KARTU PRA KERJA, SEGERA DAFTAR DAN DAPATKAN 650 RIBU – 1 JUTA PER BULAN

Bingung dengan semua efek akibat mewabahnya virus corona covid-19 ini?. Apalagi bagi anda yang berada dalam bayang-bayang PHK. Tenang, kali ini Pemerintah Indonesia akan memberikan dan menjalankan program untuk membantu anda mengatasi hal ini yaitu akan dikeluarkannya kartu pra kerja. Pemerintah sengaja akan segera merilis kartu tersebut untuk mengatasi banyaknya PHK atau pemutusan hubungan kerja karena efek wabah virus corona. Dengan manfaat kartu pra kerja, segera daftar dan dapatkan 650 ribu – 1 juta per bulan.

Dengan adanya program Kartu Pra Kerja ini, Pemerintah telah menyiapkan anggaran dari Rp. 10 triliun menjadi Rp. 20 triliun, hal ini disebabkan penerima manfaaat program kartu pra kerja mengalami peningkatan menjadi 5,6 juta orang.

KARTU PRA KERJA; KARTU PRA KERJA, SEGERA DAFTAR DAN DAPATKAN 650 RIBU – 1 JUTA PER BULAN;
Kartu pra kerja (Sumber gambar: www.indonesiantechnology.net)

1. Kartu Pra Kerja Adalah Bantuan Pelatihan Untuk Masyarakat

Kartu pra kerja adalah bantuan yang diberikan dari Pemerintah kepada masyarakat yang ingin memiliki dan juga meningkatkan ketrampilannya. Kartu pra kerja bisa diperoleh dengan cara mendaftar secara online. Sistem online dipilih agar tidak ada pendaftar yang melakukan kecurangan sehingga melakukan duplikasi atau berusaha mendapatkan kartu ganda.

2. Kartu Pra Kerja, Untuk Siapa Saja?

Dari Prakerja.go.id, kartu pra kerja ini diberikan tidak hanya kepada mereka yang sedang berusaha mencari pekerjaan, namun bisa juga untuk para buruh, karyawan dan juga pegawai atau semua warga Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang menjalankan sekolah atau pun kuliah.

Baca Juga: Token Listrik Gratis Selama 3 Bulan.

Berdasarkan informasi, masyarakat yang mendapatkan kartu pra kerja akan mendapatkan bantuan pelatihan sebesar Rp. 3.550.000,- dengan perincian bantuan pelatihan sebesar Rp. 1.000.000,-, insentif selama 4 bulan masa pelatihan sebesar Rp. 600.000,- dari sebelumnya yang sebesar Rp. 500.000,-. dan Rp. 150.000,- diberikan sebagai tambahan setelah mengikuti survei evaluasi program Kartu Pra Kerja. Dan akan diberikan secara non tunai melalui Link Aja, OVO dan juga BNI.

3. Cara Daftar Kartu Pra Kerja.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perkenomian, Airlangga Hartanto, untuk mendapatkan kartu pra kerja, pendaftarannya akan mulai dibuka April 2020 melalui portal https://www.prakerja.go.id/, sebelumnya kartu ini diluncurkan pada tangal 20 Maret 2020 yang lalu.

Sebelum mendaftar, anda harus memiliki akun terlebih dahulu, bisa menggunakan email atau nomor handphone anda, isi dengan benar, dan juga isi data diri sesuai dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) anda yang sah.

Cara membuat akun Kartu Pra Kerja, sebagai berikut:
  • Masukkanlah email atau nomor handphone.
  • Klik Daftar
  • Pilihlah metode verifikasi.
  • Masukkanlah kode verifikasi yang dikirm melalui email atau sms.
  • Pendaftaran berhasil, dan anda berhasil membuat akun Kartu Pra Kerja.
Cara daftar Program Kartu Pra Kerja, sebagai berikut:
  • Login dengan akun yang telah anda buat, kemudian Klik Daftar Kartu Pra Kerja.
  • Isi formulir pendaftar yang telah disediakan.
  • Kemudan klik selanjutnya.
  • Lakukan tes kemampuan dasar.
  • Klik tanda selesai.
  • Tunggu notifikasi yang dikirm di akun anda.

4. Pelatihan Untuk Pememgang Kartu Pra Kerja

Setelah anda mendapatkan kartu pra kerja, yang anda peroleh melalui situs prakerja.go.id, maka setelah itu anda akan mendapatkan pelatihan dan juga insentif. Untuk jenis dan metode pelatihan, baik yang dilakukan secara online atau offline bisa dipilih sendiri di platform digital anda.

Pelatihan akan dilakukan denan 11 mitra kerja yang diajak kerjasama dengan Pemerintah, antara lain dengan 8 marketplace dan 3 mitra untuk pembayaran. 8 marketplace tersebut antara lain Bukalapak, Tokopedia, Sekolah.mu, MauBelajarApa, Pijah Mahir, dan Pintaria. Sedangkan 3 mitra pembayaran, antara lain PT BNI, OVO dan LinkAja.

5. Manfaat Katu Pra Kerja

Dengan kartu pra kerja, anda bisa mendapatkan manfaat antara lain:
  • Pelatihan. Ada bisa mengikuti pelatihan yang disediakan, dan bisa membayar dengan menggunakan kartu pra kerja, baik online maupun offline.
  • Mendapatkan sertifikat pelatihan. Setelah mengikuti pelatihan, anda akan mendapat sertifikat yang diakui baik pelatihan online atau pun offline.
  • Insentif. Point ini menjadi point yang menarik karena akan mendapatkan dana isentif langsung dan ditranfer dalam tiga tahap.
Semoga informasi tentang “Kartu pra kerja, segera daftar dan dapatkan 650 ribu – 1 juta per bulan” ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel