Jangan Mau Bekerja Seumur Hidup

Ada banyak cara yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan uang, salah satunya adalah bekerja. Bekerja pun terdapat dua cara, yaitu menjadi seorang karyawan yang bekerja untuk orang lain atau memiliki bisnis sendiri dan mempekerjakan orang lain untuk bekerja padanya. Namun kebanyakan yang terjadi disini adalah menjadi seorang karyawan, namun yang menjadi pertanyaan adalah sampai kapan anda harus menjadi seorang karyawan?. Dan sampai kapan anda kuat menjadi seorang karyawan?. Pasti semua itu ada batas waktunya, maksimal anda harus pensiun di umur 56 tahun. Untuk itu jangan mau bekerja seumur hidup, anda harus mulai berpikir bagaimana caranya agar anda bisa mendapatkan uang saat tidur, yang tidak terpengaruh kondisi apa pun.

Tidak ada cara lain, selain anda harus mulai memiliki ide agar uang bekerja untuk anda. Yang menjadi masalah saat ini adalah anda dan semua yang masih bekerja adalah masih terlena dengan kondisi saat ini, dan lupa untuk mempersiapkan kondisi yang akan datang. Pernahkah anda berbicara dengan orang-orang yang dulunya berprofesi menjadi seorang karyawan dan pensiun, berapakah uang pensiun yang didapatkannya, kalau dia dulu menjadi seorang PNS. Atau orang yang dulu menjadi karyawan swasta berapa dana pensiun yang telah didapatkannya?.

Tentunya bagi kita yang masih memiliki kesempatan untuk memulai suatu bidang yang diharapkan bisa menjadi sebuah passive incone, saat inilah kesempatan yang bisa diambil, memang tidak mudah dan membutuhkan sebuah proses, namun tidak ada kata terlambat untuk memulai, sebelum kita menyesal nantinya.

1. Mau Sampai Kapan Harus Hidup & Bekerja Dengan Kondisi Yang Tidak Anda Inginkan

Bekerja memang menjadi suatu kebutuhan, apalagi bekerja yang bisa menghasilkan uang dengan cepat. Tentunya zona nyaman yang anda rasakan sekarang ini bisa menjadikan anda lupa untuk tidak mempersiapkan kondisi yang tidak bisa anda prediksi. Terdapat banyak hal, sehingga anda harus mempersiapkan untuk memulai membuat usaha atau memulai usaha yang bisa anda  miliki dengan fokus, nantinya hanya memantau usaha milik anda. Namun harapan ini tidak akan terlaksana bila anda tidak memulainya dari sekarang.

Jangan Mau Bekerja Seumur Hidup
Sumber gambar: pixabay.com
Terdapat beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan, kenapa anda harus memulai sebuah usaha, meskipun anda masih bekerja. Mengutip apa yang disampaikan buildwithangga.com, anda harus memulai sebuah tindakan bila kondisi anda sebagai berikut:
  • Berangkat ke kantor dari pagi dan pulang sore atau malam hari.
  • Tempat kerja yang kubikel atau berbentuk kotak dan juga terlihat seperti penjara.
  • Hanya memiliki sedikit waktu bersama keluarga atau tidak memiliki waktu untuk berlibur.
  • Kondisi kantor yang tidak mendukung kemajuan karakter dan karir anda, misalnya saling menjatuhkan satu sama lain atau banyaknya penjilat kepada atasan.
Tentu kondisi tersebut menjadikan beban berat untuk anda, bekerja menjadi tidak nyaman, dan anda berkeja hanya sesuai tuntutan bukan karena passion, sungguh menjadi hal yang tidak baik bagi perkembangan psikologis anda.
Baca Juga: Menciptakan kesuksesan dengan optimisme.
Atau saat anda bekerja, anda dihadapkan pada empat pilihan, yaitu:
  • Gaji besar, lokasi kerja yang jauh.
  • Lokasi dekat, gaji yang tidak seberapa.
  • Gaji besar, lokasi dekat, tapi kerjaan yang tidak sesuai dengan passion.
  • Pekerjaan yang sesuai dengan passion, lokasi dekat, tapi gajinya kecil.
Jadi semua pilihan ditangan anda, tetap bekerja dengan kondisi tersebut atau anda bekerja keras sedikit demi sedikit mempersiapkan impian yang harus anda raih.

2. Resign Sebuah Pilihan

Tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk anda bila anda sudah mempersiapkan apa yang sudah anda impikan. Atau anda pelan-pelan membuat rencana, melaksanakan ide yang anda buat dengan melakukan beberapa persiapaan, sambil menjalankan usaha yang anda bangun, anda juga bisa sambil bekerja. Namun saya yakin suatu saat anda harus memilih, usaha anda yang harus anda kembangkan atau memilih profesi sabagai karyawan, meskipun anda sudah menduduki jabatan tinggi.
Baca Juga: Biarkan sukses yang berbicara & tetaplah bekerja keras dalam diam.
Dan ketika waktu tersebut tiba, resign mungkin menjadi sebuah pilihan terbaik, dan yang utama jangan takut untuk resign, dan terdapat beberapa hal yang bisa anda tanamkan dalam diri anda saat akan resign:
  • Jangan takut akan mengecewakan pimpinan atau si bos.
  • Jangan pernah takut kehilangan teman-teman kantor.
  • Jangan pernah takut memulai kehidupan baru atau karir baru sebagai entrepreneur atau investopreneur.
Yang perlu anda camkan disini adalah anda berhak mendapat kesempatan yang lebih baik di kesempatan baru. Memang mempersiapkan prinsip untuk bisa mendapatkan uang sambil tidur tidak bisa didapatkan dengan mudah, namun minimal anda harus melakukan lebih dini.

3. Yakin Sudah Tua Masih Kerja?

Sub judul ini sangat menarik saya, untuk menulis banyak hal terutama mempersiapkan diri agar bisa mendapatkan passive income atau mulai mempersiapkan diri sekuat tenaga, mumpung fisik masih kuat, otak masih siap untuk berpikir. Maka jangan sampai ada rasa malas, dan kalau anda bertanya pada diri masing-masing, yakin sudah tua masih mau kerja?. Hal ini yang memberikan semangat ketika timbul rasa malas.
Baca Juga: Balas dendam terbaik adalah dengan sukses yang masif.
Sedikit mengambil apa yang disampaikan Warren Buffet, “Orang yang bisa menikmati masa tuanya tanpa kekurangan secara finansial adalah orang yang dulu dimasa muda bekerja keras dan gigih”.

Hal yang sama juga disampaikan Tung Desem Waringin atau lebih dikenal dengan “Pak Tung” dalam salah satu twitnya, “Apakah orang yang tidak menyisihkan income atau pendapatanya untuk investasi mereka menyesal?. Tidak. Mereka tidak menyesal, mereka hanya menderita di hari tua”.
Jadi persiapkan sejak dini, apalagi kalau anda memimpikan uanglah yang harus bekerja untuk anda, apalagi uang tersebut terus bekerja untuk anda meskipun anda sedang tidur.

4. Passive Income, Sebuah Pilihan Uang Bekerja Untukmu 

Seperti yang disampaiakn di awal artikel ini, banyak cara untuk mendapatkan uang, dari bekeRja sebagai karyawan, bekerja sendiri, sampai memiliki Usaha sendiri (business owner). Dan diantarA cara terbaik bila anda menginginkan sesuatu hal yang utama, dan tentunya sama dengan harapan saya, yaitu menjadi seorang investor. Cara ini memang agak berat dan menjadi sebuah pilihan yang susah, karena anda harus menginvestasikan uang atau dana milik anda ke berbagai bentuk investasi, sehingga uang bekerja dan berkembang untukmu.

Jangan Mau Bekerja Seumur Hidup
Sumber gambar: Instagram @pinterpreneur
Diperlukan sebuah teknik tersendiri yang harus anda pahamai dan pelajari, karenaitu  dibutuhkan ilmu yang harus dimiliki. Tentunya semua itu membutuhkan proses, tidak bisa sekaligus jadi. Dan yang pasti ini bukan trading, tetapi dengan benar-benar menempatkan uang anda dengan terukur untuk mendapatkan hasil yang menjadikan diri anda tenang.

5. Tips Agar Menghasilkan Uang Saat Tidur ala Warren Buffet

Tidak ada cara yang pas untuk menghasilkan uang sendiri, namun anda bisa mempelajari dari orang sukses yang telah berhasil dan menjadi kaya dengan teknik dan cara yang dimilikinya. Seperti yang disampaikan Warren Buffet, “Jika kamu tidak menemukan cara untuk menghasilkan uang saat kamu tidur, maka kamu akan bekerja seumur hidupmu!”. Masih mau bekerja seumur hidup?.

Warren Buffet sendiri memberikan tips yang bisa dilakukan agar bisa menghasilkan uang saat anda tidur, setelah anda mempersiapkan dana yang anda miliki, antara lain:
  • Lunasilah semua hutangmu.
  • Bangun bisnis yang autopilot.
  • Investasi di saham.
  • Investasi di side hustle
  • Beli properti kemudian sewakan.
Jadi jangan mau bekerja seumur hidup, carilah cara agar uang bekerja untuk anda, dan cari cara agar bisa menghasilkan uang di saat anda sedang tiur, itu yang menjadi pekerjaan rumah kita semua, termasuk anda. Salam sukses.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel