Kisah Sukses Henry Ford Mendirikan Ford Motor Company

Masih ingat dengan Ford?. Sebuah produk mobil dari Amerika Serikat yang masih sering lalu lalang di jalanan Indonesia. Tentunya memang tidak sebanyak mobil buatan Jepang yang saat ini banyak dipakai masyarakat. Namun dibalik perkembangan mobil Ford yang melegenda di Amerika Serikat, terdapat sosok inspiratif yang bisa memberi teladan kita dengan semangat dan sikap pantang menyerah dalam mengembangkan Ford. Kisah sukses Henry Ford mendirikan Ford Motor Compay memang luar biasa, penuh cerita menarik, apalagi bagi anda yang ingin memulai berbisnis, sikap positif, samangat dan keyakinan untuk sukses bisa menjadi contoh untuk membangun bisnis.

Di Amerika Serikat, sosok Henry Ford adalah orang yang sangat dikenal, sebagai seorang tokoh revolusi transportasi dan industri. Henry Ford juga orang pertama yang mengembangakan dan memproduksi mobil dengan jumlah banyak untuk orang kelas menengah dan mendirikan Ford Motor Company. Sebagai orang terkaya pada jamannya, nama Henry Ford menjadi orang yang dikenal karena kegigihan dalam mengejar impian dan juga ulet dalam mengembangkan inovasi.

Henry Ford;Kisah Sukses Henry Ford Mendirikan Ford Motor Company
Henry Ford (Sumber gambar: nydailynews.com)

1. Jatuh Bangun dan Kisah Sukses Pengusaha Pendiri Ford

Henry Ford dilahirkan Dearborn, Michigan pada 30 Juli 1863. Siapa menyangka kalau Henry Ford adalah pengusaha yang tidak memiliki darah keturunan ahli mesin, Henry Ford berasal dari keluarga petani. Karena berasal dari keluarga petani, maka wajar kalau ayahnya menginginkan Henry Ford untuk menjadi seorang petani.

Keinginan yang kuat akan dunia mesin menjadikan Henry Ford kadang harus melawan kemauan ayahnya, dan akhirnya Henry berhasil membuat kereta kuda di Detroit dengan hasil kerja kerasnya di perusahaan lampu Edison. Masih banyak kekurangan, seperti masih timbul suara bising dan mengeluarkan asap, namun membuat orang tercengang apalagi yang dulunya memandang sebelah mata akan kemampuan Henry.

Baca juga: Kerja Keras menurut Elon Musk.

Ide membuat mesin pun tercetus saat Henry pulang sebagai bakti Henry pada orang tuanya, yaitu saat ayah Henry sakit. Ide dan peluang untuk memajukan usaha pertanian dengan membuat mesin traktor yang bisa bekerja untuk membajak ladang, apalagi menggunakan binatang menimbulkan kerugian, yaitu adanya biaya lebih untuk membelikan makan binatang, meskipun pada musin dingin binatang tersebut tidak dipergunakan untuk membajak. Dan akhirnya ide tersebut sukses dengan berhasil dibuatnya mesin traktor untuk pertanian.

2. Sukses Bisnis dan Tips Sukses Henry Ford

Meskipun tidak menemukan mobil dan hanya merancang mobil, namun dengan berbagai percobaan, pada tahun 1898, Ford akhirnya bisa membuat mobil yang bisa beroperasi penuh. Dengan bekerjasama bersama Alexander Malcomson akhirnya Ford mendapat kontrak dari Dodge Brothers, dan pada tahun 1903, akhirnya Ford motor Company lahir. Dan lima tahun kemudian tahun 1908, lahir mobil dengan “Ford Model T”, dan saat Ford berumur 55 tahun, yaitu 10 tahun kemudian, mobil di Amerika Serikat setengahnya adalah mobil Ford.

Ford Model T;Sukses Bisnis dan Tips Sukses Henry Ford;Kisah Sukses Henry Ford Mendirikan Ford Motor Company
Ford Model T (Sumber gambar: theoldshelter.com)
Terdapat quote yang disampaikan Henry Ford, sebagai Founder Ford Motor Company, yaitu:
Bisnis yang tak menghasilkan apa-apa, kecuali uang, adalah bisnis yang buruk
Oleh karena itu saat membuka bisnis harus diniatkan tujuannya bukan saja untuk mencari uang, namun juga diniatkan untuk ibadah, untuk menolong sesama, agar bisnis bukan hanya sekedar bisnis, namun bisnis yang bisa menjadi ladang amal dan pahala.

Itu dia sedikit catatan dan kisah sukses Henry Ford mendirikan Ford Motor Compay, semoga bermanfaat untuk anda, khususnya bagi anda yang sedang membangun bisnis.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel