geografis, terletak di antara pantai dan pegunungan, dengan lokasinya tersebut, sangat wajar bila Pasuruan memiliki wisata alam dan kuliner yang sangat beragam dan bervariasi. Di sebelah timur, Pasuruan berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo, dan di sisi selatan berbatasan langsung dengan Malang.

Informasi top kuliner Pasuruan ini memang sempat disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, namun, meskipun pernah disampaikan pada tahun 2019, informasi ini masih relevan sebagai referensi kuliner saat anda ingin menikmati sajian kuliner di Pasuruan.

10 Top Kuliner Pasuruan

Berikut 10 top kuliner Pasuruan, sebagai berikut:
  1. Bakso Cak Man PDK.
  2. Kepiting Cak Gundul.
  3. Warung Mbak Sri.
  4. Kedai Kapiten Pasuruan.
  5. Rumah Makan Makoya.
  6. Bakso Pirang Purwosari.
  7. Warung 2000.
  8. Repoeblik Telo.
  9. Istana Ayam Goreng Sri.
  10. Rawon Pasuruan Khas Pincuk.

1. Bakso Cak Man PDK.

Kuliner bakso mengawali bahasan kali ini, Bakso Cak Man PDK ini berada di Jalan Raya Malang – Gempol No. 121, Kademangan Lor, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. Kuliner bakso ini menyediakan berbagai pilihan kuliner bakso enak.

Bakso Cak Man PDK;10 Top Kuliner Pasuruan;
Bakso Cak Man PDK (Sumber gambar: wartabromo.com)
Di tempat kuliner ini juga disediakan berbagai bakso dengan ukuran besar yang bisa direbus atau pun digoreng, dan harganya sangat terjangkau.

2. Kepiting Cak Gundul.

Diantara sajian kuliner yang harus anda coba adalah, Kepiting Cak Gundul, yang berlokasidi Jalan Raya Surabaya – Malang atau Jalan Raya Pandaan Np. 48, Petungsari, Pandaan, Pasuruan. Sebagai sebuah warung legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1992, tempat kuliner dengan menu kepiting ini selalu menjadi tujuan para pecinta kuliner kepiting. Kepiting yang disajikan besar dan bumbunya yang meresap menggunakan bumbu asli tanpa penyedap rasa buatan.

Kepiting Cak Gundul;10 Top Kuliner Pasuruan
Kepiting Cak Gundul (Sumber gambar: istanabundavian.com)
Saat ini usaha kuliner Cak Gundul ini sudah tersebar di berbagai kota, mulai Jakarta, Surabaya, Semarang, Jogja hingga Sidoarjo.

3. Warung Mbak Sri.

Satu lagi tempat kuliner enak di Pasuruan yang wajib dikunjungi, yaitu Warung Mbak Sri, tempat kuliner ini berada di Jalan Raya Purwodadi No. 2 (Jalan Raya Malang – Surabaya), Purwodadi, Pasuruan. Menu kuliner ini lebih banyak menyajikan masakan Jawa, dengan konsep makanan rumahan.

Warung Mbak Sri;10 Top Kuliner Pasuruan
Kuliner di Warung Mbak Sri (Sumber gambar: tripadvisor.co.id)
Lokasinya yang strategis berada di jalan utama menuju Malang, menjadikan tempat kuliner ini selalu dikunjungi para wisatawan yang hendak menuju Malang. Tempat kuliner ini memiliki ruang yang luas dengan disediakan meja kursi panjang untuk menikmati sajian kuliner.

4. Kedai Kapiten Pasuruan.

Untuk anda yang senang menikmati kopi sambil nongkrong, anda bisa menikmati kopi nikmat di Kedai Kapiten Pasuruan, yang berlokasi di dekat Terminal Pandaan. Kedai kopi ini menempati sebuah bangunan yang dulunya adalah dealer motor yang saat ini sudah diuah menjadi cafe dengan dekorasi yang bagus.

Kedai Kapiten Pasuruan;10 Top Kuliner Pasuruan
Kedai Kapiten Pasuruan (Sumber gambar:kedai-kapiten-pasuruan.business.site)
Baca juga: 10 Top Kuliner Probolinggo.

Kopi Kapiten saat ini menjadi sebuah kopi nikmat yang sedang dikembangkan Kabupaten Pasuruan. Sebagai kopi asli Kabupaten Pasuruan, kopi ini harus anda coba dan juga bisa untuk oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

5. Rumah Makan Makoya.

Tempat kuliner Rumah Makan Makoya, juga disebut dengan Makota Dapur Bakar, yang berlokasi di Jalan Durensewu No. 8-9, Durensewu, Kecamatan Pandaan, Pasuruan. Sesuai dengan namanya, maka menu yang disediakan di tempat ini kebanyakan disajikan dengan dibakar, misalnya ayam bakar, iga bakar, bebek bakar dan sajian menu lainnya.

kuliner Rumah Makan Makoya;10 Top Kuliner Pasuruan
Kuliner di Rumah Makan Makoya (Sumber gambar: explorewisata.com)
Selain bisa menikmati sajian menu khas Makoya, sambil menikmati sajian kuliner anda bisa menikmati pemandangan Gunung Arjuno yang indah dan mempesona.

6. Bakso Pirang Purwosari.

Sebagai daerah yang memiliki sajian kuliner enak, Pasuruan juga memiliki sajian kuliner enak, yaitu Bakso Pirang Purwosari, yang berada di Jalan Lapangan Parerejo, Purwodadi, Pasuruan. Tempat kuliner bakso ini memiliki banyak pilihan menu bakso. Salah satu menu yang menjadi favorit adalah bakso dengan ukuran besar, bakso iga dan juga bakso mercon.

Bakso Pirang Purwosari;10 Top Kuliner Pasuruan
Bakso Pirang Purwosari (Sumber gambar: wartabromo.com)
Untuk dapat menikmati sajian bakso nikmat ini, anda harus bersabar, karena pengunjungnya sangat banyak. Cara menikmatinya pun unik, setelah pesan, bayar bakso yang telah dipesan, baru menikmati sajian nikmat Bakso Pirang.

7. Warung 2000.

Satu lagi tempat kuliner enak yang sayang kalau dilewatkan, yaitu Warung 2000, yang berada di Jalan Raya Pasuruan  No. 67, Purwosari, Pasuruan. Sajian menu yang ditawarkan adalah sajian menu khas Jawa Timur, mulai dari sajian nasi rawon, nasi campur dan berbagai sajian menu lainnya tersedia di tempat kuliner ini.

Warung 2000;10 Top Kuliner Pasuruan;
Warung 2000  (Sumber gambar: berita.baca.co.id)

8. Repoeblik Telo.

Kalau tempat yang satu ini sepertinya menjadi tempat kuliner yang harus anda kunjungi, yaitu Repoeblik Telo, yaitu sebuah tempat wisata kuliner yang berada di Jalan Raya Purwodadi No. 01, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. Sesuai dengan namanya maka Repoeblik Telo lebih banyak menyediakan menu yang terbuat dari telo atau ubi jalar.

Repoeblik Telo;10 Top Kuliner Pasuruan;
Repoeblik Telo (Sumber gambar: malang.merdeka.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Malang.

Di tempat ini, anda akan menemukan berbagai makanan berbahan ubi, seperti bakpao, bakpia, es krim, pizzaa, brownis dan berbagai makanan yang bisa anda dapatkan di tempat ini.

9. Istana Ayam Goreng Sri.

Di tempat ini, anda bisa menikmati sajian nikmat ayam goreng khas “Istana Ayam Goreng Sri”. Tempat ini berada di Jalan Dr. Soetomo No. 3-4 atau di Depan Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan. Selain ayam goreng, tempat kuliner ini juga menyediakan berbagai sajian olahan yang bisa anda pesan.

Istana Ayam Goreng Sri;10 Top Kuliner Pasuruan;
Istana Ayam Goreng Sri (Sumber gambar: tripadvisor.fr)
Sajian menu ayam goreng dari Depot Sri ini memiliki cita rasa yang enak, dan anda harus singgah ke tempat kuliner ini kalau lewat Pasuruan.

10. Rawon Pasuruan Khas Pincuk.

Ini dia sajian kuliner khas Pasuruan yaitu “Rawon Pincuk”. Dinamakan demikian, karena penyajian rawonnya tidak diletakkan di atas piring, namun dissjikan di atas daun pisang, berbentuk pincuk. Sama halnya nasi rawon di Pasuruan, dalam satu porsi nasi rawon disajikan dengan rawon kuah hitam dan juga lauk berupa potongan daging sapi yang empuk.

Rawon Pincuk;10 Top Kuliner Pasuruan
Rawon Pincuk (Sumber gambar: pasuruankabmuseumjatim.wordpress.com)
Punya rencana berkunjung ke Pasuruan? Jangan lewatkan 10 top kuliner Pasuruan yang disampaikan di atas, semoga menjadi refeREnsi anda saat berkunjung ke Pasuruan.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel