10 Top Kuliner Ngawi

Kangen dengan Ngawi, atau anda masih berada di luar kota dan masih belum bisa pulang bahkan belum bisa mudik karena menyebarnya virus corona Covid-19?. Tenang, di bawah ini akan disajikan 10 top kuliner Ngawi, semoga bisa memberi sebuah kenangan dan referensi yang bisa anda simpan. Dan saat pandemi virus corona Covid-19 ini selesai, anda bisa datang ke Ngawi untuk menjelajahi 10 kuliner Ngawi yang disampaikan di bawah ini.

Ngawi sendiri adalah sebuah kabupaten yang berada di ujung barat dari Propinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah. Yang menarik dari Ngawi adalah daerah ini memiliki banyak julukan, misalnya Kota Bambu, karena Ngawi berasal kata “awi” yang berarti bambu. Nama kuliner juga disematkan pada Kabupaten Ngawi sebagai Kota Keripik Tempe karena kenikmatan keripik tempenya yang khas. Selain itu, Ngawi juga memiliki berbagai wisala alam yang menarik selain kekayaan kulinernya.

Kali ini, tema yang akan kita tampilkan adalah kuliner Ngawi yang paling sering dicari dan juga mejadi top kuliner Ngawi, berdasarakan informasi dari pesona.id, yang pada tahun 2019 sempat ditampilkan oleh Gubernur Jawa Timur dalam rangka mudik Hari Raya Iduil Fitri, namun data ini masih sangat relevan untuk ditampilkan pada informasi kali ini.

10 TOP KULINER NGAWI

Berikut 10 top kuliner Ngawi yang bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin menikmati wisata kuliner di Ngawi, sebagai berikut:


10 TOP KULINER NGAWI


1. Pecel Lethok Mbah Jan

Kuliner yang satu ini menjadi kuliner favorit warga Ngawi. “Pecel Lethok Mbah Jan”, berada diJalan Trunojoyo, Ngawi. Kuliner ini biasa dinikmati sebagai sarapan pagi, dan bentuknya hampir sama dengan pecel dengan ditambahi sambal tumpang. Warung ini buka mulai pukul 6 pagi sampai pukul 12 siang.

 Pecel Lethok Mbah Jan; 10 TOP KULINER NGAWI;
Pecel Lethok Mbah Jan (Sumber Gambar: www.jalanjalanenak.com)
Baca Juga: 10 Top Kuliner Nganjuk.

Yang menarik dan unik, pecel lethok Mbah Jan disajikan dengan pincuk dari daun jati, yang menjadika aroma kelezatan alami pecel lethok.

2. Tahu Tepo Pasar Sore

Kuliner yang satu ini, selalu dicari saat berkunjung ke Ngawi, yaitu Tahu Tepo. Tepo adalah makanan khas yang berasal dari Ngawi, yang dibuat dari beras, dengan bentuk seperti lontong, namun tekstur dan bentuknya berbeda. Bila lontong dibungkus dengan daun pisang, berbeda dengan tepo yang dibungkus dengan bentuk segitiga. Anda bisa mencoba tahu tepo ini di Warung Tahu Tepo Pak Samud, yang berlokasi di Proliman, Pasar Sore, Ngawi.

Tahu Tepo Pasar Sore; 10 TOP KULINER NGAWI;
Tahu Tepo (Sumber Gambar: gotravelly)
Tahu tepo sendiri adalah makanan yang menggunakan tahu telur dan tepo, sedangkan tahu telurnya dibuat dari tahu yang dicampur dengan telur dan juga digoreng. Dalam penyajian tahu tepo disajikan dengan kuah, yaitu kecap, air asam Jawa dan bumbu yang telah dihaluskan.

3. Ayam Panggang Bringin

Kuliner yang satu ini adalah kunier yang selalu menjadi rujukan para pecinta kuliner, yaitu Ayam Panggang Bringin. Sesuai dengan namanya ayam panggang dibuat dari ayam kampung yang diolah dengan olahan rempah yang khas. Ayam Panggang ini bisa anda temukan di Desa Mojo, Kecamatan Bringin, Ngawi.

Ayam Panggang Bringin; 10 TOP KULINER NGAWI;
Ayam Panggang Bringin

4. Ikan Bakar Warung Apung Waduk Pondok

Tempat kuliner yang satu ini bisa menjadi tempat menikmati kuliner saat anda berada di Ngawi. Ikan Bakar Warung Apung Waduk Pondok, menyediakan sajian menu ikan patin bakar yang sangat digemari masyarakat Ngawi. Lokasinya berada di sekitar Waduk Pondok, Desa Suruh, Kecamatan Bringin, Ngawi.

10 TOP KULINER NGAWI;  Ikan Bakar Warung Apung Waduk Pondok
Ikan Bakar Warung Apung (Sumber Gambar: jejakpiknik)
Selain menyediakan olahan ikan patin , juga disediakan ikan nila, dan juga gurami yang bisa disajikan dalam bentuk bakar maupoun digoreng.

5. Wedhang Cemue

Kurang lengkap rasanya ke Ngawi belum menikmati sajian minuman khas Ngawi, anda bisa menikmati sajian “Wedang Cemue”. Wedang cemue ini adalah minuman yang hampir mirip dengan sekoteng dan juga ronde, memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menghangatkan tubuh.

10 TOP KULINER NGAWI; Wedhang Cemue;
Wedhang Cemue (Sumber Gambar: romikurniawan.student.umm.ac.id)
Wedang cemue dibuat dari gula pasir, santan, roti tawar, kacang tanah, dan jahe. Wedang cemue memiliki rasa yang gurih, yang berasal dari santan, hangat dan pedas dari jahe, dan manis dari gula pasir.

6. Ketan Bubuk Mono Suko

Selain berbagai jenis kuliner di atas masih ada satu kulienr lagi, yaitu menu ketan bubuk Mono Suko. Sesuai dengan namanya makanan ini berupak ketan bubuk yang merupakan kuliner khas Ngawi, dan bisa didapatkan di Kedai Monosuko di Jalan Hasanudin atau sebelah selatan alun-alun Ngawi.

 Ketan Bubuk Mono Suko; 10 TOP KULINER NGAWI
 Ketan Bubuk Mono Suko (Sumber Gambar: www.gramho.com)

7. Sate Ayam Godog Mbah Tri Padas

Kuliner yang satu ini sedikit berbeda dengan kuliner di daerah lain, meskipun sama-sama sate ayam, namun “Sate Ayam Godog Mbah Tri Pdas”, bisa menjadi pilihan anda. Sate ayam godog ini berada di Jalan Raya Ngawi – Caruban, RT.03 RW.02, Pilang Bango, Kedungprahu, Padas, Ngawi.

10 TOP KULINER NGAWI; Sate Ayam Godog Mbah Tri Padas;
Sate Ayam Godog Mbah Tri Padas (Sumber Gambar: www.gramho.com)
Sate khas Ngawi memiliki ciri tersendiri yaitu sedikit kecap, sehingga warnanya tidak hitam seperti jenis sate dari daerah lain.

Baca Juga: 10 Top Kuliner Surabaya.

8. Kopi Seloondo

Anda pecinta kopi, tidak ada salahnya bila anda mencoba kopi khas Ngawi. Kopi Selondo sebenarnya adalah kopi dari jenis excelsa yang disebut juga dengan kopi nangka, selain itu juga ada kopi robusta sebagi variasi kopi lainnya.

Kopi Seloondo; 10 TOP KULINER NGAWI;
Kopi Seloondo (Sumber Gambar: www.tokopedia.com)

9. Botok Tawon Prandon

Satu lagi jenis kuliner nikmat khas Ngawi, yaitu “Botok Tawon”. Botok tawon ini adalah olaan kuliner khas Ngawi yang dibuat dari rumah tawon yang dibuat dengan ramuan rempah-rempah sehingga membuat rasanya yang lezat.

10 TOP KULINER NGAWI; Botok Tawon Prandon;
Botok Tawon Prandon (Sumber Gambar: (Sumber Gambar: www.gramho.com)
Botok tawoin bisa didapatkan di Botok Tawon Pak Qman di Jalan Raya Cepu, Karangtengah Prandon, Ngawi.

10. Botok Wagal Mbah Surip

Satu lagi kuliner khas Ngawi yaitu Botok Wagal atau disebut dengan ikan patin. Botok wagal Mbah Surip Sriwedari ini bisa anda dapatkan di Wonoboyo, Sriwedari, Karanganyar, Ngawi

Botok Wagal Mbah Surip
Botok Wagal Mbah Surip (Sumber Gambar: www.gramho.com))
Itu dia sedikit informasi 10 top kuliner Ngawi, semoga bisa menjadi referencsi bagi anda yangingin menikmati perjalan wisatakuliner ke  Ngawi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel