KULINER NUSANTARA: LAKUSA CHEESE CAKE

Menikmati sepotong kue ditemani secangkir kopi pahit di pagi hari, seolah hidup menjadi terasa bermakna. Sambil duduk santai, merencanakan aktivitas untuk hari ini dan mempersiapkannya menjadi hidup lebih menyenangkan. Sebenarnya tidak menjadi masalah, kue apa yang menjadi cemilan untuk menyapa pagi. Namun jenis cemilan dan kue selalu menjadi perhatian bagi pecinta kuliner. Kuliner nusantara di Indonesia tidak hanya tentang makanan berat yang lengkap dengan lauknya, namun juga mencakup jenis kue dan cemilan yang tersebar di seluruh penjuru  tanah air.

Berbicara tentang kue, maka salah satu kue yang menarik perhatian adalah jenis kue keju yang saat ini sedang booming di dunia kuliner. Saat ini cheese cake sangat digemari di Surabaya, sebagai tempat asal kue ini. Tidak hanya di Surabaya, namun diseluruh penjuru tanah air, kue ini sangat digemari. Camilan dan oleh-oleh kuliner, memang telah menjadi buah tangan wajib yang harus dibawa dari Kota Surabaya. Sebagai salah satu penganan yang bisa digunakan sebagai oleh-oleh di rumah, maka pilihan “Cheese Cake” ini bisa dipilih untuk buah tangan keluarga di rumah.

KULINER NUSANTARA: LAKUSA CHEESE CAKE
Cheese cake 

Kuliner Nusantara Kue – Legitnya “Lakusa” Cheese Cake

Cheese Cake atau juga bisa disebut sebagai kue keju, pada umumnya dinikmati sebagai hidangan penutup dalam suatu acara. Pada umunya kue ini dibuat dari campuran keju, gula, telur dan susu. Karena menggunakan keju, maka banyak sekali jenis keju yang dapat dipilih untuk membuat cheese cake ini. Pilihan keju yang digunakan bisa menggunakan keju krim, atau bisa menggunakan jenis keju lainnya, misalnya jenis cottage cheese, mascarpone, atau banyak jenis keju yang bisa dipilih sebagai bahan kue ini.

Baca Juga:

Kuliner Nusantara Kue – Legitnya “Lakusa” Cheese Cake
1 Box Lakusa
“Lakusa”, atau disebut juga dengan “Lapis Kukus Sagu” Suroboyo, menjadi pilihan untuk oleh-oleh. Memang baru pertama kali mencoba lapis kukus ini. Sebenarnya bingung juga menamakan lapis kukus ini karena terdapat beberapa identitas di cover kotaknya, disebelah kiri atas terdapat gambar dan tulisan “Lakusa – Lapis Kukus Sagu, Suroboyo”. Dan disebelah kanan bawah juga terdapat gambar dan tulisan “Lakusa – Cap Jempol”.


Kuliner Enak Nusantara - Lapis Kukus Sagu Surabaya

Ah, tidak usah bingung dengan identitas kue ini, yang penting kita coba menikmati lapis kukus atau cheese cake ini. Kue lapis yang ada di Kota Surabaya memiliki rasa yang manis dan lebih legit, karena resep kue lapis ini berasal dari resep Belanda, selain itu kue lapis ini memiliki aroma khas yang berbeda karena menggunakan cengkeh, kayu manis dan cardamon.

Kuliner Enak Nusantara - Lapis Kukus Sagu Surabaya
1 kotak lapis kukus
Memang terdapat perbedaan antara lapis kukus sagu dengan lapis kukus lainnya, untuk lapis kukus sagu ini, merupakan salah satu jenis kue yang dibuat dari bahan tepung sagu, dimana bahan tepung ini berasal dari pohon sagu yang kebanyakan hidup di daerah Papua. Sama halnya dengan tepung lainnya, penggunaan tepung sagu memiliki banyak manfaat, antara lain  dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dapat melancarkan sistem pencernan dan juga mencegah kanker usus halus. Penderita diabetes pun bisa mengkonsumsi makanan yang terbuat dari tepung sagu, dikarenakan sagu memilki sifat tidak mudah menjadi kadar glukosa.

Sebagai kue berbahan dari tepung sagu, maka “Lakusa” atau “Lapis Kukus Sagu”, memilki cita rasa kue yang nikmat dengan tekstur kue lapisnya yang agak kenyal. Dijual dengan harga yang terjangkau, maka sangat mudah mendapat jenis kue,ini, karena di Kota Surabaya tersebar diberbagai outlet.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel