10 Top Kuliner Bangkalan

Kuliner masih menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi para pecinta kuliner. Di antara berbagai daerah yang dikenal memiliki kuliner enak di Jawa Timur, salah satunya adalah dari Madura, mulai dari soto, sate bahkan bebek. Kuliner dari Madura memang bisa dikatakan memiliki ciri khas tersendiri dengan bumbunya yang gurih dan juga nikmat. Di setiap kota sepertinya banyak yang menyelipkan kata Madura di belakang sajian kulinernya, misalnya Sate Madura atau kuliner Madura. Dan bagaimana kalau kuliner yang dibahas adalah murni dari Bangkalan, Madura?. Tentuya akan sangat menarik. 10 top kuliner Bangkalan akan menyajikan sajian kuliner khas Madura yang akan membuka mata bahwa di Madura banyak sekali jenis kuliner dan tempat kuliner yang harus dikunjungi saat singgah ke Madura.

Bangkalan menjadi daerah pertama yang bisa anda datangi, kemudahan menuju Madura saat ini tidak akan menjadi halangan bagi anda yang ingin menikmati wisata dan wisata kuliner di Bangkalan, apalagi setelah ada Jembatan Suramadu, yang mempersingkat waktu tempuh. Bangkalan saat ini menjadi memiliki wisata kuliner yang bisa mengobati rasa penasaran akan kuliner khas Madura.

Bangkalan sendiri adalah sebuah kabupaten yang berada di ujung paling barat Pulau Madura, dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa disebelah utara, dengan Sampang di sebelah timur dan juga Selat Madura di sebelah selatan dan sebelah barat. 10 top kuliner Bangkalan ini didapatkan dari informasi Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik gratis yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 kemarin, dan juga disampaikan di pesona.id. Namun informasi ini masih sangat relevan untuk dijadikan referensi kuliner saat anda menikmati kunjungan wisata ke Madura.

10 Top Kuliner Bangkalan

Beriku top kuliner Bangkalan yang bisa dijadikan referensi saat anda singgah di Bangkalan, Madura, sebagai berikut:
  1. Bebek Ole Olang.
  2. Rumah Makan Amboina.
  3. Rumah Makan Budi Luhur atau Nya Letek.
  4. Bebek Sinjay.
  5. Rumah Maka Tera’ Bulan.
  6. Bebek Songkem Pak Salim.
  7. Bebek Terongan.
  8. Bebek RiskY.
  9. Warung Matus Seafood.
  10. Madurasa Seafood.

1. Bebek Ole Olang.

Bangkalan sebagai salah satu daerah di Madura sangat terkenal dengan kuliner bebeknya, dan Bebek Ole Olang, sepertinya harus anda coba. Sajian bebek di tempat kuliner ini berbeda dengan sajian bebek di kota lain, hal ini disebabkan rasanya yang sangat pedas, membuat rasanya yang cetar terasa sampai di mulut dan tidak bau amis. Rasa bebeknya memiliki ciri khas yaitu adanya rasa pedas, gurih yang menyatu dalam sajian daging bebek.

Bebek Ole Olang;10 Top Kuliner Bangkalan
Bebek Ole Olang (Sumber gambar: wisatamadura.or.id)
Sajian kuliner bebek belum lengkap kalau dinikmati tanpa sambal. Di tempat kuliner ini juga disediakan sambal pencit yang terbuat dari mangga muda, sambal manis yang merupakan perpaduan tomat, kecap dan sedikit terasi. Bebek Ole Olang ini berada di Jalan Raya Ketengan Km. 3 Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Tempat kuliner ini menjadi salah satu kuliner bebek nikmat yang harus ada dalam daftar referensi kuliner anda.

2. Rumah Makan Amboina.

Rumah Makan Amboina adalah salah satu tempat kuliner legendaris yang ada di Bangkalan yang sudah ada sejak tahn 1965. Tempat kuliner ini berada di Jalan Sultan Abdul Kadirun No. 8 Bangkalan, Madura atau di depan Alun-alun Bangkalan. Tempat kuliner ini memiliki sajian utama yang sangat melegenda, yaitu nasi petis.

nasi petis;Rumah Makan Amboina.;10 Top Kuliner Bangkalan
Nasi petis (Sumber gambar: Instagram.com/kuliner.bkl)
Baca juga: 10 Top Kuliner Probolinggo.

Nasi petis adalah nasi campur yang disajikan dengan lauk dari bahan sapi, misalnya daging sapi, jerohan sapi dan juga telur rebus dan ditambah dengan kenimatan kuah kental. Yang menarik adalah nasi petis ini nasi yang tidak memiliki kandungan petis. Selain menyajikan nasi petis, rumah makan ini juga menyediakan berbagai pilihan menu lainnya, seperti nasi keringan, soto babat rawon dan bebrgaia pilihan kuliner lainnya.

3. Rumah Makan Budi Luhur atau Nya Letek.

Rumah Makan Budi Luhur atau Nya Letek ini berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 23A, Lebak, Pejagan, Bangkalan. Kuliner yang menjadi ciri khas di rumah makan ini adalah nasi campur dan nasi rawon.  Tempat kuliner ini sudah ada sejak tahun 1967.

nasi campur;Rumah Makan Budi Luhur atau Nya Letek;10 Top Kuliner Bangkalan
Nasi campur (Sumber gambar: tripadvisor.com)
Untuk nasi campur berisi "dheging manes” (daging manis atau daging yang digoreng manis), "kella pateh" yaitu kuah santan kental kaldu daging, soun, dan juga “tellor kellah kua pateh" yaitu telur rebus dengan saus.

4. Bebek Sinjay.

Kuliner bebek yang satu ini sudah memiliki cabang dimana-mana, bahkan di Surabaya memiliki cabang yang begitu banyak. Kalau sudah sampai di Bangkalan, belum afdhol kalau belum mencoba sensasi Bebek Sinjay di tempat asalnya. Bebek Sinjay ini berlokasi Jalan Raya Ketengan No. 45, Junok, Tunjung, Kecamatan Burneh, Bangkalan.

Bebek Sinjay;10 Top Kuliner Bangkalan
Bebek Sinjay (Sumber gambar: auzikni.wordpress.com)
Satu porsi bebek Sinjay, disajikan dengan bebek goreng yang enak dengan bumbu yang menyatu yang dilengkapi dengan sambal pencit atau sambal mangga muda. Tempat kuliner ini tidak pernah sepi pembeli, saat datang jangan kaget kalau anda harus antri untuk mendapatkan sajian bebek nikmat ini.


5. Rumah Maka Tera’ Bulan.

Satu lagi tempat kuliner yang harus anda coba, yaitu Rumah Maka Tera’ Bulan, yang berlokasi di Jalan Raya Ketengan Nomor 69, Burneh, Bangkalan. Rumah makan ini menyediakan berbagai macam jenis kuliner khas Madura.

Rumah Maka Tera’ Bulan;10 Top Kuliner Bangkalan
Rumah Maka Tera’ Bulan (Sumber gambar: ahmadramadlan.wordpress.com)
Terdapat 62 menu pilihan yang bisa anda pilih, dan sajian menu yang sering dipesan adalah bebek goreng, sate gurami dan Soto Madura. Untuk menu bebek terdapat dua menu yang selalu dipesan yaiu bebek kretep dan bebek bengal (bebek goreng yang dimasak dengan bumbu pedas).

6. Bebek Songkem Pak Salim.

Satu lagi pilihan kuliner bebek yang bisa menjadi piliha saat berkunjung ke Bangkalan, yaitu Bebek Songkem Pak Salim. Bebek songkem sendiri adalah kuliner asli Madura yang memiliki bentuk seperti orang yang sedang melakukan sungkem, karena pada bagian tangan dan kaki bebek diikat sehingga terlihat seperti sedang membungkuk.

Bebek Songkem Pak Salim;10 Top Kuliner Bangkalan
Bebek Songkem Pak Salim (Sumber gambar: kakaika.com)
Kuliner Bebek Pak Salim ini berada di Jalan Raya ketengan No. 85, Bangkalan, Madura. Untuk anda yang mengurangi kolesterol, anda harus memilih sajian kuliner bebek songkem daripada bebek goreng, karena bebek songkem diolah dengan cara dikukus dan dibungkus dengan daun pisang yang mengurangi kandungan lemak dan kolesterol dalam daging bebek.

7. Bebek Terongan.

Satu lagi sajian bebek yang harus dicoba, yaitu Bebek Terongan, sajian kuliner bebek ini berada di Jalan Kamal – Kalianget, Paterongan, Galis, Bangkalan. Sajian kuliner bebek gorengnya sangat nikmat, dalam satu porsi disajikan dengan nasi putih bersama bebek goreng dan jerohan, ditambah srundeng kelapa dan juga sambal.

Bebek Terongan;10 Top Kuliner Bangkalan
Bebek Terongan (Sumber gambar: tripadvisor.co.id)
Daging bebeknya yang empuk, ditambah dengan bumbunya yang meresap yang kaya rempah dengan rasa yang garing, menjadikan kuliner bebek terongan ini menjadi sangat nikmat.

8. Bebek Rizky.

Bangkalan memang menjadi surganya para pecinta kuliner bebek, salah satunya adalah Bebek Rizky, yang berlokasi di Jalan Raya Tangkel, Kecamatan Burneh, Bangkalan. Sesuai dengan namanya maka menu yang disajikan adalah menu bebek goreng, selain bebek, juga disajikan menu ayam goreng.

Bebek Rizky;10 Top Kuliner Bangkalan
Bebek Rizky (Sumber gambar: tripadvisor.co.id)
Baca juga: 10 Top Kuliner Surabaya.

Menu bebek goreng di tempat kuliner ini yang menjadi favorit, dengan menu bebek goreng yang empuk dan rasanya yang gurih ditambah dengan kenikmatan sambal pencit menjadikan rasa yang pas.

9. Warung Matus Seafood.

Tempat kuliner yang harus anda kunjungi adalah Warung Matus Seafood, yang berlokasi di Jalan Raya Sebilangan, Ujung Piring, Bangkalan. Sedangkan menu yang selalu dipilih pecinta kuliner Bangkalan adalah menu ikan bakar. Disebut Warug Matus, disebabkan nama asli pemilik warung ini adalah Ibu Matus.

Warung Matus Seafood;10 Top Kuliner Bangkalan
Warung Matus Seafood (Sumber gambar: google.com/maps/moh.syaifulanwar/)
Untuk pilihan ikan bakarnya sangat sedap dikarenakan ikan bakar yang dimasak adalah ikan bakar segar yang baru ditangkap oleh nelayan. Untuk sajian favorit adalah sajian ikan dorang bakar, yang memiliki rasa gurih dan nikmat, yang disajikan dengan sambal pencit dan juga kecap yang diberikan irisan bawang putih goreng kering.

10. Madurasa Seafood.

Satu lagi sajian seafood di Bangkalan yang bisa anda coba yaitu Madurasa Seafood yang berlokasi di Jalan Raya Ujung Piring, Bangkalan, Madura. Tempat kuliner ini adalah sebuah lesehan sea food, yang menyediakan banyak menu hidangan khas ikan bakar, seperti ikan kerapu, ikan kakap merah, udang windu, kepiting dan masih banyak pilihan menu yang bisa dipilih.

Madurasa Seafood;10 Top Kuliner Bangkalan
Madurasa Seafood (Sumber gambar: google.com/maps/aminuddinnurdiansyah/)
Itu dia 10 top kuliner Bangkalan yang bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati wisata kuliner di Bangkalan. Semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel