Tips Sukses Bisnis Setelah Lulus Kuliah

Sukses masih menjadi impian semua orang, bahkan tidak hanya anda yang sudah memulai dan membangun bisnis. Sukses dalam bisnis juga menjadi harapan mereka yang telah menjadi sarjana. Dalam kondisi saat ini, dimana sangat sulit untuk mencari kerja dan ditambah persaingan yang begitu ketat, tidak ada cara lain selain memulai usaha sendiri. Namun kendala tetap ada, mulai dari khawatir gagal, bingung memulai bisnis dan banyak lagi kekhawatiran lainnya. Banyak sekali tips bisnis yang diberikan agar anda bisa mendapatkan uang, baik selama masih kuliah atau sudah menjadi seorang sarjana, namun tips sukses bisnis setelah lulus kuliah, hanya akan tinggal tips bila anda tidak mau memulai bisnis yang anda inginkan.

Memang seharusnya beberapa tahun sebelum lulus, anda sudah mulai memikirkan apa yang harus dilakukan, apakah akan bekerja pada sebuah perusahaan atau memilih berusaha sendiri. Dengan begitu anda bisa memetakan apa yang harus dipersiapkan dalam menghadapi dunia kerja atau dunia bisnis.

Memang semua memiliki konsekwensi tersendiri, dan dua-duanya sangat bagus untuk anda. Memang kalau anda belum memiliki modal, ingin mendapatkan pengalaman terlebih dahulu, anda bisa memilih bekerja terlebih dahulu sambil pelan-pelan mempersiapkan apa yang harus dilakukan dalam memulai bisnis. Kalau anda memilih berbisnis, anda punya prinsip, habiskan masa gagalmu di masa muda, dan anda bisa memulai bisnis yang anda inginkan.

Tips Sukses Bisnis Setelah Lulus Kuliah
Sumber gambar: pixabay.com


1. Kuliah atau Buka Usaha

Semua ditentukan dengan sebuah ide, dan semua yang diinginkan entah bekerja terlebih dahulu atau langsung membuka usaha, semua memiliki konsekwensi sendiri. Apabila anda memilih bekerja terlebih dahulu, maka anda harus mempersiapkan dengan persiapan terbaik, apalagi bila anda ingin mendapatkan pengalaman dan nantinya ingin membuka sendiri. Untuk itu anda harus mempersiapkan mulai dari belajar tes psikologi, belajar TOEFL, atau semua yang harus dipersiapakan atau yang dibutuhkan untuk tes masuk kerja nanti.

Memang bekerja terlebih dahulu bisa mendapatkan pengalaman dari proses bisnis dalam perusahaan , membangun relasi secara profesional, dan bila anda belum memiliki modal yang cukup untuk membangun bisis, anda bisa mulai mengumpulkannya mulai dari menyisihkan gaji sampai menabung bonus anda untuk modal membuka bisnis nantinya.
Baca Juga:
Namun kalau pilihan anda membuka usaha setelah lulus kuliah, ini yang menjadi menarik, karena kebanyakan membuka usaha sendiri, yang sering terjadi adalah menjadi pilihan terakhir karena telah melamar pekerjaan dan tidak ada yang mau menerima, atau beberapa hal berikut ini:
  • Keahlian yang tidak sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
  • Tidak memliki soft skil dan juga hard skil, seperti skill digital, yang sangat dibutuhkan saat ini.
  • Masih baru dalam dunia kerja atau tidak adanya pengalaman.
  • Mengharap posisi tinggi tanpa proses.
Itu semua kenyataan dilapangan yang menjadi alasan banyak sarjana yang masih menganggur. Namun tenang saja, sukses adalah hak semua orang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk sukses bisnis. Memulai bisnis berarti siap memulai proses, dan pada kesempatan ini menjadi waktu yang tepat untuk memulai usaha.

2. Sarjana Jadi Pengusaha

Banyak cara untuk memulai usaha, dalam era digital yang semakin berkembang, menjadi pengusaha sangat mungkin terjadi. Dan banyak bidang yang bisa anda mulai dan anda bangun bahkan hanya dengan modal yang kecil, atau bisa dikatakan tanpa modal. Tidak mudah, namun anda harus menghadapi proses yang harus anda lalui. Kalau anda adalah orang dengan tipe pekerja keras dan selalu berani menerima tantangan, maka anda bisa belajar sambil membuka usaha dengan berbisnis online. Cara ini menjadi sebuah langkah bisnis yang bisa anda lakukan. Anda hanya berbekal handphone atau laptop dan anda sudah bisa memulai berbisnis.

Sedikit mengambil ide dari penggiat bisnis dunia online, yang saya ambil dari Instagram @SBramandita, banyak cara untuk memulai bisnis, dan anda tidak memiliki modal untuk mulai berbisnis. Langkah dan cara ini bisa anda lakukan, antara lain:
  • Tentukanlah niche atau fokus bisnis yang sangat anda sukai.
  • Buatlah akun Instagram.
  • Pakailah Unsplash untuk mendapatkan foto stock HD.
  • Buat Canva untuk menulis quote dan juga editing.
  • Ulangi terus sampai audiens anda terkumpul.
  • Carilah sesuatu yang bisa dijual di Marketplace.
  • Langkah terakhir, anda bisa menjual produk barang yang anda temukan.
Sangat sederhana bukan. Namun anda harus memulainya. Tidak ada kesulitan kalau kita mau melakukan, dan tidak ada kemudahan kalau kita tidak melakukannya. Semoga tips sukses bisnis setelah lulus kuliah ini bermanfaat untuk anda. Dan anda bisa mempersiapkan sedini mungkin, sehingga anda bisa mendapatkan kesuksesan lebih cepat dibanding teman-teman anda yang lain.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel