10 Top Kuliner Sumenep

Kuliner masih menjadi daya tarik bagi para pecinta kuliner. Tentunya banyak hal yang bisa diceritakan tentang kuliner, mulai dari kesenangan menikmati makanan, harus antri untuk membeli makanan kesukaan atau mendapatkan pengalaman baru tentang kuliner. Kali ini ide kuliner yang akan diangkat adalah sajian kuliner menarik yang ada di ujung timur Pulau Madura. Meskipun jauh, daerah ini memiliki berbagai wisata alam dan juga kuliner yang luar biasa banyak. 10 top kuliner Sumenep, sengaja diangkat pada bahasan topik kali ini, karena banyaknya pengalaman menarik di daerah ini.

Sumenep adalah sebuah kabupaten di Propinsi Jawa Timur, yang memiliki kekayaan pulau yang sangat banyak, bila dihitung bisa mencapai 126 gugusan pulau di Kabupaten Sumenep ini. Selain memiliki banyaknya pulau, Sumenep juga memiliki nilai sejarah tersendiri mulai dari hubungannya dengan Kerajaan Majapahit, sampai dengan masa penjajahan Belanda.  Selain berbagai wisata tersebut yang tidak kalah hebatnya adalah kekayaan wisata kuliner yang sangat banyak.

Kali ini informasi kuliner yang dipilih hanya sejumlah 10 kuliner saja, dikarenakan keterbatasan dalam membahas informasi kuliner ini. Informasi kuliner Sumenep ini berasal dari Gubernur Propinsi Jawa Timur, saat acara pelepasan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2019, dan juga disampaikan dalam pesona.id. Namun jangan salah, informasi ini masih sangat relevan dan bisa menjadi referensi saat anda ingin berwisata kuliner di Sumenep.

10 Top Kuliner Sumenep

Beriku 10 pilihan top kuliner Sumenep yang bisa anda lihat, sebagai berikut:
  1. Rumah Makan 17 Agustus.
  2. Waroeng Djati
  3. Slopeng Beach Resto.
  4. Kaldu Kikil Adnan.
  5. Cake Kartini.
  6. Man Nyaman.
  7. Palotan Pendeng.
  8. Amanis Resto.
  9. Soto Selingkuh.
  10. Sate 35 Bluto.

1. Rumah Makan 17 Agustus.

Ini dia salah satu tempat kuliner legendaris di Sumenep, yaitu Rumah Makan 17 Agustus, yang berada di Jalan Jendral Sudirman No. 34, Pajagalan, Sumenep. Di tempat makan ini, anda akan diberikan berbagai banyak pilihan kuliner enak. Namun diantara berbagai pilihan kuliner, yang menarik adalah sajian rawon khas Rumah Makan 17 Agustus. Rawon ini diracik tanpa menggunakan keluwek seperti sajian rawon di kota lainnya, yang menyebabkan warnanya tidak lagi hitam, namun warnanya bening kemerahan, dengan kuah yang encer, namun rasa rawonnya tidak hilang.

Rawon merah;Rumah Makan 17 Agustus.;10 Top Kuliner Sumenep
Rawon merah (Sumber gambar: pesonaindonesia.kompas.com)
Dalam satu mangkok rawon merah, sama halnya dengan rawon biasanya disajikan dengan daging dengan gajih (lemak) ditambah dengan kecambah, sambal dan juga kerupuk. Rasanya yang pedas dari cabai dan wangi karena diberikan daun bawang goreng.

2. Waroeng Djati.

Satu lagi tempat kuliner di Sumenep yang menawarkan sebuah restoran untuk keluarga yang menyajikan sajian kuliner heritage. Waroeng Djati adalah sebuah restoran yang berlokasi di Jalan Kartini No. 116, Kepanjin, Sumenep. Restoran menjadi salah satu pilihan tempat kuliner menarik yang harus anda kunjungi dan berada disebelah barat pertigaan Kepanjin. Tempat ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan tempat kuliner lain di Sumenep, dekorasinya didominasi material kayu jati dan warna hitam.

Waroeng Djati;10 Top Kuliner Sumenep
Waroeng Djati (Sumber gambar: kumparan.com)
Anda bisa memilih sajian kuliner yang sangat beraneka ragam, mulai sop buntut, nasi goreng, bebek goreng, rawon dan juga sebuah cake yang merupakan sajian khas tradisional Sumenep.

3. Slopeng Beach Resto.

Salah satu tempat wisata di Sumenep yang harus anda kunjungi adalah Slopeng Beach Resto, tempat kuliner ini berada di Pantai Slopeng, atau lebih tepatnya berada di Jalan Raya Ambunten No. 34, Trebung Ghetteng, Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, Sumenep. Pantai Slopeng memang sengaja dikembangkan agar bisa menarik minat wisatawan, baik dalam maupun luar negeri, salah satunya adalah dengan tempat kuliner ini. Makanan utama yang menjadi sajian utama adalah seafood dan soto sabrang atau soto singkong.

Slopeng Beach Resto;10 Top Kuliner Sumenep
Slopeng Beach Resto (Sumber gambar: netsyber.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Bangkalan.

Selain resto yang dikonsep menarik ini, para pengunjung bisa menikmati sajian kuliner khas Sumenep sambil menikmati keindahan pantai.

4. Kaldu Kikil Adnan.

Kuliner yang satu ini sepertinya harus ada dalam daftar wisata kuliner anda saat berkunjung ke Sumenep, “Kaldu Kikil Adnan”, lokasi tempat kuliner ini berada di gang kecil, yaitu di Jalan Dr. Wahidin No. 5 Lingkungan Delama, Pajagalan, Sumenep atau berada di sebelah selatan Taman Adipura Sumenep.

Kaldu Kikil Adnan;10 Top Kuliner Sumenep
Kaldu Kikil Adnan (Sumber gambar: travel.tempo.co)
Sesuai dengan namanya, maka kuliner kaldu kokot menjadi sajian utama di tempat kuliner Ibu Adnan ini, kaldu kokot adalah sup dengan kuah dari kokot (kokot yang dimaksud disini adalah kikil). Kuah kaldu ini dicampur dengan kacang hijau dan bumbu rempah dengan sambal petis dan kacang ulek. Di warung ini tersedia dua makanan istimewa yang bisa anda coba, yaitu soto kokot dan kaldu kokot. Kenikmatannya menjadikan para pecinta kuliner selalu singgah di tempat ini untuk menikmati sajian kuliner tersebut.

5. Cake Kartini.

Mencoba sajian kuliner di setiap daerah yang dikunjungi memang mengasyikkan, apalagi kuliner tersebut terhitung baru pertama kali mencoba. “Cake Kartini” sepertinya menjadi sajian kuliner yang bisa dicoba. Jangan salah, cake bukan berarti kue, namun membacanya dengan ejaan Bahasa Indonesia bukan Bahasa Inggris. Makanan ini sekilas seperti cap cay, terdapat aneka sayuran, bakwan, kekean dan jeroan ayam. Dan di atasnya sebagai toping terdapat emping atau melinjo goreng dan cakue yang dipotong kecil-kecil. Untuk saosnya dibuat khusus dari Rumah Makan Kartini.

Cake Kartini;10 Top Kuliner Sumenep
Cake Kartini (Sumber gambar: pulaumadura.com)
Sesuai dengan namanya maka Cake Kartini adalah sajian kuliner yang bisa anda dapatkan di Rumah Makan Kartini, yang khusus hanya menyediakan masakan tradisional Sumenep. Rumah Makan Kartini ini berada Jl. Diponegoro No.83, Pababangan, Bangselok, Kotasumenep, Kabupaten Sumenep.

6. Man Nyaman.

Man Nyaman, adalah sebuah rumah makan yang berada di Jalan Kartini, Komplek Pasar Sore, Pamolokan, Sumenep. Warung ini juga biasa disebut dengan Warung Bu Wiwik, yang menyediakan berbagai pilihan kuliner nikmat dan lezat. Menu yang menjadi favorit di tempat makan ini adalah nasi campur ayam japit.

nasi campur ayam japit;10 Top Kuliner Sumenep
Nasi campur ayam japit (Sumber gambar: googlempas/cahyaardie/) 

7. Palotan Pendeng.

Satu lagi jenis kuliner yang menjadi favorit di Sumenep dan harus anda coba, yaitu “Palotan Pendeng”. Palotan Pendeng adalah jenis kuliner atau makanan berbahan ketan yang disajikan dengan ikan laut pindang yang segar. Di atas palotan (ketan) tersebut ditaburi parutan kelapa, dan lebih enak bila ditambahkan sambal.

Palotan Pendeng;10 Top Kuliner Sumenep
Palotan Pendeng (Sumber gambar: gerbangmadura73.blogspot.com) 
Lokasi kuliner ini dapat anda temui di Pasar Jaba’an, Kecamatan Dasuk, Sumenep.

8. Amanish Resto.

Tempat kuliner yang satu ini menjadi sebuah tempat kuliner modern di Sumenep, masih berhubungan keluarga dengan Rumah Makan Kartini. Kuliner yang ditawarkan masih sama, yaitu kuliner tradisional khas Sumenep, yang membedakan hanya restonya yang lebih ditata dengan konsep kekinian.

Kuliner di Amanish Resto (Sumber gambar: genpi.co) 
Baca juga: 10 Top Kuliner Probolinggo.

Tempatnya yang simple mengusung konsep minimalis, sangat cocok untuk anda yang datang bersama keluarga dan pasangan. Lokasi tempat kuliner ini berada di Jalan KH. Wahid Hasyim No. 51, Pekalongan, Bangselok, Sumenep.

9. Soto Selingkuh.

Penasaran?. Pasti penasaran dengan jenis kuliner yang satu ini. Soto Selingkuh, adalah soto yang sangat berbeda dengan soto yang biasa dinikmati, soto selingkuh  disajikan ke dalam piring dengan ukuran setengah jumbo didalamnya terdapat mentimun, kangkung, bumbu kacang, lontong, singkong, babat sapi, baru ditambahkan kuah kental soto babat. Kenikmatan soto berasal dari  bumbu kacang yang digunakan, karena terbuat dari campuran kacang tanah yang dihaluskan dengan ditumbuk.

Soto Selingkuh;10 Top Kuliner Sumenep
Soto Selingkuh (Sumber gambar: ksmtour.com) 
Soto selingkuh dinamakan demikian karena soto ini ditambahkan dengan tambahan rujak kacang, warung soto selingkuh ini dapat anda temukan di Jalan Wahidin, Pejagalan, Sumenep.

10. Sate 35 Bluto.

Sebagai daerah  yang terkenal dengan sajian satenya, maka tidak salah kalau Sumenep memiliki sajian sate enak, yang disebut dengan Sate 35 Bluto. Sajian sate ini dapat anda temui di Warung Sate 35 Bluto yang berada di Jalan Raya Sumenep – Pamekasan, tepatnya dekat dengan Pasar Bluto.

Sate 35 Bluto;10 Top Kuliner Sumenep
Sate 35 Bluto (Sumber gambar: radarmadura.jawapos.com) 
Warung sate ini sudah ada sejak Jaman Jepang, dan pengelola warung ini adalah generasi keenam. Di warung sate ini terdapat tiga menu sate, yaitu sate kambing, sate sapi dan sate ayam. Yang menjadi favorit adalah sate kambing dan sate sapi.

Itu dia 10 top kuliner Sumenep, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin mencari referensi kuliner lezat di Sumenep. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel