Menjadi Kaya dengan Aset

Banyak cara untuk sukses dan tentunya setiap orang memiliki cara tersendiri dalam memahami makna sukses. Mungkin bagi seorang karyawan, maka sukses bisa dalam hal naiknya jabatan atau meningkatnya jenjang karir. Bagi seorang pengusaha tentunya bisa dengan meningkatnya bisnis yang digelutinya, dan banyak lagi cara dalam memaknai sukses, karena setiap orang memiliki sukses yang berbeda. Namun bagi seorang yang fokus dengan sukses dari sebuah investasi yang dimilikinya, maka menjadi kaya dengan aset menjadi hal yang penting. Dalam kenyataannya masih banyak orang yang belum memahami tentang jenis-jenis aset yang bisa menghasilkan, apalagi menguntungkan dan bisa menghidupi kehidupan sehari-hari.

Salah satu cara menjadi kaya adalah dengan memiliki aset, namun untuk dapat mendapatkan hasil dari aset, kita harus memiliki ilmu dan memhami cara mendapatkan hasil dari aset ini. Salah satunya dengan melakukan investasi dengan benar. Pada kenyataannya, banyak sekali yang menyalah artikan investasi yang harus dilakukan, salah satunya menyamakan investasi dengan trading, yang tentunya konsep dan caranya berbeda.

Menjadi Kaya dengan Aset
Sumber gambar: pixabay.com

1. Memahami Konsep Aset

Masih ingatkah anda dengan Robert T. Kiyosaki, seorang investor kelas dunia yang memiliki banyak aset di seluruh dunia, dan memiliki passive income dari asset yang dimilikinya, tanpa harus bekerja. Istilahnya menjadikan uang bekerja untuknya meskipun sedang tidur. Dan aset menurut Robert T. Kiyosaki adalah segala sesutu yang membuat uang masuk ke saku anda tiada henti.

Namun, yang sering terjadi adalah kebanyakan orang-orang hanya berangan-angan untuk bisa melakukan investasi yang harus dilakukan, dan lebih cenderng menghabiskan dana yang dimilikinya tanpa sedikitpun menyisihkan dana untuk investasi. Padahal dengan menyisihkan sedikit dana untuk investasi, hal ini sangat berarti bagi anda, karena kita tidak tahu apa yang terjadi di masa datang. Mungkin saat ini anda masih memiliki stamina yang bagus, namun saat anda harus pensiun, ketika anda sudah tidak memiliki sumber lagi, hal ini akan menjadi masalah.
Baca Juga:
Untuk bisa melakukan investasi terbaik anda harus bisa memahami konsep aset yang benar, sehingga saat anda sudah mulai mengumpulkannya anda mengerti mana aset yang bisa menghasilkan, dan mana aset yang harus diutamakan, antara lain:
  • Aset Lancar. Aset ini memiliki sifat yang mudah dicairkan, dalam fungsinya digunakan untuk kebutuhan harian, tabungan dan juga dana darurat. Contoh dari aset lancar ini antara lain dana cash, dana yang ada dalam rekening tabungan, reksadana pasar uang dan juga logam mulia.
  • Aset Investasi. Aset ini memiliki sifat memberikan penghasilan, baik berupa capital gain atau juga cash flow.  Contoh dari aset investasi antara lain saham, properti yang disewakan, dan juga memiliki surat utang negara.
  • Aset Guna. Aset dalam kategori ini memiliki sifat tidak bisa menghasilkan. Guna memiliki aset ini adalah untuk kebutuhan pribadi. Contohnya adalah rumah tempat tinggal anda dan juga kendaraan pribadi.

Menjadi Kaya dengan Aset
Sumber gambar: Instagram @gatherich
Jadi, anda sudah tahu mana aset yang bisa menghasilkan, tentunya dengan mengetahui kriteria aset tersebut di atas, anda sudah bisa mempersiapkan mana yang harus dibeli, apalagi kalau anda menginginkan menjadi kaya seperti Robert T. Kiyosaki.

2. Menjadi Kaya Dengan Aset Sendiri

Berbeda dengan uraian di atas yang menunjukkan tentang jenis aset yang bisa anda kumpulkan, apalagi yang bisa membuat anda memiliki passive income. Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa memiliki passive income. Minimal apa yang dilakukan adalah bisa membuat kaya diri sendiri, antara lain:
  • Mendengarkan podcast yang berfaedah.
  • Membeli buku.
  • Mengikuti seminar investasi.
  • Membeli saham.
  • Follow akun bisnis.
Hak tersebut di atas adalah cara mudah dan sederhana untuk menjadi kaya, meskipun hanya sekedar contoh, namun anda bisa mengembangkannya menjadi beberapa tindakan yang sesuai menurut anda.
Untuk perbandingannya anda bisa melihat gambar dibawah ini, yaitu bagaimana membuat kaya untuk diri sendiri dan bagaimana membuat kaya untuk orang laian, sebagai berikut:

Menjadi Kaya Dengan Aset Sendiri
Sumber gambar: Instagram @motivation.pebisnis
Tentunya menjadi kaya dengan asset menjadi hal yang penting bagi kita sekarang, apalagi konsep yang ingin dicapai adalah agar anda bisa mendapatkan uang dan menjadi kaya meskipun sambil tidur.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel