Bisnis Kuliner dari Rumah dengan Go Food dan Grab Food

Wabah pandemi virus corona Covid-19 masih menyerang semua negara di dunia, begitu juga di Indonesia, semua sektor sangat terpengaruh dengan adanya wabah ini. Dahulu pada saat terjadi krisis ekonomi pada tahun 1998, semua sektor terkena imbasnya dan hanya sektor UMKM (Usaha mikro kecil menengah) yang masih bertahan, namun tidak untuk kali ini, semua terkena imbasnya, bahkan banyak PHK yang terjadi ditambah semua usaha banyak yang gulung tikar, hal ini membuat para pelaku usaha mulai mencari solusi untuk bisa bertahan. Agar bisa bertahan pemilik kuliner yang usahanya terkena imbas, mulai melakukan bisnis kuliner dari rumah dengan Go Food dan Grab Food. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar bisa bertahan di tengah pandemi corona ini.

Kalau dahulu pada saat semua masih berjalan dengan normal dan semua usaha kuliner bisa menjalankan bisnisnya dengan tenang, maka melakukan bisnis dan berpartner dengan ojek online atau melakukan kerjasama dengan delivery online adalah hal yang biasa, dan bisa dikatakan hanya sebagai faktor yang membantu saja. Namun dalam kondisi di saat semua harus dijalankan dari rumah, maka konsep menggandeng pihak ketiga, dalam hal ini delivery online menjadi sebuah kebutuhan.

Namun dalam kondisi seperti saat ini, bisa dikatakan sebuah keterpaksaan sehingga harus melakukan perubahan konsep, maka cara terbaik dalam mengamankan diri dari pengaruh virus ini adalah bekerja dari rumah (work from home), dan sepertinya cara ini menjadi sebuah cikal bakal sebuah usaha dengan kosnep Ghost Kitchen, khususnya bagi anda yang ingin mengeluti bisnis kuliner. Dan pada kesempatan inilah menjadi sebuah peluang yang bisa anda kembangkan, setelah bisnis kuliner anda yang telah lama berjalan harus dibatasi karena harus tutut di masa pandemi ini.

Bisnis Kuliner dari Rumah dengan Go Food dan Grab Food
Tempat kuliner yang bekerjasama dengan Grab Food dan Go Food

1. Bisnis Kuliner Rumahan Yang Menjanjikan

Mencari sebuah konsep bisnis, bisa dikatakan gampang-gampang susah, dikatakan susah kalau anda baru memulai bisnis tersebut, sehingga belum menemukan pola yang tepat untuk memulai bahkan mengembangkan bisnis tersebut.Tetapi kalau anda sudah pernah berbisnis, dan hanya terkena efek dari wabah ini, maka anda pasti sudah memiliki pola yang harus dilakukan. Dan di saat semua serba sulit seperti saat ini, maka semua usaha pasti mengalami side effect yang luar biasa, sehingga diantara berbagai bisnis yang masih menjanjikan adalah bisnis kuliner. Kalau anda bingung dengan bisnis kuliner apa yang akan dibuka, maka saya bisa mengatakan semua jenis makanan yang akan dibuka semua menjanjikan, bisnis kuliner hanya membutuhkan kualitas yang bagus, baru kemudian berbicara tentang harga dan promosi.

Pada saat sebelum adanya wabah corona ini, maka yang bisa berbisnis dan sangat kelihatan menjanjikan adalah anda yang memiliki modal dan memiliki tempat kuliner yang menarik, namun saat ini anda menjadi sangat diuntungkan bila anda bisa melihat peluang. Konsep berbisnis di rumah atau dengan mengembangkan konsep “Gost kitchen” di rumah menjai peluang yang bisa anda lakukan, selain hanya membutuhkan modal yang kecil, dan anda cukup memulai promosi di media social yang anda miliki dan ikuti.

2. Bisnis Kuliner Rumahan yang Menguntungkan 

Jaman sudah semakin berganti dan semakin berkembang, kalau dahulu kita khawatir tidak bisa menjalankan bisnis kuliner karena keterbatasan tempat, namun di era teknologi, anda bisa menggabungkan dua bahkan tiga hal sekaligus, yaitu ide bisnis yang anda miliki, kemampuan memasak sehingga menghasilkan masakan yang berkualitas dan juga menggunakan teknologi menjadi satu. Sungguh mengesankan dan luar biasa.

Bisnis Kuliner dari Rumah dengan Go Food dan Grab Food
Salah satu usaha kuliner dengan online "Angkringan Cak Kasan: di Kota Probolinggo
Bukan jamannya sehingga tidak kreatif meskipun semua harus dilakukan dirumah, dan di zaman yang serba online berbisnis tetap bisa dilakukan. Kalau biasanya menggunakan internet hanya untuk mencari informasi dan hanya memesan transportasi online, maka sudah saatnya kita menggunakan internet untuk berbisnis kuliner secara online, maksudnya anda sebagai pemilik tempat usaha kuliner bisa melakukan jualan secara online dan salah satunya dengan bekerja sama dengan delivery online yang ada saat ini, sehingga usaha dan makanan yang anda jual bisa dijangkau oleh delivery online, baik GoFood maupun Grab Food.

Baca Juga:
Melakukan usaha kuliner di era pandemic saat ini menjadi sebuah tolak ukur kekuatan bisnis yang anda lakukan, selain semua serba terbatas, maka kemampuan anda dalam mengolah sumber yang anda miliki menjadi suatu hal penting harus anda lakukan. Pengenalan bisnis menjadi sangat terbantu, tidak hanya dengan pengenalan secara online dengan media sosial.

Terdapat beberapa kuliner rumah yang sangat dibutuhkan saat ini dan menjadi peluang usaha kuliner yang menguntungkan, antara lain:
  • Makanan rumahan. Bagi anda yang membuka usaha kuliner rumahan dengan konsep Ghost Kitchen, sepertinya pola ini menjadi peluang, khususnya bagi karyawan kantor yang tidak bisa keluar karena faktor keterbatasan, harus jaga jarak dan harus mematuhi himbauan social distancing.
  • Makanan fast food. Jenis kuliner ini menjadi kuliner yang sangat dibutuhkan, karena tidak semuanya selalu menginginkan makanan rumah, ada kalanya anak-anak menginginkan makanan yang berbeda.
  • Kuliner kue tradisional. Sebagai cemilan selingan tentunya masih banyak oang yang menginginkan jajanan disela keinginan untuk menikmati makanan.
Sebenarnya masih banyak hal jenis kuliner yang masih bisa anda kembangkan, apalagi dengan bekerjasama dengan delivery online menjadi sebuah kesempatan tersendiri, selain efek penjualan yang bisa meningkat karena jangkauan pasar menjadi lebih luas, juga anda bisa mendapatkan dan melakukan promosi secara grtais yang dilakukan melalui aplikasi dari delivery online tersebut.

3. Bisnis Kuliner Rumahan Tanpa Harus Memiliki Warung MAkan dengan Bekerja sama Dengan Go Food dan Grab Food

Segalanya serba memungkinkan, bisa jadi saat ini menjadi sebuah era dimana anda harus mulai bergerak, apalagi anda memiliki keterampilan memasak sehingga bisa membuat kuliner yang enak dan berkualitas. Banyak cara untuk mengembangkan bisnis kuliner, meskipun anda tidak memiliki warung atau tempat kuliner, salah satunya adalah dengan menjadi partner delivery online, baik Go Food atau pun Grab Food. Meskipun anda sudah memiliki armada pengiriman sendiri, menjalin kerjasama dengan aplikasi online ini memiliki keuntungan tersendiri, selain anda bisa memiliki tambahan omset, juga anda memiliki partner dalam mengembangkan bisnis anda.

Cara yang bisa dilakukan untuk menjalin kerjasama dengan delivery online ini:
  • Mendaftar aplikasi Gobizz milik dari Gojek.
  • Menjadi Mitra Grab Food
Terdapat keuntungan tersendiri, bila anda sudah menjalin kerjasama dengan Delivery Online atau sebagai Mitra Go Food atau pun Mitra Grab Food, antara lain:
  • Usaha kuliner anda bisa menjangkau banyak konsumen atau pelanggan. Tentunya dengan aplikasi yang dimiliki oleh Gojek atau Grab, menjadikan menu makanan yang anda jual bisa dikenal dan cepat segera dipesan oleh para pelanggan anda.
  • Transaksi pembelian atau pun penjualan dilakukan dengan aman. Sistem yang dibuat oleh delivery online sudah dilakukan dan dibuat dengan aman, apalagi kalau anda sudah menggunakan sistem cashless, hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena bisa tercatat secara detail pada sistem pembayaran.
  • Anda bisa membuka usaha kuliner dengan fleksibel, sehingga anda bisa membuka tempat kuliner anda kapan pun apalagi kalau stock yang anda miliki masih ada.
  • Terdapat sistem bagi hasil. Layaknya sebuah bisnis, pasti harus sama-sama saling berbagi keuntungan. Untuk Grab Food atau pun Go Food  sudah memiliki model bisnis tersendiri dengan para mitranya. Rata-rata sistem bagi hasil yang dilakukan adalah 80% untuk restoran dan 20% utuk Pihak delivery online. Jadi bila tempat kulner anda tidak ingin rugi, bisa menaikkan 20% dari harga awal.

4. Mengembangkan Bisnis Kuliner dengan Go-Food Bagi Penjual

Seperti kita ketahui bersama, maka Gobizz adalah layanan aplikasi milik Gojek yang memberikan kesempatan kepada penjual untuk menjadi partner Gojek. Hal yang sama juga bagi anda yang ingin menjadi consumer Gojek anda bisa memasang aplikasi Gojek yang didalamnya terdapat aplikasi Go Food untuk memesan makanan.

Bisnis Kuliner dari Rumah dengan Go Food dan Grab Food
Pesanan paket murah dari Angkringan Cak Kasan
Pola yang dilakukan adalah pihak pembeli atau konsumen anda dan anda sebagai penjual tidak harus bertemu, cukup diwakili driver Gojek untuk mengantarkan makanan yang dipesan kepada pembeli, dan anda sebagai pihak penjual cukup menyiapkan makanan sesuai pesanan dalam apliasi. Dan untuk bisa melakukan proses penjualan makanan di aplikasi Gojek, pihak penjual perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan nantinya pihak Gojek akan membantu memasukkan apa saja makanan yang dimasukkan dalam aplikasi, dan proses ini tidak dikenankan biaya.

Cara Mendaftar Program Go Food Bagi Pemilik Kuliner, antara lain:
  • Mendownload terlebih dahulu aplikasi Gobizz di Playstore
  • Kemudian meng klik Daftar Go Food
  • Melengkapi data usaha
  • Menunggu verifikasi dari tim Gofood.
  • Jika proses yang anda ajukan diterima anda bisa langsung berjualan.
Keuntungan menggunakan aplikasi Gobizz, adalah:
  • Ringkas, anda sudah mendapatkan rekapan pesanan dan penjualan yang bisa ditampilkan kapan pun.
  • Aman, terdapat validasi pemesanan untuk mengurangi adanya penipuan dan juga memastikan pesanan.
  • Cepat, isi pesanan yang dikirimkan harus melalui apliasi sehingga bisa diselesaikan dengan cepat.
  • Sistem pembayaran secara cashless, pembayaran bisa dipermudah dengan adanya Gopay yang akan masuk ke dompet digital anda.

5. Mengembangkan Bisnis Kuliner dengan Grab-Food Bagi Penjual

Pada intinya pengajuan menjadi mitra Grab food memiliki sistem yang hampir sama dengan Gofood, anda hanya membuka website Grab Food, kemudian akan muncul layanan pesan antar makanan, dan anda bisa meng-klik “Bantuan” kemudian anda akan menemukan “Yuk jadi mitra restoran Grab Food”.

Langkah menjadi mitra Grab food:
  • Pada channel lanjutan di website tersebut akan terdapat tulisan “Jadilah mitra kami”, pilih “mitra Grab Food” dan isi form pendaftaran dengan lengkap dan klik “daftar”.
  • Selanjutnya pihak Grab akan mengirim email berupa registrasi restoran.
  • Klik tautan yang dikirim di emal anda dan akan menuju halanan “help.grab.com”.
  • Isi semuanya termasuk jam buka tempat kuiner anda, termasuk menu yang anda tawarkan, setelah selesai baru, klik kirim untuk menyelesaikan pendaftaran. Setelah selesai anda akan dihubungi lewat email atau sms yag menunjukkan lokasi sudah aktif, berikutnya akan dilakukan perjanjian partnership dengan Grab Food
Menjadi menarik melakukan bisnis kuliner dari rumah dengan Go Food dan Grab Food, dengan konsep seperti ini, anda sudah tidak memerlukan lagi warung atau tempat kuliner yang pastinya membutuhkan biaya sewa, karena anda bisa memasak makanan di dapur anda sendiri, pada saat pesanan datang, anda tinggal menyerahkan makanan tersebut untuk diantarkan kepada pihak pembeli.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel