Bisnis Kuliner Gulung Tikar

Memiliki bisnis sendiri memang sangat membanggakan, dibalik berdirinya bisnis kuliner pasti terdapat sebuah harapan yang besar dari seorang owner, yaitu bisnis yang didirikan bisa berjalan dengan baik, menghasilkan dan menberikan profit yang bagus. Dan juga dengan didirikannya sebuah bisnis kuliner diharapkan menjadi sebuah titik awal berdirinya dan dibangunnya cabang baru bisnis kuliner. Namun apa yang terjadi ketika semua sudah dilakukan, semua tips bisnis untuk membangun bisnis kuliner sudah dilakukan, namun terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, bisnis kuliner sepi tidak ada pengunnjung yang mengakibatkan bisnis kuliner gulung tikar.

Tidak bisa dipungkiri, dari sekian bisnis yang sangat diminati semua pelaku bisnis, salah satunya adalah bisnis kuliner. Namun bermain dalam bidang yang satu ini gampang-gampag susah, yang membutuhkan keahlian tersendiri. Memilih berkecimpung dalam bisnis kuliner tidak semudah membalik tangan, selain makanan yang anda sajikan enak dan berkualitas, tentunya faktor lain juga sangat berpengaruh dalam bisnis.

Dahulu saya pernah menyajikan satu faktor agar bisnis kuliner bisa sukses, tentang faktor lokasi bagaimana agar bisa memilih tempat yang bagus. Namun kali ini terdapat banyak hal yang berpengaruh mengapa bisnis kuliner yang dijalankan bisa jatuh, dan hal ini juga terjadi pada beberapa pelaku bisnis kuliner, padahal semua telah dilakukannya, mulai dari melakukan promosi besar-besar, melakukan branding dengan maksimal, memberikan harga yang sangat bersaing, memilih lokasi bisnis kuliner yang sangat strategis, namun pada kenyataannya bisnis kuliner bubar juga. Sangat menyedihkan.

Bisnis Kuliner Gulung Tikar
Sumber gambar: pixabay.com

1. Trend Bisnis Kuliner dan Perubahannya

Semua orang mengatakan bahwa diantara berbagai bisnis yang sangat menjanjikan dan bisa memberikan profit dengan cepat bahkan bisa cepat balik modal adalah bisnis kuliner. Namun bisnis adalah bisnis, sebuah bisnis yang sangat menarik dan menjanjikan juga tidak mudah dijalankan. Dalam perkembangannya saat ini di segala tempat, entah di mall, food court, bahkan tempat kuliner, begitu banyak tempat kuliner yang cepat berganti dengan jenis kuliner yang berbeda, padahal tempat kuliner tersebut terlihat selalu ramai.

Banyak sekali hal yang menyebabkan bisnis kuliner cepat berganti, namun banyak kasus, bisnis kuliner yang sudah ada sebelumnya dan berdiri lama, tetap bertahan meskipun banyak bisnis kuliner baru yang berusaha menggerogoti pangsa pasar bisnis kuliner lama tersebut. Hal ini yang membedakannya dengan bisnis kuliner baru yang selalu cepat mengikuti perubahan trend atau yang disebut dengan trend kekinian.
Baca Juga:
Banyak sebab yang menyebabkan bisnis kuliner tersebut sepi bahkan dalam kondisi terburuk menjadi tutup, selain perubahan trend pasar, perubahan selera konsumen, dan banyak hal penyebab lainnya.

2. Penyebab Bisnis Kuliner Gulung Tikar

Semua bisnis pasti mengalami tantangan, begitu pula dengan bisnis kuliner. Seenak apapun jenis kuliner dan seahli chef yang membuat kuliner menjadi lezat, tidak menjamin bisnis kuliner bisa sukses. Tidak ada yang tahu mengapa bisnis kuliner bisa cepat tutup bahkan bangkrut, bisa dikatakan bahawa modal sajian makanan yang lezat dan bentuk tempat kuliner yang menarik bahkan Instagrammable tidak menjamin bisnis kuliner tersebut bisa bersaing dipertarungan bisnis kuliner.

Sumber gambar: foodizz.id

Terdapat banyak hal yang menyebabkan bisnis kuliner bisa cepat gulung tikar, antara lain:

- Memulai sebuah bisnis kuliner tanpa adanya persiapan yang matang. 

Kesuksesan orang lain sering menjadikan seseorang tergiur untuk meniru semua usaha yang dilakukan orang tersebut. Padahal terdapat suatu catatan bisnis yag selalu menjadi pegangan ketika usaha yang dijalankan ditiru habis-habisan, “Usaha boleh sama, bahkan kuliner yang dijual boleh sama, namun rejeki setiap orang berbeda”.

Catatan tersebut menjadi sebuah pegangan yang terbukti ampuh, sehingga kita yang cenderung ingin mendapatkan sukses yang sama, ingin berusaha membuka usaha tersebut dengan meniru secara total konsep bisnisnya, tanpa melakukan persiapan. Bisnis kuliner adalah sebuah bisnis yang unik, yang membutuhkan proses dalam mengenalkan kuliner tersebut, ada masa pengenalan, masa dimana produk mulai dikenal, dan masa produk diminati dan selalu diharapkan oleh para pelanggan.

- Lokasi Tempat Kuliner yang Tidak Tepat

Satu hal yang sering disalah artikan dan diremehkan orang-orang, terutama mereka yang belum pernah masuk bisnis kuliner, biasanya mereka menganggap semua lokasi sama, dan juga menggangap lokasi strategis bisa memberikan point tersendiri sehingga bisnis kuliner diharapkan selalu didatangi oleh konsumen. Tidak semudah itu.

Penentuan lokasi tempat kuliner merupakan faktor yang sangat penting. Memilih lokasi yang tepat sangat berbeda antara bisnis yang satu dengan dengan bisnis lainnya. Mendapatkan lokasi yang tepat akan membuat bisnis kuliner banyak dikunjungi para pelanggan, selain kemudahan dalam menjangkau tempat kuliner tersebut.

Tips dalam memilih lokasi adalah anda bisa menemukan lokasi yang tepat juga strategis dengan harga murah, dengan catatan, anda sering mencari informasi ke berbagai tempat termasuk bernegoisasi dengan pemilik tempat tersebut.

- Market Share dan Harga yang Tidak Sesuai

Menjadi hal yang sangat penting dalam merencanakan bisnis kuliner yang akan dibuka. Pada awal penentuan konsep bisnis anda harus menentukan dulu konsep STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) atas bisnis kuliner yang akan anda buka. Trend pasar selalu berubah. Untuk itu anda harus melakukan tes pasar terlebih dahulu atau melihat selera pasar apa yang sangat disukai. Bisa jadi karena asal buka dan asal jual jenis kuliner menjadikan bisnis kuliner menjadi sepi, karena konsumen kurang menyukai produk yang dijual.

Begitu pula dalam hal harga. Dalam menentukan harga, kita harus tahu siapa target pasar yang kita tuju. Target pasar ini sangat penting, karena berpengaruh pada penentuan harga atas produk kuliner yang dijual

- Promosi yang Kurang Optimal

Bisnis kuliner adalah bisnis yang unik, agar bisnis kulinermu dikenal oleh konsumen, maka anda harus mempromosikannya. Banyak cara untuk membuat bisnis kuliner anda bisa cepat dikenal, apalagi saat ini anda dipermudah dengan banyaknya sosisl media yang bisa digunakan, ditambah dengan kemudahan bekerjasama dengan delivery online yang menyediakan promosi gratis.


- Tidak Mengantisipasi adanya Kompetitor

Pada kondisi ini, anda harus bisa mengantisipasi munculnya usaha baru yang sejenis, apalagi usaha kuliner dengan menjual produk yang sama. Meskipun bisnis kuliner anda sudah lama, tidak da salahnya kalau anda memberikan daya tarik dengan memberikan menu baru misalnya.

Sebuah kondisi dimana bisnis kuliner gulung tikar menjadi sebuah ancaman bagi siapa saja yang berbisnis kuliner. Tidak ada cara terbaik, namun anda harus bersiap menghadapi segala kondisi, salah satunya adalah melakukan antisipasi, atas apa pun yang akan terjadi. Bisnis kuliner adalah bisnis yang unik, namun dibalik keunikannya selalu memberikan harapan hasil yang bagus bagi yang berhasil mengelolanya dengan baik. Semoga catatan dan opini di atas memberikan kontrbusi yang baik, dan anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel