Jack Ma dan Pelajaran Bisnis Hebat Dibalik Alibaba

Siapa yang tidak ingin sukses?. Pasti semuanya ingin sukses dan berhasil dibidang yang diimpikannya. Semua memang membutuhkan proses, dan tidak ada yang berhasil dalam sehari semalam. Bahkan orang terkaya dunia pun harus menjalani proses yang begitu panjang. Jack Ma adalah salah satunya. From zero to hero menjadi sebuah ungkapan yang pas untuk menyebut keberhasilannya, bahkan Jack Ma dan pelajaran bisnis hebat dibalik Alibaba yang dibangunnya telah menginspirasi banyak orang untuk tetap semangat dalam menghadapi proses bisnis yang harus dilalui.

Tidak mudah dalam menjalani proses bisnis, namun kesabaran dan keuletan Jack Ma dalam menjalani hidup, sepertinya perlu kita tiru. Sebelum menjadi orang terkaya dan nomor satu di China, siapa yang menyangka, kalau dulunya Jack Ma hanyalah seorang guru Bahasa Inggris. Bahkan sebelum menjadi guru, Jack Ma pernah mendaftar dan melamar pekerjaan namun selalu ditolak, pernah melamar pekerjaan sebagai karyawan KFC juga ditolak. Dan tidak hanya KFC, sudah ada 30 perusahaan yang dilamarnya, namun semuanya menolaknya.

Jack Ma dan Pelajaran Bisnis Hebat Dibalik Alibaba
Jack Ma (Sumber gambar: hollywoodreporter.com)

1. Jack Ma Alibaba

Berbicara tentag Jack Ma, tentunya menjadi menarik untuk dibahas, lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China tanggal 15 Oktober 1964. Jack Ma sendiri dilahirkan dalam lingkungan yang sederhana. Bahkan tidak hanya cerita dalam melamar pekerjaan yang menolak lamaran kerjanya. Jack Ma kecil juga sering mengalami penolakan saat mulai masuk sekolah dasar, karena nilai ujian matematika yang jelek. Namun Jack Ma tetap bertahan dan berusaha menjalani proses. Bahkan mulai usai 12 tahun sampai 20 tahun, Jack Ma dengan mengayuh sepedanya berangkat ke hotel agar bisa belajar bahasa Inggris.

Dengan berjalannya waktu, dan karena lingkungan tempat Jack Ma bergaul dengan para turis mulai merubah cara pandangnya. Dan pada tahun 1995, Ma mulai belajar menggunakan internet. Berbekal rasa penasaran karena yang dicari tidak ditemukan diinternet, Jack Ma, akhirnya berusaha menciptakan website untuk jasa terjemahan bahasa China.

Website ini menjadi awal berdirinya Alibaba Group. Dan saat ini Alibaba menjadi retail online terbesar di China, dan nomor dua dunia setelah Wallmart. Tanpa memiliki pengalaman di bidang teknologi dan komputer, pada akhirnya Jack Ma mampu menjadi pendiri retailer terbesar di China, bahkan menjadi seorang miliarder kaya dunia.

2. Jack Ma adalah Sebuah Contoh Model Bisnis yang Berhasil

Kekuatan dan semangat Jack Ma, menjadikan orang-orang yang tidak memiliki pengalaman berusaha untuk bangkit dan belajar untuk bisa sukses. Bahkan semangat Jack Ma saat berkunjung ke Silicon Valley dan menemukan semangat juangnya kembali memberikan efek yang luar biasa bagi para pengusaha pemula lainnya.

Baca Juga:
  • Sukses bisnis ala Jaya Setiabudi.

Agustus 2014, sepertinya menjadi langkah awal Jack Ma menjadi miliarder dunia, dengan proses IPO di bursa saham New York menjadikan Jack Ma menjadi salah seorang terkaya dunia, dan kekayaanya bertambah menjadi US$ 26,5 miliar.

3. Jack Ma dan Pelajaran Hidup Terhebat yang Menginspirasi

Sebagai seorang pengusaha dan juga miliarder dunia, hal yang mengejutkan adalah saat Jack Ma memutuskan mundur dari Alibaba, bertepatan dengan hari ulang tahunnya pada tanggal 10 September 2019. Namun yang menarik adalah pelajaran hidup terhebat dan juga pelajaran dalam bisnis, yang patut kita teladani, antara lain:
  • Kami 18 orang pendiri Alibaba, tak satupun lulusan universitas hebat dan tak pernah bekerja di perusahaan raksasa. Kuncinya adalah “Cobalah, dan Jangan Meneyrah!”.
  • Jika Kamu tidak terbiasa dengan kegagalan, sama seperti petinju, kamu tidak terbiasa menghajar balik. Bagaimana kamu bisa menang?.
  • Aset terbaik yang kamu punya adalah Kamu masih muda. Nikmati saja kegagalan di masa muda, karena itu adalah proses puncak kesuksesan di masa tua.
  • Jangan bersaing di Harga. Bersainglah ...di “Layanan dan Inovasi”.
  • Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan kamu ingin menangkap satu, fokus pada satu saja. Sama halnya dalam bisnis, “Fokuslah satu per satu”.
  • Saya mencoba untuk membuat diri saya bahagia, karena saya tahu bahwa jika saya tidak bahagia, rekan, pemegang saham, dan pelanggan saya, tidak akan Bahagia.
  • Jika kamu tidak belajar untuk bekerja sama dengan orang lain. Sepintar apapun kamu, Mimpimu tetap akan menjadi Mimpi.
  • Saya ditolak oleh KFC, Havard, 30 perusahaan, bahkan gagal bisnis 3x sebelum Alibaba. Tapi saya tidak menyerah. Karena Menyerah adalah kegagalan terbesar.
Semoga kisah hidup Jack Ma dan pelajaran bisnis hebat dibalik Alibaba, selalu bisa menginpirasi kita dan tetap teguh mengejar impian menuju kesuksesan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel