KULINER NUSANTARA: ” KUE PUKIS”

Menikmati sajian kue tradisional Indonesia memang sangat menyenangkan. Banyak sekali sajian khas tradisional di nusantara ini yang bisa menjadi pilihan untuk dinikmati, selain banyaknya kue-kue produksi pabrik yang ada di sekitar kita. Kue tradisional ini dijamin enak dan sehat dibanding kue-kue atau panganan cemilan yang biasa dijual dipasaran.

Salah satu kue tradisonal yang menarik perhatian saya, yaitu “Kue Pukis”, jajanan tradisional ini biasa kita temui di sekitar kita. Kue ini biasa kita temui di depan supermarket atau di depan beberapa toko besar yang ada di sekitar kita. Saya menemui kue pukis ini saat berbelanja disebuah supermarket alat-alat rumah tangga di Surabaya. Jadi sambil iseng membeli beberapa potong kue ini, akhirnya saya ingin tahu juga, bagaimana awal kue pukis ini sampai bisa dibuat? Siapa yang memiliki ide untuk membuat kue ini?. Memang sangat remeh sekali, namun kue ini sudah menjadi bagian dari kuliner nusantara.

Kuliner Jajanan Nusantara

Sebagai kue yang masuk dalam jajanan kue nusantara. Kue pukis ini, menurut beberapa sumber yang bisa ditemukan di internet dan beberapa literatur, ternyata kue ini memiliki nilai sejarah, dan ternyata kue ini merupakan makanan dari China. Kisah ini dimulai saat jaman penjajahan Belanda, dimana masyarakat Desa Sampang, Kota Kebumen diculik oleh penjajah. Dan penjajah mewajibkan orang Indonesia yang diculik ini untuk bekerja membuat kue pukis. Dan sebenarnya resep kue ini merupakan resep rahasia yang tidak ada orang lain tahu. Dan akhirnya, terdapat seseorang yang mengetahui tentang cara dan bahan yang digunakan untuk membuat kue pukis ini.

KULINER NUSANTARA: ” KUE PUKIS”
Kue Pukis
Dan kemudian orang yang diculik dan mengetahui resep pembuatan kue pukis ini berhasil melarikan diri. Setelah bebas, dia mulai mempraktikkan cara membuat kue pukis sendiri. Dan akhirnya cara pembuatan kue tersebut tersebar di masyarakat, dan bisa dinikmati hingga sekarang.

Baca Juga:

Kuliner Nusantara Kue

Dengan meilihat peluang bisnis kuliner, khususnya kue tradisional dan melihat perkembangan dunia usaha yang saat ini masih terdapat peluang, dan banyak sekali yang bisa dijadikan ladang mengais rezeki. Salah satunya adalah berbisnis kue pukis ini. Dalam dunia kuliner bahkan dalam grup-grup kuliner di setiap kota yang muncul, kebanyakan yang dijajakan adalah kue kering dalam toples, kue ulang tahun, kue coklat. Sehingga peluang bisnis kue pukis ini masih menjanjikan.

Kuliner Nusantara Kue
Outlet kue pukis
Untuk pemasaran, biasanya orang-orang yang belum terjun pada dunia bisnis kuliner ini masih ragu untuk masuk. Namun dengan berkembangnya media sosial, proses pemasaran sudah tidak menjadi masalah, dan hal ini adalah peluang bagi kita untuk masuk dalam bisnis kuliner.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel