10 Top Kuliner Kediri

Satu lagi daerah di Jawa Timur yag memiliki banyak makanan khas, selain memiliki berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi, Kediri juga memiliki banyak tempat kuliner dan juga  kuliner legendaris yang sangat cocok untuk dikunjungi. Bahkan di antaranya banyak yang memberikan tips dan juga beberapa jenis 10 top kuliner Kediri yang layak untuk dicoba, tidak hanya itu saja, sampai saat ini, di Kediri masih terdapat kuliner yang harganya sangat murah, dan kualitasnya juga luar biasa, enak. Tak heran kalau Kediri memiliki julukan sebagai daerah dan juga surga kuliner murah dan enak di Jawa Timur.

Serbuan kuliner kekinian, sepertinya tidak menggoyahkan berbagai sajian kuliner tradisional yang sudah ada sejak lama. Selain kuliner tradisional ini sudah menjadi favorit warga Kediri, juga berbagai sajian tradisional Kediri sudah melegenda bagi para pecinta kuliner Indonesia. Sebenarnya banyak sekali jenis kuliner yang bisa dicoba, namun dalam artikel kuliner kali ini, dirangkum menjadi beberapa jenis kuliner, dan semoga bisa mewakili banyaknya jenis kuliner yang ada di Kediri.

Informasi kuliner ini sudah disampaikan Gubernur Jawa Timur, saat acara mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 yang juga dicantumkan dalam situs pesona.id, dan juga untuk memberikan gambaran bagi para pemudik yang ingin singgah di berbagai daerah yang dilewatinya. Namun, meskipun sudah disampaikan tahun lalu, gambaran kuliner ini masih relevan untuk dikunjungi, dan bisa menjadi referensi setelah wabah virus corona Covid-19 ini selesai.

10 Top Kuliner Kediri

Berikut 10 top Kuliner Kediri, yang bisa menjadi pilihan anda untuk menikmati sajian kuliner di Kediri, sebagai berikut:

10 Top Kuliner Kediri
Sumber gambar: pesona.id

1. Soto Ayam Depot Podjok

Kuliner ini adalah salah satu kuliner legendaris di Kota Kediri yang telah berdiri sejak tahun 1926. Soto Podjok berada di Jalan Dhoho 146, Setono Gedong, Kediri. Lokasinya sangat mudah dijangkau berada di sudut jalan antara Jalan Dhoho dan Jalan Monginsidi. Yang menarik, kondisi dalam depot  masih seperti suasana bangunan lama, baik dari berbagai arsitektur bangunan, dan juga dekorasi sangat menunjukkan bahwa warung soto ini sudah berdiri sangat lama.

Soto Ayam Podjok;10 Top Kuliner Kediri
Soto Ayam Podjok (Sumber gambar: daftarkulinerindonesia.com)
Sebagai tempat kuliner legendaris, maka sangat wajar bila pengunjungnya sangat banyak. Dalam satu porsi soto terdapat nasi putih, soto, daging ayam disuwir, dan juga kecambah, rasanya yang segar dan nikmat, membuat anda kangen kenikmatan soto ayam Podjok ini.

2. Nasi Pecel Sambal Tumpang

Sebagai salah satu kota yang menyimpan berbagai sajian kuliner legendaris, tentunya Kediri memiliki sajian kuliner yang selalu lekat di hati masyarakat, salah satunya adalah “Nasi Pecel Sambal Tumpang”. Kuliner nasi pecel ini memang berbeda, karena adanya tambahan sambal tumpang. Sambal tumpang adalah salah satu olahan sambal yang berasal dari olahan tempe, bumbu sambal tumpang terbuat dari tempe bosok (bosok dalam bahasa Jawa, berarti busuk), yang kemudian dicampur dengan cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, daun jeruk dan juga garam. Sambal tumpang menjadi nikmat saat disajikan bersama menu nasi pecel yang menjadi menu kuliner legendaris di Kediri.

Nasi Pecel Sambal Tumpang;10 Top Kuliner Kediri;
Nasi Pecel Sambal Tumpang (Sumber gambar: dapuranggi.id)
Baca juga: 10 Kuliner Kota Probolinggo.

Nasi pecel sambal tumpang enak dinikmati saat pagi hari, namun ada juga yang berjualan nasi pecel di malam hari. Anda bisa memilih sajian nasi pecel sambal tumpang yang banyak tersebar di Kota Kediri, antara lain Pecel Tumpang Bu Sholeh, Pecel Mbah Darmo, Pecel Tumpang Jalan Dhoho (banyak penjual yang berderet di Jalan Dhoho saat malam hari), dan masih banyak sajian kuliner nasi pecel sambal tumpang yang bisa anda nikmati di Kota Kediri.

3. Gethuk Pisang

Makanan yang satu ini adalah salah satu makanan oleh-oleh Khas Kediri, berbahan dari pisang, yang sangat disukai pecinta kuliner Kediri. Selain menjadi buah yang bermanfaat untuk tubuh, pisang menjadi salah satu olahan yang sangat disukai. Gethuk pisang menjadi makanan olahan khas Kediri yang memiliki rasa yang manis, sedikit asam, dan juga memiliki aroma yang nikmat.

Gethuk Pisang;10 Top Kuliner Kediri;
Gethuk Pisang (Sumber gambar: travel.idntimes.com)
Dalam penyajiannya, gethuk pisang ini dibungkus dengan daun pisang, untuk menikmatinya anda bisa memotong gethuk pisang sesuai dengan selera. Salah satu home industri pembuat gethuk pisang berada di Dusun Jatisari, Desa Krenceng, Kepung, Kabupaten Kediri.

4. Sate Emprit Mbah Darmo

Sate Emprit Mbah Darmo menjadi salah satu pilihan kuliner legendaris yang sayang kalau dilewatkan. Emprit disini bisa diartikan kecil, atau bisa juga dari burung emprit, yaitu burung pipit atau burung kecil yang menjadi hama padi, yang kalau diolah bisa menjadi sajian nikmat. Sate Emprit Mbah Darmo ini berada di Jalan Ahmad Yani, Wonojoyo, Gurah, Kediri dan sudah berdiri sejak 12 tahun lalu.

Sate Emprit Mbah Darmo;10 Top Kuliner Kediri;
Sate Emprit Mbah Darmo (Sumber gambar: pergipergiyuk.com)
Bentuk satenya pun hampir sama dengan sate dari bahan ayam, kenikmatan sate ini menjadi lebih nikmat dengan paduan sambal kacang dan juga kecap manis, menjadikan rasanya menjadi lebih lezat. Yang mebedakan sate emprit dengan sate lainnya adalah daging emprit atau burung pipit ini tidak berlemak dengan dagingnya yang berwara kecoklatan, teksturnya yang keset, ulet dan juga empuk.

5. Bli Puthu

Anda pecinta es krim?. Kalau anda singgah atau sengaja menikmati suasaana Kota Kediri, jangan lewatkan kuliner yang satu ini, “Bli Puthu”. Bli Puthu sebenarnya tempat kuliner yang menyediakan gelato atau dessert yang mirip seperti es krim. Gelato di kedai ini dibuat dengan resep turun temurun, rasanya yang sangat lezat dan juga terjangkau menjadikan menu gelato di Bli Puthu menjadi favorit pecinta kuliner di Kota Kediri.

Bli Puthu;10 Top Kuliner Kediri;
Bli Puthu (Sumber gambar: kompaswisata.com)
Bli Puthu Homemade Ice Cream atau lebih dikenal dengan Bli Puthu ini  berada di Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa No. 89, Kediri, sebuah kedai es krim yang menempati rumah dengan gaya minimalis.

6. Nasi Bebek Kraton

Anda pecinta kuliner bebek?. Jangan lewatkan menu kuliner nasi bebek yang satu ini, “Nasi Bebek Kraton”. Nasi bebek ini adalah salah satu kuliner Kediri yang terkenal dan enak di Kota Kediri. Daging bebeknya empuk dan tidak berbau, rasanya yang gurih dan sambalnya yang pedas, membuat anda akan kangen kuliner bebek Kraton Kediri.

Nasi Bebek Kraton
Nasi Bebek Kraton (Sumber gambar: wisatadanhotelmurah.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Ngawi.

Nasi Bebek Kraton ini berlokasi di Jalan Hayam Wuruk No. 30, Dandangan, Kota Kediri. Sebagai pecinta kuliner, nasi bebek kraton bisa menjadi referesnsi anda saat anda singgah di Kota Kediri.

7. Soto Branggahan

Singgah di Kota Kediri belum lengkap rasanya belum mencoba sajian soto yang satu ini, “Soto Branggahan”. Soto Branggahan  memiliki ciri khas yang berbeda dengan soto lainnya. Kalau soto ayam di Kediri memiliki kuah yang bening, berbeda dengan Soto Branggahan yang memiliki kuah agak kental karena adanya tambahan santan kelapa. Paduan santan kelapa, dengan bahan rempah menjadikan rasa yang gurih dan nimat.

Soto Branggahan; 10 Top Kuliner Kediri;
Soto Branggahan (Sumber gambar: sureplus.id)
Soto Branggahan ini berada di Jalan Raya Branggahan berada di Ngadiluwih atau berada di tengah jalur penghubung wilayah antara Kabupaten Kediri dan Kabupaten Tulungagung. Jangan bingung, di Branggahan ini memang menjadi destinasi khusus bagi anda pecinta soto karena di jalan raya Branggahan ini banyak penjual soto ayam enak yang beraneka ragam.

Yang unik, dalam penyajian soto ayam menggunakan mangkuk kecil,  yang membedakannya dengan mangkok soto atau bakso.

8. Ayam Bakar KQ-5

Kuliner yang satu ini sepertinya bisa menjadi salah satu tujuan kuliner saat singgah di Kota Kediri. Ayam Bakar KQ-5 ini sudah berdiri sejak tahun 2012. Menu yang menjadi favorit disini adalah ayam bakarnya yang sangat enak, selain ayam bakar juga disediakan bebek bakar atau pun bebek goreng, dan juga menu favorit lainnya yang bisa anda pilih.

Ayam Bakar KQ-5
Ayam Bakar KQ-5 (Sumber gambar: Diah Keren - ramahtraveler.com)
Ayam Bakar KQ-5 ini berlokasi di Jalan Sukarno Hatta I No. 2A, Katang, Sukorejo, Ngacem, Kediri. Selain menu dalam bentuk potongan, juga disediakan menu dalam bentuk paket, seperti paket ayam bakar, paket ayam penyet, dan juga paket lainnya.

9. Tahu Takwa

Selain berbagai jenis oleh-oleh tersebut di atas, tahu Kediri juga menjadi oleh-oleh favorit, namun tahu yang satu ini berbeda dengan tahu lainnya. Tahu Takwa, menjadi oleh-oleh khas kota Kediri. Yang menarik disini, Tahu Takwa Kediri dibuat pertama kali oleh Bah Kacung atau “Lauw Soen Hoek” yang sudah ada sejak tahun 1912. Tahu Takwa yang terkenal dan asli adalah buatan generasi Bah Kacung atau Tahu Takwa Cakrawijaya, yang berada di Jalan Trunojoyo No. 59, Pakelan, Kediri.

Tahu Takwa, 10 Top Kuliner Kediri
Tahu Takwa (Sumber gambar: thejakartapost.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Pacitan.

Meskipun sudah berganti generasi, tahu takwa Bah Kacung tetap enak dan tidak berubah. Tahu Takwa adalah tahu berbentuk kuning yang memiliki tekstur kenyal dan lembut kalau dimakan, dengan bentuk segi empat dan agak pipih.

10. Balungan Pecok Pedas

Anda pecinta kuliner sumsum, rasanya tempat kuliner yang satu ini sangat cocok untuk anda. “Balungan Pecok Pedas”, ini berada di Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa No. 27 Banjaran, Kota Kediri. Terdapat dua menu tama yang menjadi sajian utama, yaitu spesial sumsum dan premium iga pedas. Sajian kuliner ini menjadi sajian yang nikmat, apalagi untuk sumsum bisa dinikmati dengan sedotan, ditambah rasa segar kuah yang dicampur dengan santan yang nikmat.

Balungan Pecok Pedas;10 Top Kuliner Kediri;
Balungan Pecok Pedas (Sumber gambar: garnesia.com)
Sebagai salah satu tempat kuliner unik , tempat ini menyediakan menu makanan yang pedas, dan tempat ini selalu ramai apalagi saat jam makan siang.

Itu dia referensi 10 top kuliner Kediri, semoga bisa menjadi referensi untuk anda saat singgah atau sengaja ingin menikmati kuliner di Kediri.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel