Sukses Bisnis dengan Berani Gagal

Tidak ada bisnis yang mulus, semua pasti mengalami pasang surut, jatuh bangun harus dihadapi seorang yang ingin sukses dalam bisnis. Banyak sekali hal yang harus dipersiapkan, termasuk apa saja yang harus dihindari saat ingin memulai bisnis. Selain itu, memahami bahwa bisnis tidak 100% berhasil, itu yang wajib ada dan disadari seorang entrepreneur. Takut tidak sukses, takut bangkrut menjadi hal yang wajar saat anda ingin membangun sebuah bisnis. Maka benar sekali kalau ada pendapat di masyarakat menjadi seorang entrepreneur memiliki tantangan yang berat. Dengan harapan sukses tentunya memiliki tekad sukses bisnis dengan berani gagal harus menjadi pegangan bagi anda yang ingin memulai bisnis.

Membandingkan kesuksesan antara orang yang memilih bekerja sendiri atau menjadi entrepreneur dengan seorang karyawan memang berbeda. Menjadi seorang entreperneur harus memiliki keberanian dan tekad yang kuat. Bahkan John F. Kennedy pernah bilang “Hanya mereka yang berani gagal, yang dapat meraih keberhasilan”.

Dibalik tantangan yang begitu besar, menjadi seorang entreprenur  memang menjadi sebuah profesi yang menjanjikan, keberhasilan dan sukses dalam bisnis membuat kita lebih bersemangat untuk mengembangkan bisnis. Bahkan dengan kesuksesan tersebut,bisa memberi manfaat bagi oranglain, seperti membuka peluang untuk orang lain bekerja pada usaha yang kita miliki.

Sukses Bisnis dengan Berani Gagal
Sumber gambar: pixabay.com

Alasan Harus Susah Sebelum Sukses Bisnis

Terkadang bahkan sering, apa yang kita lakukan dalam membangun bisnis mengalami batu sandungan yang dirasakan cukup berat, mulai bisnis yang tidak bisa berkembang, rekan bisnis yang tidak bisa diajak kompromi, karyawan yang susah diatur dan berbagai hal lainnya yang membuat kita harus memiliki solusi dan mencari cara agar masalah tersebut bisa diatasi.

Terdapat 4 alasan mengapa kita harus merasakan susah sebelum sukses, antara lain:
  1. Ide timbul dari masalah. Keinginan untuk sukses bisnis selalu timbul dari ketidakpuasan dan usaha untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, kita harus siap dengan masalah, dan yakin bahwa setiap masalah ada peluang yang bisa kita ambil.
  2. Tanpa cobaan, kita tidak akan bisa tumbuh. Cobaan adalah cara yang diberikan Tuhan untuk membangun karakter yang baik, dengan mengalaminya langsung, maka akan dilatih untuk memiliki mental yang kuat dan dididik agara bisa berpikir secara efektif dan strategis.
  3. Menjadi bangga terhadap hasil yang didapatkan. Ketika kesuksesan bisa diraih, kita akan merasakan sebuah kepuasan yang sesungguhnya. Kita akan menghargai apa yang dimiliki, dan juga tidak akan lupa dengan perjalanan dan orang-orang yang pernah membantu.
  4. Kesusahan yang pernah dirasakan diperlukan nanti. Pengalaman akan menjadi kisah dan contoh nyata bagi orang lain. Bila nanti saat karyawanmu mengeluh, kamu bisa mengatakan “Itu tidak mustahil, karena aku sudah membuktikannya”.
Kegagalan memang menjadi hal yang sangat ditakuti oleh siapapun, termasuk seorang entrepreneur, namun dengan adanya kegagalan menyebabkan seseorang yang memilih menjadi entrepreneur bisa mencari solusi terbaik untuk bisa membangun lagi usahanya.

Ingin Sukses Bisnis Jauhi Sikap dan Karakter Gagal  

Untuk bisa meraih sukses, terutama dalam bisnis, anda harus mempersiapkan segalanya sedini mungkin. Bisnis adalah hal yang berbeda dibanding saat anda masih menjadi seorang karyawan. Untuk masuk menjadi seorang entrepreneur diperlukan banyak hal, meskipun semua itu bisa dilakukan sambil membangun bisnis.

Baca juga: Sukses Bisnis dengan menjaga cash flow.

Jangan membangun bisnis, kalau sifat ini ada pada dirimu, antara lain:
  1. Memiliki sifat takut rugi. Kalau masih takut bahkan gemetar saat mendengar cerita banyak pengusaha yang rugi besar, mending berpikirlah dua kali untuk mau membuka usaha.
  2. Selalu negative thinking. Sifat ini harus dibuang kalau ingin memulai dan membangun usaha, merasa kekurangan modal, selalu merasakan tidak punya tim yang bagus. Dan kalau itu semua bisa teratasi, anda pasti mendapatkan hal negatif dan keluhan lainnya.
  3. Pengen cepat untung. Sebuah bisnis pasti mengalami proses, termasuk untuk mendapatkan keuntungan. Kalau inginnya cepat untung, jatuhnya malah usaha yang sudah dibangun malah tidak bisa berkembang.
  4. Belum memahami kas usaha. Untuk menjadi seorang entrepreneur wajib memahami tentang keuangan. Tanpa kemampuan ini, semua keputusan bisa berakibat fatal.
  5. Tidak punya business plan. Yang memiliki rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang saja bisa gagal, apalagi yang tidak punya perencanaan.
  6. Tidak pernah tertarik melakukan riset pelanggan. Anda tidak akan tahu dan yakin usaha bisa laris, kalau anda tidak membuat sebuah survei. Intinya harus mau mencari informasi untuk tahu keinginan pelanggan terhadap produk kita.
  7. Tidak berpikir mencari modal tambahan. Dengan modal terbatas, tidak akan bisa mengembangkan usaha. Bisa saja anda melakukan kerjasama saat membuka cabang yang lain.
Sifat negatif  tersebut di atas bisa diubah, namun tetap harus memiliki keyakinan dan semangat serta optimis untuk selalu belajar dan mengembangkan diri.

Kesalahan Yang Bisa Membunuh Bisnis 

Selain sifat negatif di atas yang harus dihindari dan diperbaiki, terdapat kesalahan seorang entrepeneur yang harus dihindari agar bisnisnya sukses. Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada seorang entrepreneur yang baru memulai bsnis, antara lain:
  1. Terlalu idealis,
  2. Berusaha melakukannya semua sendiri. 
  3. Memiliki pengeluaran yang berlebihan.
  4. Bekerja bersama orang yang salah.
  5. Terlalu santai.
  6. Tidak punya perencanaan bisnis.
  7. Menarget pasar yang salah.
  8. Tidak pernah mempromosikan bisnis.
  9. Tidak segera menyelesaikan masalah.
Kesalahan bisnis bisa saja dihadapi siapapun termasuk seorang entrepreneur, dengan belajar dan berusaha memperbaiki kesalahan, membuat anda mengerti bagaimana membangun bisnis dengan benar, apalagi untuk mencapai sukses.

Orang Sukses pun Pernah Salah

Kalau hanya berbicara tentang apa yang harus dikerjakan, sifat negatif yang harus dihindari dan juga kesalahan dalam membangun bisnis. Tentunya kita juga bisa melihat bahwa orang sukses dunia pun pernah mengalami kesalahan, namun dengan cepat mereka mau belajar dan memperbaiki kesalahan tersebut.

Baca juga: Success is Never Instant.

4 orang sukses yang pernah mengalami kesalahan, antara lain:
  1. Steve Job. Saat berumur 30 tahun, Steve pernah hancur lebur dan putus asa, setelah ia dikeluarkan dari perusahaan yang telah ia bangun.
  2. Walt Disney. Pernah dipecat dari surat kabar karena dianggap kurang memiliki imajinasi dan tidak mempunyai ide yang original.
  3. Albert Einstein. Tidak bisa berbicara sampai umur 4 tahun, bahkan gurunya pernah mengatakan Einstein tidak akan pernah menjadi orang yang berguna.
  4. Oprah Winfrey. Pernah diturunkan dari seorang pembawa berita, karena dianggap tidak cocok ada di televisi.
Dan tentunya banyak contoh kesalahan orang sukses dan terkenal lainnya, namun sikap berani gagal akan membuat seseorang tertantang untuk menyelesaikan apa yang pernah dikerjakannya.

Kata motivasi dari Bong Chandra bisa menjadi pegangan untuk anda dalam meraih sukses,:
Burung tidak terbang, mereka memanfaatkan angin. Ikan tidak berenang, mereka hanyut dalam air, Nasib tidak dapat dilawan, tapi dapat ditunggangi”.
Intinya untuk sukses bisnis anda harus berani gagal atas apa yang akan anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel