Catatan Entrepreneur Saat Berinvestasi

Banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa sukses, salah satunya adalah dengan menjadi entrepreneur. Memang benar menjadi seorang entrepreneur itu tidak mudah, diperlukan sebuah keberanian untuk mmulai, kesabaran dalam menunggu proses, juga tekad yang kuat dalam membangun bisnis. Tidak semua orang berani memulai untuk menjadi seorang entrepreneur, ada yang menjadi enreperenur karena keterpaksaan, sengaja ingin berbisnis dan tidak ingin menjadi karyawan lagi, atau memang memiliki darah keturunan seorang entrepreneur. Banyak sekali hal yang harus dilakukan bila anda ingin menjadi seorang entrepreneur, catatan entrepreneur saat berinvestasi, mencoba mengulas sedikit apa saja yang harus dilakukan dalam memulai dan membangun bisnis.

Sebagai seorang entrepreneur tentunya banyak hal yang harus diperhatikan, tidak hanya bagaimana bisa berjualan agar laris, namun juga tetap memperhatikan profit, juga mulai memperhatikan bagaimana caranya agar bisa mengembangkan bisnis yang telah dibangunnya. Karena lebih sulit membangun dan mempertahankan bisnis daripada memulai bisnis. Untuk itu diperlukan kekuatan dan tekad yang kuat untuk membangun bisnis yang memiliki pondasi kokoh.

Entrepreneur;Catatan Entrepreneur Saat Berinvestasi
Entrepreneur (Sumber gambar: pixabay.com)

1. Hal yang Harus Dilakukan Entrepreneur dalam Berinvestasi

Memiliki sebuah bisnis tidak semudah yang dibayangkan orang, banyak hal yang harus dilakukan, namun ini semua hanya faktor kebiasaan. Bagi anda yang sudah memulai dan membangun bisnis mungkin sudah paham bahwa bisnis adalah sebuah rangkaian proses, namun terdapat hal yang harus dilakukan seorang entrepreneur untuk berinventasi membangun binsis, antara lain:
  • Mengutamakan pendidikan, dengan sering membaca buku dan mengikuti kursus atau pelatihan yang bisa meningkatkan pengalaman.
  • Menambah perlengkapan kerja, baik dengan penambahan komputer atau berbagai tools yang diperlukan.
  • Melakukan marketing dengan tepat, khususnya melakuakn SEO (Search Engine Optimation) dan branding produk yang dimiliki.
  • Membentuk sebuah team yang kuat dan solid.
  • Berinvestasi pada real estate atau properti yang bisa menghasilkan pendapatan sampingan yang stabil.
Itu masih sebagaian cara yang bisa dilakukan seorang entrepreneur untuk berinvestasi agar bisnis yang dibangunnya bisa menjadi besar.

2. Motivasi Sukses Seorang Entreprenur

Banyak cara yang bisa dilakukan bila anda ingin sukses, apakah menjadi seorang entrepreneur atau ingin menjadi seorang miliarder, yaitu:
  • Berinvestasilah pada dirimu sendiri, paling sedikit 10% dari penghasilan yang diterima.
  • Investasikanlah minimal 80% dari waktumu untuk belajar.
  • Jangan bekerja untuk uang, namun bekerjalah untuk belajar.
  • Belajarlah untuk menciptakan sebuah nilai lebih.
  • Ubahlah motivasi dari mendapatkan menjadi memberi.
  • Jangan bergantung pada orang lain, mulailah mandiri untuk bisa meraih sukses.
  • Ciptakanlah strategi kerjasama yang saling menguntungkan untuk bisa mencapai 10x target.
  • Jadilah orang yang sangat hebat dalam marketing.,
  • Definisikanlan kekayaan dan sukses menurut dirimu sendiri.
Semua memiliki konsekwensi, sukses pun demikian diperlukan pengorbanan agar bisa mencapai harapan yang diinginkan.

3. Jangan Berutang untuk Modal Usaha

Mimpi indah menjadi kaya dengan cepat selalu membuat orang silau, sehingga berupaya dengan berbagai cara agar bisa mendapatkan modal, salah satunya dengan berhutang. Sangat tidak disarankan anda memulai usaha dengan berhutang, karena konsepnya adalah hutang, maka walaupun anda dalam keadaan merugi, anda harus tetap membayar cicilan per bulan yang pada akhirnya harus mengambil dari uang modal usaha, dan posisi keuangan menjadi semakin buruk.

Baca juga: Tips Meraih Kesuksesan.

Jadi jangan berutang untuk usaha yang baru dimulai, selain karena belum ada nilai positif dari sisi usaha, juga profit yang ada akan tergerus untuk mebayar bunga.

Banyak sekali contoh yang cash flownya rusak karena jatuh tenpo bank dan juga biaya operasional yang terlalu besar. Berani berbisnis memang harus bisa mengelola keuangan dengan benar, dan juga bisa menyeimbangkan penjualan, kas dan pengeluaran, apalagi bisnisnya sudah berbadan hukum yang harus siap kena PPN 10%.

4. Rahasia Sukses Orang Kaya

Kenyataan di bawah ini mungkin bisa menjadi pegangan untuk anda, untuk mulai berpikir dan mengatur ulang yang harus dilakukan, khususnya agar sukses, antara lain:
  • Orang miskin menabung di BCA, sedangkan orang kaya menabung saham BCA.
  • Orang miskisn mencicil apartemen yang belum jadi, sedangkan orang kaya mencicil kos-kosan yang sudah terisi penuh.
  • Orang miskin banyak mengeluh dan bekerja seadanya, sedangkan orang kaya lebih banyak bersyukur, banyak belajar dan terus kerja, kerja, dan kerja.
Itu dia perbedaan orang miskin dan orang kaya, yang bisa menjadi pedoman anda untuk memulai mengubah pola pandang anda dalam berinvestasi.

Semoga catatan enntrepreneur saat berinvestasi ini bisa memberikan saran untuk anda dalam membangun bisnis. Terima kasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel