Ide Bisnis Kuliner untuk Foodpreneur

Berbisnis adalah hal menarik, banyak diantaranya yang bingung harus berbisnis apa yang bisa cepat menghasilkan dan dibutuhkan orang banyak. Kalau diberikan pertanyaan seperti ini, jawabannya cuma satu, yaitu berbisnis kuliner. Bisnis kuliner adalah suatu bidang bisnis yang  tidak ada matinya dan semua membutuhkan makanan. Namun, saat memutuskan dan memilih bisnis kuliner harus dipertimbangkan dengan tepat, mulai dari memilih ide bisnis, yaitu jenis kuliner apa yang akan dimasuki, membangun bisnis, merencanakan operasional usaha sampai dengan menyiapkan tempat dan promosi harus dipersiapkan dengan matang. Bagi seorang pemula tentu hal ini akan memberi tantangan tersendiri, namun ide bisnis kuliner untuk foodpreneur yang bagaimana yang bisa menghasilkan?.

Sebenarnya banyak sekali jenis kuliner yang bisa dikembangkan, apalagi dalam kondisi saat ini yang terjadi wabah pandemi Covid-19, anda bisa memulai jenis kuliner yang dibutuhkan masyarakat. Dalam kondisi saat ini semua usaha mengalami penurunan, dan hal ini menjadi terseleksi secara alami, mana usaha yang masih bisa berjalan dan bertahan dan mana usaha yang sudah tidak dapat diteruskan.

Sebagai pendatang baru dalam bisnis kuliner, sebagai foodpreneur, anda harus bisa membaca peluang ini. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan, apalagi dengan kondisi masyarakat yang semakin sadar akan kesehatan, masyarakat lebih selektif mana makanan yang terjamin kebersihannya, dan mana yang harus ditinggalkan.

Ide Bisnis Kuliner untuk Foodpreneur
Sumber gambar: pixabay.com

1. Ide Bisnis Kuliner Modal Kecil untuk Pemula

Dalam era yang memaksa masyarakat muai menjaga kesehatan, maka hal ini memberikan sebuah peluang bisnis bagi anda yang ingin memulai berbisnis kuliner. Dalam situs ini, anda bisa membuka topik dengan tema kuliner yang lain, namun kali ini, anda yang ingin memulai bisnis kuliner jangan takut untuk memulai, banyak kesempatan yang bisa anda lakukan dalam kondisi pandemi seperti ini. Peluang bisnis masih terbuka lebar.

Untuk itu, buatlah persiapan yang matang, dengan melakukan perencanaan dan melakukan riset dan analisa pasar yang tepat, karena bisnis apa pun pasti membutuhkan modal dan biaya, jangan berspekulasi, pilihlah produk yang disukai dan dibutuhkan pasar, apalagi yag membutuhkan modal kecil.

Baca juga: Sukses Bisnis Kuliner.

Terdapat 5 ide bisnis kuliner modal kecil yang bisa anda mulai, yaitu:
  • Membuka kuliner di rumah dengan konsep Ghost Kitchen. Cara ini menjadi pilihan yang paling mudah, anda tidak membutuhkan sewa tempat, dan anda tinggal mempromosikan masakan yang akan anda jual melalui media sosial, atau anda bisa bekerjasama dengan delivery online untuk proses delivery.
  • Membuat bisnis minuman. Kalau hanya untuk latihan, anda bisa membuka bisnis minuman seperti boba atau thai tea, dengan modal yang sedikit anda bisa menawarkan segala minuman yang anda sediakan.
  • Membuka jenis kuliner dengan konsep angkringan atau “lok lok”. Pola ini sangat mudah, anda bisa mengajak orang-orang yang bisa memasak dan menitipkan dagangan kulinernya di tempat anda, atau bisa juga membuka jenis kuliner frozen food dengan model lok lok yang sangat disukai anak muda sekarang.
  • Membuka kedai kopi dengan konsep one stop shopping. Cara ini sangat banyak dipakai dalam kondisi saat ini, yaitu dengan bekerjasama dengan pihak delivery online, apalagi saat semua harus bekerja dari rumah, yang membutuhkan kenikmatan kopi.
  • Membuka kedai khusus gorengan. Buatlah sajian gorengan yang berbeda dari yang lain. Konsep ini akan menarik banyak peminat karena kebutuhan jajanan atau camilan sebagai teman belajar atau bekerja di rumah menjadi tidak tergantikan.
Sebenarnya banyak sekali jenis kuliner yang bisa anda kembangkan, apalagi dengan peluang saat ini yang membuka kesempatan untuk anda memulai bisnis kuliner.

2. Motivasi Sukses Untuk Menggapai Mimpi Bisnis Kuliner  

Bagi anda yang belum pernah membuka bisnis kuliner, merasa malu, minder atau merasa sendiri saat menggapai mampi, jangan takut, terdapat beberapa hal dibawah ini yang bisa memotivasi anda, sebagai berikut (Instagram.com/catatanentrepreneur/):
  • Ketika memulai bisnis dan tidak ada yang mendukung, itu bukan alasan untuk berhenti berjuang mencapai tujuan, maka Bersabarlah!.
  • Beberapa bahkan banyak orang takkan pernah mendukung bisnismu, karena mereka takut membayangkan, ketika anda berada di tempat yang tidak bisa lagi mereka jangkau. Beberapa orang takkan pernah mendukungmu karena mereka tidak ingin melihat anda benar-benar sukses suatu hari nanti.
  • Orang yang meremehkan, menghina, bahkan mencibir, biasanya tak ingin melihat anda yang terus bergerak maju tanpa ragu menuju hidup yang anda inginkan, sedangkan hidup mereka masih tetap begitu-begitu saja tanpa perubahan. Mereka tak ingin melihat anda mencapai kebebasan waktu, financial, dan hidup tanpa tekanan siapa pun, sementara mereka masih hidup dari gaji ke gaji.
  • Memang jika anda ingin sukses dan menjadi lebih kuat, maka anda harus berani berjuang sendirian.
  • Karena mereka yang mampu melewati sulitnya berjuang sendirian adalah mereka yang nanti akan berdiri di depan banyak orang menceritakan pengalamannya tersebut.
Selain itu terdapat beberapa hal yang bisa memotivasi anda agar tetap bersemangat dalam mengelola bisnis, sebagai berikut:
  • Lakukan dari hati atau tidak sama sekali.
  • Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan hanya 13% orang yang menyukai pekerjaan mereka dan 80% tidak dalam pekerjaan impian mereka, sedangkan 44% pasrah dan berpikir mereka tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan impian mereka
  • 80% orang tidak menyukai pekerjaan mereka, dan 80% orang bekerja karena tuntutan gaji bukan karena tuntutan hati.
  • Mereka mungkin belum mengerti bahwa ketika melakukan sesuatu dari hati, maka uang pasti akan mengikuti.
  • Jika melakukan sesuatu hanya karena gaji, suatu saat mereka pasti akan menyesalinya.
  • Lakukanlah semua itu dari hati, kerja keras dalam menggapai mimpi, maka anda pasti bisa melompat jauh lebih tinggi.
Semoga ide bisnis kuliner untuk foodpreneur dan juga motivasi dalam membangun bisnis bisa memberi semangat luar biasa untuk anda. Dan anda bisa meraih sukses bisnis kuliner. Terima kasih.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel