Kisah Sukses Chandra Putra Negara

Semua orang ingin sukses. Namun tidak banyak yang tahu bagaimana caranya mengejar kesuksesan. Sebenarnya banyak sekali cerita inspiratif yang memberikan kita semangat untuk mengejar kesuksesan itu, namun cerita tinggal cerita, ketika tahu bahwa ternyata untuk mengejar kesuksesan dibutuhkan pengorbanan yang banyak. Salah satu kisah sukses yang saat ini begitu banyak didengar dan juga menginspirasi saya untuk mengejar sukses adalah kisah sukses Chandra Putra Negara, seorang pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol, dan saat ini juga menjadi content creator, motivator juga Youtuber. Sangat menarik sekali.

Di antara berbagai cerita orang kaya sukses, maka cerita kisah sukses pengusaha muda yang dulunya mengawali suksesnya disebuah usaha direct selling dan juga MLM, menjadikan kisah hebatnya menginspirasi banyak anak muda untuk tetap semangat mengejar mimpinya. Apalagi dengan channel Youtube “SB30” atau”Success Before 30”, yang saat ini menjadi channel youtube favorit anak muda yang ingin mengejar sukses.

Sebagai seorang pengusaha muda yang senang memotivasi, yang mampu memotivasi anak muda Indonesia untuk meraih sukses semuda mungkin, menjadikan Chandra Putra Negara, lebih dikenal sebagai seorang motivator dibanding sebagai seorang pengusaha. Gaya memotivasinya yang luwes selalu bersemangat menjadikan Chandra Putra Negara menjadi motivator favorit anak muda.

Kisah Sukses Chandra Putra Negara
Sumber gambar: Instagram @chandraputranegara

1. Sukses adalah Perjuangan dan Keuletan Mengejar Mimpi
Bukan seorang Chandra namanya bila tidak memberikan motivasi maju bagi anak muda. Di Channel Youtube-nya memang Chandra lebih banyak memberikan kisah sukses, tidak sekedar kata motivasi biasa, mulai dari jatuh bangun dalam membangun bisnis, tips dalam membangun bisnis yang sukses, sampai tips mengelola keuangan. Lahir di Surabaya pada tanggal 21 Desember 1976, bungsu dari lima bersaudara adalah anak yang dilahirkan dari kelurga olahragawan. Hal ini menjadikan dirinya dan saudaranya sangat senang berolahraga.

Bila anda mengatakan kehidupan Chandra mulus-mulus saja, maka tebakan anda salah, sejak mulai dari sekolah, Chandra kecil sering menjadi korban bullying. Ketidak PD-annya menjadikan dirinya tertarik untuk mengikuti olahraga Taekwondo, dan karena ketekunannya, Chandra juga menjuarai berbagai kejuaraan Taekwondo, pada Kejurda se-Jatim pada tahun 1994 dan mendapatkan medali perunggu, begitu pula saat Kejuaraan Se-Jabodetabek tahun 1995, Chandra masih mendapatkan perunggu, namun pada Kejurda Provinsi Jatim pada tahun 2000 Chandra meraih juara satu.
Baca Juga:
Kehidupan memang penuh liku-liku, begitu pula dengan kehidupan Chandra. Karena usaha sang ayah yang mengalami permasalahan, maka semasa kuliah di Universitas Surabaya (Ubaya) sekitar tahun 1994, untuk meringankan beban orang tuanya, Chandra memutuskan untuk menjadi guru les privat untuk mendapatkan uang tambahan.

Perabahan menjadi kata yang sangat penting dalam diri Chandra, adanya peluang tentang bisnis MLM (Multi Level Marketing), akhirnya Chandra Putra Negara berkenalan dengan Bentek Hijani, seorang Crown Star Director( CSD) KK Indonesia. Saat itu CSD adalah posisi tertinggi dalam karir MLM KK Indonesia.

Bukan seorang pemenang dan seorang sukses kalau tidak menghadapi segala ujian. Begitu pula dengan Chandra yang pernah dan sempat mengalami masa-msa sulit, saat menginjak usia 22 tahun, ketika ibunya mulai sakit-sakitan dan usaha ayahnya yang bangkrut. Saat itu masa dimana Chandra mulai berkarir di dunia MLM, sehingga Chandra harus mengatur waktunya, harus fokus dengan pekerjaannya dan juga menjaga ibunya di rumah sakit.

Ujian terberat yang dihadapinya adalah saat ibunya meninggal. Dan dalam kondisi terpuruk tersebut, ibunya juga masih meninggalkan hutang sebesar Rp. 400 juta, dan yang menyedihkan usaha ayahnya yang bangkrut menambah ujian Chandra dalam mengejar sukses.

2. Sukses Bisnis Chandra Putra Negara 

Sukses tidak pernah datang dengan instant, atau istilahnya “success is never instant”, hal ini berlaku pula dengan Chandra Putra Negara. Perlahan namun pasti, akhirnya Chandra kembali menekuni bisnis MLM, dan kerja kerasnya menekuni MLM di KK Indonesia tidak sia-sia, akhirnya mimpinya terbayar dengan menjadi Diamond Star Director setelah 31 hari kepergian ibunya. Bahkan 10 bulan kemudian Chandra Putra Negara mencapai jenjang karir tertinggi sebagai Crown Star Director pada bulan Juli 2000. Dan yang menarik, kerja kerasnya selain membawanya pada jenjang karir tertinggi, juga mampu melunasi semua hutang ibunya dalam jangka waktu 3,5 tahun.

Kisah menarik, termasuk jatuh bangun merintis bisnis dan juga proses yang harus dihadapinya dituliskannya dalam buku motivasi yang mengisahkan hidupnya dengan judul “Badai Pasti Berlalu”. Semoga kisah sukses Chandra Putra Negara ini bisa menginspirasi anda untuk tetap bersemangat, sabar menikmati proses dan tetap optimis, berjuang dan bekerja keras.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel