KULINER NUSANTARA: “GORENGAN ANGKRINGAN CAK KASAN”

Ternyata kuliner nusantara itu sangat banyak dan beragam, tergantung pada budaya yang ada pada suatu daerah. Bahkan banyak jenis makanan yang bahan dan bentuknya sama, memiliki nama yang berbeda. Hal inilah yang menjadikan kuliner di Indonesia kaya akan ragam, variasi dan jenis kuliner.

Berbicara tentang kuliner, jenis kuliner ini bisa disebut sebagai kue yang digoreng atau gorengan. Berbagai macam gorengan yang dijual di masyarakat, mulai dari pedagang gorengan di pinggir jalan, atau pun restoran di hotel juga menawarkan sajian kuliner gorengan, meskipun dengan nama yang berbeda, namun bentuknya tetap sama yaitu “gorengan”.

KULINER NUSANTARA: “GORENGAN ANGKRINGAN CAK KASAN”
Gorengan martabak


Aneka Kuliner Nusantara – Nikmatnya Gorengan

Salah satu tempat kuliner yang menjual gorengan, di Probolinggo, adalah Angkringan Cak Kasan, masyarakat Probolinggo menyebutnya angkringan ke kinian, karena bentuk angkringan telah disulap menjadi sebuah bentuk tempat makan enak dengan tidak meninggalkan konsep tradisional. Yang berlokasi di pinggir jalan besar di Kota Probolinggo, yaitu di Jalan Panjaitan No. 7, Komplek Ruko Panjaitan Square, Probolinggo. Angkringan ini juga menjual sajian gorengan, meskipun jenisnya tidak banyak, biasanya yang sering ada , yaitu gorengan martabak isi telur dan gorengan tempe tepung.

Aneka Kuliner Nusantara – Nikmatnya Gorengan
Gorengan tempe tepung
Kalau mampir di Kota Probolinggo, entah sengaja menyempatkan untuk menikmati sajian kuliner, maka gorengan di Angkringan Cak Kasan yang paling pas untuk dinikmati, meskipun saat ini banyak juga tempat penjual gorengan enak selain di Angkringan  Cak Kasan.

Baca Juga:

Kuliner Nusantara Kue – Gorengan Kue Masyarakat Indonesia

Apa sebenarnya gorengan ini?. Gorengan adalah makanan yang berasal dari jenis kue yang dicelupkan pada sebuah adonan tepung yang kemudian digoreng. Sebenarnya disekitar kita pada khususnya dan di Indonesia banyak sekali ditemukan penjual gorengan. Banyak sekali nama yang disematkan pada jenis kue ini. Banyak sekali bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai gorengan, misalnya tempe apabila dimasukkan adonan tepung akan menjadi tempe tepung atau tempe mendoan. Isian telur atau isian mie bila dimasukan ke dalam kulit dari tepung akan menjadi kue yang disebut dengan martabak.

Kuliner Nusantara Kue – Gorengan Kue Masyarakat Indonesia
Gorengan
Banyak sekali bahan yang bisa disajikan dalam bentuk gorengan, ada yang menyebut ote-ote, bakwan (di Jawa Timur) atau bala-bala (sebutan di Jawa Barat dan Kota Jakarta), yaitu sebuah kue yang berasal dari adonan tepung yang dicampur dengan kubis cacah dan irisan wortel.

Jadi, banyak sekali aneka macam kue yang didapat dari adonan tepung sehingga menjadi sebuah makanan yang disebut gorengan. Pastinya menarik untuk dinikmati.


SUMMARY REVIEW
  • Nama Warung : Angkringan Cak Kasan
  • Produk : Gorengan
  • Budget : Rp. 1.500 – Rp. 3.000 per biji
  • Cara pembayaran : Cash Only
  • Alamat : Jl. Panjaitan No. 7, Ruko Panjaitan Square, Kota Probolinggo.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel