Tips Meraih Kesuksesan

Sukses menjadi impian semua orang dalam semua bidang yang ditekuninya. Tentu saja untuk meraih sukses dibutuhkan proses yang luar biasa, yang hanya orang sukses itu sendiri yang tahu. Tentunya dibutuhkan sebuah keyakinan, semangat, ketekunan, tekad dan semangat untuk meraih sukses. Tips meraih kesuksesan yang akan disampaikan ini berasal dari pengalaman orang sukses yang telah meraih impiannya. Tidak mudah, namun harus dijalani.

Bahkan Jack Ma, seorang miliarder sukses dalam beberapa kali pertemuan dan sharing yang diberikannya kepada anak muda, terdapat tiga hal yang harus dilakukan, dengan melihat pengalaman yang telah dilakukannya dulu, yaitu persistence (kegigihan), optimis dan mau menerima perubahan. Quote sukses yang akan disampaikan sengaja ditulis agar kita semua tetap optimis dalam mengejar impian yang ingin diraih.

Sukses ;Tips Meraih Kesuksesan
Sukses (Sumber gambar: pixabay.com)

1. Delapan Langkah Meraih Kesuksesan.

Bagi orang yang memiliki bakat sukses, tentunya tidak ada ketakutan untuk gagal, kegigihan dan kerja keras yang adilakukan menjadi kunci untuk meraih kesuksean. Delapan langkah meraih kesuksesan tersebut, antara lain:
  • Coba.
  • Coba lagi.
  • Lakukan lagi.
  • Lakukan dengan cara yang sedikit berbeda.
  • Coba lagi esok hari.
  • Coba perbaiki cara yang tidak bekerja.
  • Kembangkan cara yang bekerja.
  • Tetap mencoba sampai berhasil.
Kuncinya adalah tetap mau mencoba sampai berhasil, tentunya kegigihan dan kerja keras menjadi kata kunci.

2. Jadilah Berkarakter Seperti Intan.

Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan mudah. Cerita tentang proses pembentukan intan sepertinya sangat sesuai dengan apa yang terjadi pada anda saat ini yang sedang berproses.
Sepotong intan terbaik dihasilkan dari dua hal, yaitu suhu dan tekanan yang tinggi di perut bumi. Semakin tinggi suhu yang diterimanya, semakin tinggi tekanan yang diperolehnya, maka jika dia bisa bertahan, tidak hancur, maka dia akan berubah menjadi intan yang berkilau tiada tara. Keras, kokoh dan mahal harganya.”
Sama halnya dengan kehidupan, seluruh kejadian menyakitkan yang dialami, terutama dalam proses bisnis, semakin dalam dan menyedihkan rasanya, jika kita bisa bertahan, tidak hancur, maka kita akan tumbuh menjadi seseorang berkarakter laksana intan. Keras dan kokoh.

3. Sempurna Dulu Baru Jalan atau Jalan Dulu Sambil Menyempurnakan

Kalau anda memilih sempurna dulu baru jalan, maka bisa dipastikan anda tidak akan pernah memulai, sedangkan bila anda memilih “Jalan dulu sambil menyempurnakan”,  minimal anda sudah mau memulai dan bergerak, tidak ada sesuatu yang sempurna, dan konsep ini menjadi sangat penting bagi anda yang ingin mendapatkan sukses bisbis, karena pengalaman didapatkan dari masalah yang dihadapi.

4. Konsisten adalah Kunci Keberhasilan

Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti berusaha takkan jadi pemenang.
Bapak BJ Habibie, memberikan satu quote sukses, yaitu:
Apabila kamu sudah memutuskan menekuni suatu bidang, jadilah orang yang konsisten, itu adalah kunci keberhasilan yang sebenarnya.”

5. Tips Sukses dari Jack Ma

Orang sukses adalah orang yang belajar dari pengalaman orang lain, maka tips sukses Jack Ma, bisa menjadi pelajaran untuk anda yang ingin meraih sukses, antara lain:
  • Punya gairah dan semangat.
  • Tetap fokus pada tujuan.
  • Punya reputasi bagus.
  • Jangan mengeluh dan terus melihat peluang.
  • Pelanggan adalah nomor 1.
  • Hadapilah penolakan.
  • Selalu mencari inspirasi.
  • Pikirkan terus mimipimu.
  • Fokus pada budaya.
  • Abaikan permasalahan kecil yang menggangu.
Selain itu juga terdapat motivasi dalam menghadapi kompetitor dari Jack Ma, Founder Alibaba Group:
Kamu harus belajar dari kompetitormu, tapi jangan pernah meniru kompetitormu.”

6. Hal yang Harus Ditinggalkan untuk Meraih Sukses

Terdapat 5 hal yang harus anda tinggalkan untuk meraih sukses yang anda impikan, antara lain:
  • Berusaha utuk menyenangkan semua orang.
  • Takut pada perubahan.
  • Hidup di masa lalu.
  • Menyalahgunakan diri sendiri.
  • Terlalu khawatir.
Kita tidak bisa menyenangkan semua orang, namun tetap bersikap baik dan fokus pada impian akan menjadi kunci sukses.

7. Pikiran adalah Magnet

Satu lagi rahasia kunci sukses, yaitu selalu positif dan optimis. Jika anda berpikir tentang berkah, maka anda akan menarik banyak berkah, dan jika anda berpikir tentang masalah, maka anda akan menarik banyak masalah.

Baca juga: Sukses Bisnis dengan Berani Gagal.

Selalu mengolah pikiran yang baik dan selalu tetap positif dan optimis, maka anda akan mendapatkan apa yang dipikirkan, jadi berpikirlah yang positif, maka hidup akan secara otomatis menjadi positif.

8. Jangan Mengeluh

Orang sukses tidak akan perneh mengeluh. Nikmati saja lelahnya dengan banyak bersyukur,, meskipun seakan-akan batin dan jiwa meminta untuk didengarkan untuk menyerah saja, karena untuk mendapatkan sesuatu yang indah dibutuhkan perjuangan.

9. Disiplin

Motivator sukses yang juga pengusaha, Chandra Putra Negara, pernah mengatakan:
Kalau anda disiplin untuk mengejar impian anda, maka impian anda juga akan disiplin mengejar diri anda.”
Orang bodoh dikalahkan orang pandai. Orang pandai dikalahkan orang beruntung. Orang beruntung dikalahkan orang yang disiplin, ulet, dan pantang menyerah.

10. Cerita Sukses antara Ikan Salmon dan Hiu Kecil

Pernahkan anda mendengar tentang cerita ikan salmon, dalam dunia kuliner masakan Jepang, salmon akan lebih enak dan lebih nikmat disantap ketika dalam kedaan hidup atau dalam keadaan segar. Oleh karena itu, nelayan Jepang selalu memasukkan salmon yang telah ditangkapnya ke dalam kolam buatan agar dalam perjalanan menuju daratan, salmon tersebut tetap hidup. Namun pada kenyataannya banyak salmon yang mati dalam kolam tersebut.

Yang menjadi pertanyaan, bagaiman para nelayan menyiasati agar salmon tersebut tidak mati?. Cara yag dilakukan adalah memasukkan seekor hiu kecil dalam kolam tersebut. Dan sangat luar biasa dan ajaib. Hiu kecil tersebut, memaksa salmon terus bergerak agar jangan dimangsa hiu kecil tersebut. Dan yang mengejutkan, banyak ikan salmon yang tetap hidup dan jumlah salmon yang mati menjadi sangat sedikit.

Hikmah apa dari cerita ikan salmon dan hiu tersebut?. 
Diam membuat kita mati! Bergerak membuat kita Hidup!”.
Apakah yang membuat kita diam?. Yaitu saat tidak ada masalah dalam hidup dan saat kita berada dalam zona nyaman. Sistuasi seperti ini selalu membuat terlena. Sehingga sampai terlenanya kita tidak sadar bahwa kita telah mati.

Baca juga: Sukses dengan Selalu Bersyukur.

Dan apa yang membuat kita bergerak?. Yaitu masalah, tekanan hidup, dan juga tuntutan kerja. Saat masalah datang, secara otomatis kita akan memiliki naluri untuk bergerak aktif dan berusaha mengatasi permasalahan hidup tersebut. Tidak hanya itu, kita menjadi lebih kreatif dan potensi diri menjadi berkembang dengan luar biasa. Yang harus diingat adalah kita akan bisa belajar banyak dalam hidup ini bukan dalam keadaan nyaman, tapi justru saat menghadapi badai hidup.
Itulah sebabnya selalu syukuri kehadiran “hiu kecil” yang terus memaksa untuk bergerak dan tetap bertahan hidup. “Jangan menyerah”.

11. Aturan 24 Jam untuk Sukses dalam Hidup
Terdapat sebuah quote yang disampaikan Andy Frisella:
“Para pemenang mencatat ini dalam mindset mereka. Apa yang kamu lakukan kemarin, minggu lalu atau tahun lalu, lupakan itu. Satu-satunya yang terhitung adalah apa yang kamu lakukan hari ini. Untuk aturan ini, kamu hanya boleh berbicara tentag apa pencapaianmu dalam 24 jam terakhir. Terlalu banyak orang merayakan masa kejayaan mereka atau kemenangan besar mereka di masa lalu dan menjadi terlalu nyaman dengan kehidupan.”

Maksud dari Andy Frisella adalah jika anda menginginkan benar-benar merubah kehidupan anda, untuk semantara waktu, aturan 24 jam inilah yang harus anda lakukan. Jangan terus menerus terjebak dalam Zona Nyaman.

Ingatlah, ini adalah untuk sementara waktu sampai hidupmu benar-benar berubah. Bukan berati kamu tidak boleh bersyukur dengan pencapaianmu, namun jangan sampai kamu berlarut-larut terlalu lama merayakannya dan mulai masuk ke zona nyaman.

Itu dia tips meraih kesuksesan yang diambil dari beberapa quote orang sukses, agar sukses maka anda harus fokus, memiliki sistem bisnis yang kuat dan juga bisa membangun dan memilih orang yang terbaik agar bisnis yang anda bangun bisa sukses.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel