Frozen Food, Peluang Bisnis Di Tengah Pandemi Corona & Di Masa Datang

Wabah virus corona Covid-19 telah melanda seluruh dunia, bahkan Indonesia turut terkena imbas penyebaran pandemi virus corona ini. Hal ini mengakibatkan pengaruh negatif pada seluruh sendi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia, semua sektor lumpuh, tidak terkecuali kondisi usaha dan bisnis, mulai dari sekor mikro, kecil dan menengah, semua terkena imbasnya. Sektor usaha khususnya yang dijalankan masyarakat kecil sangat terpukul, banyak yang harus tutup, namun sebagai pengusaha harus memiliki terobosan, agar tetap bisa mendapatkan penghasilan. Salah satunya adalah mencari peluang bisnis, yang bisa dijalankan di tengah pandemi ini. Satu peluang bisnis yang bisa dilakukan adalah Frozen Food, peluang bisnis di tengah pandemi corona & di masa datang, yang menjadi topik ide bisnis kali ini.

Bagi seorang pengusaha dalam kondisi apa pun harus tetap meiliki ide kreatif, selain agar tetap mendapatkan penghasilan, juga agar ide bisnisnya tetap berjalan. Begitu pula saat kondisi sulit seperti saat ini, diperlukan sebuah ide bisnis yang brilian, dimana dengan adanya wabah ini banyak anjuran bahkan perintah untuk tetap dan menjalanka kegiatan di rumah, sampai muncul  tagar #dirumahaja. Apalagi untuk daerah yang sudah dalam keadaan zona merah, semua harus membatasi ruang gerak, untuk mencegah penyebaran wabah virus ini.

Dan berbicara tentang peluang usaha dan usaha apa yang harus dijalankan, maka sebenarnya kalau kita mau melihat dan mengkaji sedikit, terdapat beberapa jenis aktivitas dan peluang usaha yang bisa dimasuki, misalnya bagi yang sudah memiliki usaha kuliner, bisa menjalankan usahanya dengan sistem take away atau semi model “Ghost Kitchen”, atau bagi yang ingin memulai usaha, maka membuka usaha, seperti frozen food menjadi sebuah peluang, karena masyarakat harus menyediakan makanan dari rumah, apalagi dalam kondisi tempat kuliner dan tempat makan dibatasi jam operasionalnya.

Frozen Food, Peluang Bisnis Di Tengah Pandemi Corona & Di Masa Datang;Contoh produk frozen food;
Contoh produk frozen food (Sumber gambar: minifroz.com)

1. Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Virus Corona.

Siapa yang menyangka, bahwa wabah virus corona bisa berpengaruh pada semua sektor kehidupan, salah satunya sektor bisnis?. Dan juga semua tidak menyangka yang semula Indonesia dianggap aman dari persebaran virus corona, saat ini menjadi negara yang mulai terpengaruh dari penyebaran wabah ini. Masih ingat dengan sebuah pepatah “lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuk kegalapan” atau “masih ada sinar di antara kegelapan?”. Maka begitu pula dengan seorang pengusaha atau entrepreneur, selalu ada jalan untuk memulai usaha. Di antara semua yang serba terbatas, masih ada cara yang bisa dilakukan dengan mencari sebuah peluang bisnis di saat kondisi seperti ini.

Baca Juga: Sukses Bisnis Budi Daya Kroto Dengan Sarana Toples.

Banyak sekali jenis usaha yang masih bisa dijalankan meskipun semuanya harus dilakukan dalam kondisi terbatas. Social distancing, work from home atau pun physical distancing menjadi sebuah tema yang membuat seorang entrepenur harus memiliki terobosan agar tetap bisa menjalankan bisnisnya. Semua pasti memiliki dua sisi, positif negatif, beruntung atau merugi, dan saat inilah semua sedang diuji.

Bagi seorang entrepeneur tangguh, saat inilah kita mulai fokus pada solusi bukan pada masalah. Dan dibawah ini akan disajikan sebuah perpaduan dan penggabungan antara bisnis online agar bisa menjalankan bisnis dan juga bisnis yang bisa dijalankan. Begitu pula pada bisnis yang menjadi fokus tema kita, “frozen food” adalah makanan yang biasanya hanya menjadi makanan  sekunder, namun di saat ini yang semuanya serba terbatas, bisa menjadi makanan utama atau bisa juga menjadi lauk.

2. Frozen Food, Peluang Bisnis di Tengah Pandemi 

Frozen Food adalah sebuah olahan makanan dalam bentuk setengah matang, yang kemudian dikemas dan dibekukan, dan untuk bisa dinikmati harus diolah kembali dengan cara dipanaskan. Dahulu sebelum frozen food ini dikenal, frozen food hanya dianggap sebagai jajanan, namun dengan berkembangnya pola pemasaran, termasuk promosi, cara packaging yang baik, frozen food mulai diterima masyarakat dan menjadi makanan pendamping utama.

Pada awalnya frozen food dibuat dari bahan daging sapi atau ayam, misalnya dengan bentuk olahan sosis dan nuget. Namun dalam perkembangannya olahan frozen food menjadi semakin berkembang, tidak hanya dari bahan sapi atau ayam, namun juga mulai banyak dikembangkan frozen food dari bahan hasil laut. Contoh frozen food dari hasil laut, antara lain tempura, sosis ikan, nuget ikan, money bag udang dan masih banyak produk dari bahan baku ikan yang diolah untuk menjadi frozen food.

Berbicara tentang konsep dan peluang bisnis saat ini (Frozen Food), maka terdapat tiga point utama, yaitu:
  • Adalah bisnis yang harus dijalankan saat pandemi corona, dengan alasan masyarakat membutuhkan olahan bahan makan yang harus segera tersedia, dan dengan harga yang terjangkau.
  • Di masa yang akan datang, olahan frozen food masih tetap bisa dijalanakan, dengan melihat sumber bahan baku dan rencana pengembangan produk yang bisa dilakukan.
  • Sebagai solusi praktis untuk mengolah makanan sehat dan lezat.
Berbicara tentang peluang, maka saat inilah bagi anda yang ingn memulai bisnis, harus mulai bergerak, dan jangan bertanya kapan waktu untuk bisa mulai dijalankan?. Saya harus menjawab “SEKARANG”. Iya benar, sekaranglah waktunya anda harus memulai bisnis frozen food, dengan alasan:
  • Masyarakat membutuhkan olahan makanan yang terjangkau.
  • Saat ini anda bisa memulai usaha dengan promosi yang murah, dikarenakan masyarakat sangat membutuhkan makanan olahan.
  • Bila anda masih memiliki waktu luang, anda bisa mengantar pesanan, bila jarak masih dalam kota, namun tidak ada salahnya anda bekerjasama dengan aplikasi ojek online yang memberikan jasa pengiriman dan pengambilan barang, seperti GoSend atau GrabSend.
Tidak ada kata terlambat untuk memulai, anda bisa memulai, meskipun dengan volume kecil terlebih dahulu.

3. Langkah Membuka Usaha Frozen Food

Pasti anda bertanya-tanya, usaha frozen foodkan banyak, entah mengolah atau memproduksi sendiri kemudiaN menjualnya, atau sebagai distributor saja, atau menjual produk olahan jadi frozen food.
Oke... Dalam kondisi yang serba sulit ini, kita harus menentukan pilihan dan membuat prioritas usaha apa yang bisa dijalankan dengan cepat.

Baca Juga: Food Truck, Sebuah Ide Joko Waluyo Berbisnis Kuliner.

Dalam kondisi saat ini, dimana orang-orang tidak boleh dan harus tetap dirumah, maka usaha yang sangat tepat saat ini adalah sebagai distributor atau menjadi reseller frozen food. Selain lebih aman, anda bisa pelan-pelan menjual sambil memperbesr usaha. Diasumsikan anda fokus menjadi seorang distributor atau menjadi reseller frozen food milik orang lain

Langkah membuka usah frozen food di saat pandemi corona:
  1. Menentukan terlebih dahulu produk frozen food apa yang akan dijual. Pilihlah produk yang banyak disukai orang, artinya kita melihat selera pasar, sehingga produk frozen food yang anda laklukan bisa segera terjual.
  2. Modal. Dalam masa saat ini, anda bisa memulainya dengan modal sedikit dengan mengambil barang atau produk sedikit, dan hasil keuntungan bisa diputar kembali untuk mendapatkan barang lebih banyak.
  3. Gunakan feezer, kalau tidak ada freezer, untuk sementara anda bisa mengguakan freezer di kulkas (lemari pendingin) di rumah. Atau kalau penjualan sudah mulai membaik, anda bisa menanyakan untuk sistem titip produk dari distributor utama ke anda, seperti produk air minum, anda akana diberikan pinjaman mesin pendingin, dan anda sebagai distributor utama produk air minum tersebut.
  4. Metode pemasaran. Dengan perkembangan teknologi dan mulai banyaknya sosial media, maka anda bisa menggunakan sosial media tersebut sebagai sarana promosi, atau bahkan bisa memulai promosi di grup kuliner yang ada di facebook. Dan anda juga bisa menjual melalui tetangga terdekat, dari mulut ke mulut, yang menjadi sarana promosi yang paling cepat.
Bila produk frozen food anda semakin besar, maka di masa akan datang, anda bisa memperbesar volume usaha:
  1. Mengajukan lisensi makanan kalau anda sudah berpikir melakukan ekspansi dengan volume yang lebih besar.
  2. Mulai membuka cabang, dengan menjadikan atau mengajak orang lain menjadi distributor usaha anda secara sukareka.
  3. Jika anda sudah mulai berpikir untuk mengolah dan membuat sendiri, sebaiknya anda memiliki website atas nama usaha anda, yang berguna untuk memberikan informasi lengkap tentang produk frozen food yang anda jual
Berani mencoba, optimis dan yakin menjadi kunci keberhasilan usaha. Semoga informasi tentang Frozen Food, peluang bisnis di tengah pandemi corona & di masa datang, bisa memberikan nilai positif bagi anda yang ingin berhasil dan sukses di masa sulit saat ini. Semangat dan salam sukses untuk kita.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel