Menjadi Entrepreneur Sukses

Sepertinya menjadi entrepreneur sukses masih menjadi impian banyak orang, tidak hanya anda yang saat ini menjadi seorang karyawan, bahkan banyak adik-adik kita yang masih menjadi seorang mahasiswa mulai berpikir untuk berbisnis sendiri dengan tidak tergantung pada orang tua. Atau pun ketika diajak berdiskusi, mereka lebih memilih mengembangkan usahanya sendiri daripada bekerja sebagai karyawan. Suatu pemikiran yang luar biasa, bila dibandingkan dengan pemikiran teman-temannya yang lain. Menjadi entrepreneur memang penuh tantangan, banyak liku-liku, penuh proses yang harus dilewati. Dan hal ini berlaku bagi siapapun yang ingin menjadi seseorang, yang tidak mau menjadi karyawan, entah menjadi entrepreneur, content creativ, atau menjadi seorang blogger.

Tidak mudah untuk menjalani sebuah bisnis, hanya orang-orang terpilih saja dan yang memilih jalan sebagai seorang entrepreneur yang bisa menjalani hidup dengan penuh tantangan. Sama halnya dengan saya saat belum memutuskan menjadi seorang entrepreneur, saat masih menjadi karyawan, menganggap menjadi entrepreneur adalah hal yang mudah. Tinggal menyetor dan meletakkan modal, memilih bisnis yang diinginkan, menyiapkan tempat usaha, mengumpulkan stock barang, dan tinggal ongkang-ongkang kaki menunggu pembeli dan pelanggan. Nyatanya tidak semudah itu.

Ternyata untuk menjadi seorang entrepreneur sukses dibutuhkan persiapan lahir dan batin, dibutuhkan ketekunan, kegigihan dan juga mental yang kuat. Selain kegigihan, juga anda harus menyiapkan kesabaran dan siap untuk berkorban dengan bekerja dengan hasil yang belum tentu sesuai dengan prediksi, maka kesabaran inilah yang sangat diperlukan dalam proses awal bisnis.

Menjadi Entrepreneur Sukses
Sumber gambar: pixabay.com

1. Menjadi Pengusaha dari Nol

Memulai usaha menjadi hal yang menarik, dan penuh harapan, dan hal ini berlaku bagi semua profesi selain profesi karyawan. Bagi seseorang yang sudah memilih jalan sebagai seorang entrepreneur pasti sudah menyadari bahwa tidak ada bisnis apa pun yang bisa membuat cepat kaya, dan kalau semua bisnis bisa menjadi cepat kaya, maka semua orang tidak akan ada yang mau untuk menjadi seorang karyawan, pasti orang-orang akan sudah mulai berbisnis. Dan pada kenyataannya hanya orang-orang tertentu yang memilih dan bertahan di jalan bisnis.

Satu hal yang patut anda pegang, bahwa tidak selamanya anda harus berkorban tanpa hasil, pada suatu saat selama anda mau belajar, selalu mencoba, suatu saat nanti anda akan menuai hasil yang luar biasa, di bisnis apapun. Bahkan hanya dari sekedar mengumpulkan sampah bekas, plastik saja, beberapa orang sudah bisa menjadi orang sukses. Apalagi anda yang memulainya dengan keyakinan, pernah bersekolah bisnis dan selalu mencoba, saya yakin anda bisa segera sukses.
Baca Juga:
Seperti yang disampaikan Founder Gojek dan saat ini menjadi Menteri Pendidikan Nasional Indonesia, “Nadiem Makarim”, bahawa “Gelar tinggi tak menjamin kesuksesan, kerja keras serta semangatlah yang patut dijadikan landasan”. Jadi semua orang sukses manapun pasti memiliki sikap pantang menyerah, optimis, dan siap bekerja keras.

2. Kunci untuk Menjadi Pengusaha Sukses   

Tidak ada yang mudah, kalau kita tidak memulai, dan juga tidak ada yang sulit, kalau kita mau memulai dan bertindak. Begitu pula kalau anda memilih jalan berbisnis, anda harus memulainya. Bahkan seorang pebisnis sukses pernah menyampaikan suatu kata kunci di saat dia pernah mengalami kegagalan, “Kalaupun harus mulai lagi dari nol lagi, ya sudah, kita berjuang lagi. Selama masih ada tangan dan kaki, selama masih hidup, kita masih bisa bangkit lagi. Dan yang bisa kamu andalkan adalah dirimu sendiri.”

Kunci untuk Menjadi Pengusaha Sukses
Sumber gambar: Instagram @vantispm
Jadi sikap pantang menyerah, optimis dan semangat menjadi hal yang sangat penting bagi seorang yang memilih profesi sebagai seorang entrepreneur. Satu lagi kunci untuk menjadi sukses dari David Goggins:
“Orang selalu mencari jalan pintas. Satu-satunya cara untuk mencapai kehebatan dalam hidup adalah memiliki kesabaran, konsistensi, dan disiplin”.
Banyak orang yang ingin sukses, namun tidak mau bekerja keras, setiap orang pasti hanya melihat penampilan dari luar bahwa menjadi seorang entrepreneur sangat enak, memiliki penampilan yang stylis, mobilnya bagus, rumah yang mentereng. Padahal tidak semudah itu, ada kerja keras, air mata, dan jatuh sakit di balik kesuksesan tersebut.

Tidak mungkin anda menjadi sukses kalau anda hanya bermimpi, tidur jam 1 pagi, bangun jam 1 siang, cita-citanya sukses. Mimpi kali?.

Sepertinya gambaran fenomena gunung es,bisa menjadi sebuah cerminan bagaimana orang melihat kesuksesan seorang entrepreneur. Bahwa di balik suksesnya pengusaha, terdapat banyak hal yang tidak perah dilihat orang lain, antara lain:
  • Risiko.
  • Disiplin. 
  • Tidur terlambat.
  • Pengorbanan.
  • Kekecewaan
  • Ketekunan
  • Action
  • Kegagalan.
  • Kebiasaan yang baik.
  • Keraguan
  • Perubahan
  • Perjuangan
  • Kegigihan
  • Kerja  keras.
  • Keberanian

Sumber gambar: Instagram @jody_waroeng
Jadi anda siap untuk menjadi entrepreneur sukses?.  Banyak hal yang harus anda siapkan untuk menjadi orang sukses. Milikilah pola pikir dan cara berpikir orang sukses, minimal latihlah diri anda dengan melakukan kebiasaan orang sukses. Tidak mudah, namun anda harus melakukan dengan disiplin. Kalau anda bingung, anda bisa mulai belajar dengan melihat otobiografi para entrepreneur sukses. Pasti anda akan melihat banyak sekali jatuh bangun yang dialami para pengusaha sukses tersebut. Semua itu pilihan, namun kalau anda mau berubah sedikit demi sedkit, saya yakin anda bisa merubah hidup anda menjadi sebuah kebiasan yang bagus seperti fenomena gunung es tersebut di atas. Dan untuk menjadi sukses anda tidak perlu mengumumkan semua rencana anda, cukup anda bekerja keras dalam diam, dan biarkan kesuksesan segera mendatangi anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel