10 Top Kuliner Magetan

Kuliner masih menjadi sebuah pilihan menarik untuk dinikmati, bahkan berbagai traveling yang sering dilakukan, selalu mengikutsertakan kuliner sebagai satu bagian yang tak terpisahkan. Salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata kuliner kita kali ini adalah Magetan. Magetan sendiri adalah sebuah kabupaten di Propinsi jawa Timur yang berbatasan dengan Propinsi Jawa Tengah. Letak Magetan yang berada di daerah pegunungan menjadikan daerah ini memiliki wisata alam yang menarik. Selain wisata alam, kuliner di Magetan memiliki ragam variasi yang banyak dan enak. Kali ini tidak semua kuliner ditampilkan, namun hanya “10 Top Kuliner Magetan”, yang sering dicari dan dari referensi pecinta kuliner yang ditampilkan dalam artikel ini.

Kuliner Jawa Timur memang memilki cita rasa yang enak dan lezat, dengan ciri khasnya yang kebanyakan gurih dan pedas. Namun berbeda dengan kuliner di Daerah Magetan dan sekitarnya yang memiliki cita rasa kuliner yang sedikit manis. Kebanyakan kuliner yang ada di Magetan adalah olahan kuliner tradisional dengan resep turun temurun yang menjadikan kuliner Magetan memiliki cita rasa yang khas.

Top kuliner Magetan ini pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur, saat diadakannya pelepasan Mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 kemarin dan juga terdapat dalam pesona.id. Namun karena masih relevan dengan perkembangan kuliner saat ini, maka informasi ini bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin singgah atau berwisata ke Magetan.

10 Top Kuliner Magetan

Berikut daftar top kuliner magetan, sebagai berikut:
  1. Ayam Panggang Gandu.
  2. Sate Kelinci Sarangan.
  3. Manisan Kulit Jeruk Pamelo.
  4. Nasi Pecel Bu Parti.
  5. Gethuk Pisang Diana & Peny.
  6. Kue Bolu & Jerangking.
  7. Sar Londho Candirejo.
  8. Rumah Makan Putra Nirwana.
  9. Resto Harmadha Magetan.
  10. Tepo Tahu Pegadaian.

1. Ayam Panggang Gandu.

Kuliner Ayam Panggung Gandu,  kuliner yang satu ini berada di Desa Gandu, Kecamatan Karangrejo, Magetan atau di Jalur Maospati – Ngawi, yang juga merupakan sentra ayam panggang di Magetan. Penjual ayam panggang disini sangat banyak dan berdampingan, namun jangan salah, penjual ayam panggang disini semua akur. Terdapat dua warung perintis ayam panggang nikmat di Gandu, yaitu Bu Suryani dan Bu Setu.

10 Top Kuliner Magetan;Ayam Panggung Gandu
Ayam Panggung Gandu (Sumber gambar: gushaironfadli.com)
Ayam panggang yang disajikan sangat enak dengan tampilan kekuningan dari bumbu kunyit dan rasanya gurih, membuat selera makan menjadi semakin bertambah. Bahan yang digunakan adalah ayam kampung yang dipanggang dengan menggunakan tungku dari tanah sehingga timbul aroma khas dan lezat.

2. Sate Kelinci Sarangan.

Sesuai namanya maka “Sate Kelinci Sarangan” adalah sajian kuliner yang terbuat dari daging kelinci dan berada di Telaga Sarangan, Magetan. Sate kelinci yang dijual di Telaga Sarangan memang terkenal gurih dan lezat. Sama halnya seperti sate lainnya,  sebelum disajikan, sate kelinci dibakar terlebih dahulu, kemudian diberikan bumbu kacang, baru disiram dengan kecap.

Sate Kelinci Sarangan;10 Top Kuliner Magetan
Sate Kelinci Sarangan (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Trenggalek.

Di Telaga Sarangan sangat banyak penjual sate kelinci, mulai dari pedagang kaki lima sampai dengan warung tenda. Dan harganya sangat murah. Sambil menikmati kelezatan sate kelinci, anda bisa menikmati pemandangan Telaga Sarangan yang indah.

3. Manisan Kulit Jeruk Pamelo.

Magetan saat ini juga memilki sajian kuliner khas yaitu “Manisan Kulit Jeruk Pamelo”, atau biasa disebut dengan manisan Kurmelo. Makanan ini memiliki rasa manis dan asam jeruk. Untuk mendapatkan sajian manisan ini anda bisa mendapatkannya di sentra kerajinan makanan di Desa Tambak Mas, Kecamatan Sukomoro, Magetan.

Manisan Kulit Jeruk Pamelo;10 Top Kuliner Magetan;
Manisan Kulit Jeruk Pamelo (Sumber gambar: makananoleholeh.com)

4. Nasi Pecel Bu Parti.

Salah satu warung legendaris dan wajib dikunjungi adalah “Nasi Pecel Bu Parti”. Tempat kuliner ini berada di Jalan Thamrin, Kauman, Magetan dan tidak begitu jauh dengan Alun-alun Kabupaten Magetan. Warung pecel ini sudah ada sejak tahun 1950, saat ini warung pecel ini dikelola anaknya yang merupakan generasi kedua dari Bu Parti.

Nasi Pecel Bu Parti;10 Top Kuliner Magetan
Nasi Pecel Bu Parti (Sumber gambar: taufik-tobar.blogspot.com)
Nasi pecel Bu Parti memiliki kekhasan tersendiri dengan lauk wader sebagai ciri khas dari Pecel Bu Parti. Selain nasi pecel juga disediakan kuliner lain antara lain, sayur lodeh, sayur bening dan juga sayur asem

5. Gethuk Pisang Diana & Peny.

Getuk pisang Diana adalah salah satu kuliner khas Magetan, berada di Jalan Timor No. 19. Tawanganom, Magetan. Gethuk ini adalah makanan khas Magetan, yang terbuat dari pisang yang telah dihaluskan kemudian dikukus, memiliki rasa yang enak dan harganya terjangkau, dalam 1 mika biasanya tersedia 3 macam gethuk, lengkap dengan parutan kelapanya.

Getuk pisang Diana;10 Top Kuliner Magetan
Getuk pisang Diana (Sumber gambar: daerahwisata.com)
Di tempat ini sambil menikmati getuk pisang, anda bisa menikmati es dawet yang segar. Selain getuk, juga terdapat sajian kue, misalnya ketan, lupis, cenil dan berbagai jajan pasar.

6. Kue Bolu & Jerangking.

Kue yang satu ini menjadi sajian kue oleh-oleh khas Magetan, untuk kue bolu memiliki bentuk bundar dan lonjong, rasanya enak dan empuk. Kue ini sangat mudah ditemukan di toko oleh-oleh di Magetan.

Kue Bolu;10 Top Kuliner Magetan
Kue Bolu (Sumber gambar: masakandapurku.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Tulungagung.

Kue Bolu khas Magetan adalan sajian kue yang terbuat dari telur dan tepung terigu, rasanya yang manis dan juga terdapat sensasi rempah seperti jahe akan terasa saat anda mulai menikmati makanan ini. Usaha kue bolu yang merupakan usaha rumahan ini berada di Desa Nitikan, Plaosan, Magetan.

Jerangking;10 Top Kuliner Magetan
Jerangking (Sumber gambar: deskgram.org)
Jerangking adalah salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa pulang, yaitu kerupuk yang terbuat dari beras ketan, dan diolah dengan cara dipanggang sehingga bentuknya agak merah dan terlihat gosong, dengan rasanya yang gurih.

7. Sar Londho Candirejo.

Sar Londo adalah singkatan dari Pasar Londho atau Pasar Belanda yang dilatar belakangi untuk meningkatkan ekonomi warga dan melestarikan kuliner tradisonal. Lokasinya berada di Jalur Magetan – Sarangan. Sesuai namanya, lokasi tempat ini berada di lapangan Desa Candi Rejo, Magetan. Di tempat ini anda akan menemukan kuliner tradisional khas Magetan, seperti nasi menok, nasi pecel dan berbagai sajian kuliner lainnya. Selain itu juga disediakan jajanan, seperti getuk, cenil, lupis dan berbagai jajanan tradisional lainnya.

Sar Londo Candirejo;10 Top Kuliner Magetan
Sar Londo Candirejo (Sumber gambar: tripjalanjalan.com)
Untuk nasi menok adalah nasi yang dimasak dengan menggunakan santan, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dengan lauk botok atau lentho.

8. Rumah Makan Putra Nirwana.

Rumah Makan Putra Nirwana adalah sebuah rumah makan dan pusat oleh-oleh khas Magetan, yang berada di Jalan Raya Sarangan KM. 9 Plaosan, Magetan. Selain menyediakan berbagai sajian makanan khas Magetan, tempat ini juga menyewakan convention hall untuk kapasitas 600 orang.
Menu makanannya enak dan lezat, seperti ayam kecap panggang, sate ayam spesial, nasi goreng spesoal, soto babat spesial, dan berbagai jenis kuliner nikmat yang bisa anda nikmati di rumah makan ini.

Rumah Makan Putra Nirwana;10 Top Kuliner Magetan
Rumah Makan Putra Nirwana (Sumber gambar: putranirwana.com)

9. Resto Harmadha Magetan.

Sesuai namanya, maka Resto Harmadha Magetan adalah sebuah restoran yang menyediakan makanan cepat saji dengan menu khas Magetan yang nikmat. Tempat kuliner ini berada di Jalan Diponegoro No. 21 Nganten, Selosari, Magetan.

Resto Harmadha;10 Top Kuliner Magetan
Resto Harmadha (Sumber gambar: harmadha.business.site)

10. Tepo Tahu Pegadaian.

Dari sekian kuliner legendaris, maka Tepo Tahu menjadi salah satu kuliner yang wajib anda coba saat mengunjungi Magetan. Tepo tahu yang terkenal di Magetan adalah Tepo Tahu Pegadaian yang terletak di depan Pegadaian, Jalan Pahlawan, Magetan, yang lebih dikenal dengan Tepo Tahu Mbah Sudir. TepoTahu adalah sajian kuliner yang berasal dari lontong (beras yang dimasak dalam daun pisang), dengan bentuk prisma. Di Magetan, kuliner yang satu ini dijajakan saat malam hari. Yang membedakan dengan sajian kuliner tahu lontong, adalah bumbu tepo tahu dibuat dari kacang tanpa tambahan petis, sehingga terasa segar.

Tepo Tahu Pegadaian;10 Top Kuliner Magetan
Tepo Tahu Pegadaian (Sumber gambar: foursquare.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Kediri.

Dalam satu porsi tepo tahu disajikan dengan potongan tepo yang telah dipotong kecil-kecil, dan telur orak arik yang dicampur dengan potongan tempe dan tahu, baru kemudian disiram dengan bumbu, dan ditaburi bawang goreng, kacang goreng, daun seledri dan kecap manis.

Itu dia 10 Top Kuliner Magetan, semoga menjadi referensi saat anda mengunjungi Magetan, dan semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel