TOKEN LISTRIK GRATIS SELAMA 3 BULAN

Wabah virus corona covid-19 telah menyebar diseluruh pnjuru dunia, tidak hanya itu, Indonesia pun turut terkena persebaran virus jahat ini. Banyak sekali sektor dalam kehidupan masyarakat yang terpengaruh karena virus ini, bahkan banyak sekali perusahaan yang memutuskan berhenti beroperasi sementara dikarenakan virus ini. Hal ini juga berpengaruh pada kehidupan masyarakat sendiri, apalagi masyaraat yang menggantungkan hidupnya sehari-hari di sektor ekonomi mikro, kecil dan menengah. Berbagai kebijakan telah dikeluarkan pemerintah untuk meredakan merebaknya virus ini, dan yang paling terbaru adalah kebijakan token listrik gratis selama 3 bulan untuk meringankan beban hidup masyarakat dalam menghadapi  virus corona covid-19 ini.

PT. PLN (Persero) sebagai perusahaan milik negara yang menyediakan listrik bagi masyarakat Indonesia memberikan kebijakan token listrik gratis bagi para pelanggan prabayar untuk golongan 450 VA (Volt Ampere) dan juga untuk golongan subsidi 900 VA.

TOKEN LISTRIK GRATIS SELAMA 3 BULAN
Informasi token listrik gratis (Sumber gambar: www.tribunnews.com)

1. Token Listrik Gratis Dari Pemerintah

Pengumuman pemberian subsidi listrik diberikan setelah adanya Kebijakan Pemerintah Indonesia sehubungan dengan adanya pandemi Virus Corona. PLN sendiri menyebutkan terdapat sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga yang menggunakan listrik golongan 450 VA dan sekitar 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi, proses input dalam sistem akan diselesaikan paling lambat minggu depan atau sekitar 11 April 2020. Pelanggan yang gratis dapat terlayani.

Baca Juga: Daftar SNMPTN 2020 Untuk KIP Kuliah.

Dari website presidenri.go.id: Kebijakan penggratisan biaya pemakaian listrik dengan daya gologan 450 VA direncanakan dilakukan selama 3 bulan (Bulan April, Mei dan Juni 2020), kebijakan ini diberikan sebagai cara dan jaring pengaman sosial bagi masyarakat bawah dalam rangka penanganan dampak virus corona.

Sedangkan bagi pelanggan dengan daya 900 VA, Pemerintah dengan kebijakannya akan memberikan keringanan biaya potongan tarif sebesar 50% selama tiga bulan (Bulan April, Mei, dan Juni2020).

2. Token Listrik Gratis 3 Bulan, Cara Dapat dan Penggunaan

Tentunya bagi masyarakat yang saat ini terimbas pandemi virus corona covid-19, sedikit membawa angin segar untuk bisa bernapas, meskipun masih banyak kewajiban lain yang harus diselesaikan. Untuk bisa mendapatkan token tersebut para pelanggan bisa melakukannya dengan cara:

Daftar token gratis melalui webiste PT. PLN (Persero):
  1. Buka situs alamat PLN dengan alamat www.pln.co.id masuk ke menu pelanggan dan anda bisa langsung menuju pilihan stimulus Covid-19/.
  2. Masukkan ID Pelanggan atau nomor meter PLN anda.
  3. Akan tampil Token Gratis di layar.
  4. Anda tinggal masukkan Token Gratis ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan anda.
Sedangkan cara mendapatkan token listrik gratis melalui WhatsApp, sebagai berikut:
  1. Buka Aplikasi WhatsApp.
  2. Chat ke Nomor 08122-123-123.
  3. Ikuti petunjuk dan masukkan ID Pelanggan.
  4. Token gratis muncul.
  5. Anda tinggal memasukkan Token Gratis ke meteran listrik sesuai ID Pelanggan anda.

3. Token Listrik Gratis 2020 dan Cara Mengechek

Anda yang sekarang ini sudah mendapatkan informasi tentang token listrik gratis dari Pemerintah tentunya masih bingung untuk mengetahui listrik di rumah anda termasuk yang digratiskan atau telah diberi subsidi, nda bisa melihat pada meteran listrik, yang ditandai dengan kode CL oleh para petugas PLN.

Bagi pelanggan non industri, terdapat lima jenis meteran listrik, dari daya terendah sampai tertinggi, sebagai berikut :
  • CL 2 = 45O KV.
  • CL 4 = 99O KV.
  • CL 6 = 1.30O KV.
  • CL 10 = 2.20O KV.
  • CL 16 = 3.50O KV.
Untuk mengetahui daya listrik di rumah, anda bisa mengalikan kode dibelakang Kode CL dengan angka 220. Contohnya untuk kategori CL 2 tinggal dikalikan 2x220, hasilnya pembulatan angka menjadi 450VA.

Bila CL 6, berarti 6x220 perhitungan sebesar 1.320 bila dibulatkan menjadi 1.300.

Semoga informasi kebijakan token listrik gratis selama 3 bulan untuk meringankan beban hidup masyarakat dalam menghadapi  virus corona covid-19 ini benar, dan bisa menbantu rakyat kecil Indonesia.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel