KULINER NUSANTARA: “NIKMATNYA NASI PADANG”

Sebagai bagian dari jenis kuliner nusantara yang disukai oleh kebanyakan para pecinta kuliner di Indonesia, jenis kuliner ini memang sangat enak dan nikmat, apalagi dengan bumbunya yang kaya rasa. Jenis kuliner ini memiliki rasa yang khas dan kuat, apalagi dengan beragam variasi bumbu saat satu porsi nasi ini disajikan, dengan berbagai lauk tambahan yang bisa dipilih saat menikmati kuliner ini.

Kuliner satu ini memang nikmat, dan menggugah selera, bagi siapa saja yang ingin menikmatinya. Membayangkan satu porsi nasi yang panas, kemudian disiramkan kuah gulai, ditambah sayur nangka, rendang daun singkong ditambah lagi sambal hijau, rasanya membayangkannya saja, seperti ingin melahap makanan tersebut segera.

Ikon Kuliner Nusantara – Nasi Padang

Sebagai bagian dari kuliner Indonesia, “Nasi Padang” menjadi salah satu jenis ikon kuliner yang selalu disukai, tidak hanya bagi masyarakat Padang, namun juga para pecinta kuliner dari seluruh Indonesia. Nasi Padang adalah sebutan untuk sajian nasi dengan hidangan yang disajikan secara lengkap, ala prasmanan dengan ikan, sayuran, daging, ayam, ditambah dengan sayuran pedas dan dinikmati bersama dengan nasi putih. Nama nasi Padang sebenarnya berasal dari sebutam sederhana untuk nama ibukota Propinsi Sumatra Barat, yang merupakan daerah kampung halaman Masyarakat Minangkabau.

Nasi Padang
Dibalik kenikmatannya, sebagian orang selalu khawatir apabila ditanya untuk menikmati nasi padang. Kekhawatiran ini timbul dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi padang ini, karena kebanyakan menggunakan santan dan minyak, mereka khawatir akan timbul penyakit darah tinggi setelah menikmati nasi padang ini.

Berdasarkan referensi yang saya dapat termasuk dari internet, rahasia kenikmatan masakan dari Minangkabau terletak dari penggunaan banyak bahan rempah-rempah alami. Misalnya Nasi Kapau dengan Nasi Padang berbeda, itu semua karena rempah-rempah yang digunakan juga tidak sama.

Kuliner Lezat Nusantara – Lezatnya Nasi Padang

Nasi Padang, merupakan sajian kuliner lezat yang selalu menjadi pilihan, layaknya sebuah restoran cepat saji tradisonal dengan bentuk makanan sehat. Apabila datang ke sebuah tempat makan atau restoran Padang, terdapat dua cara untuk memesan nasi Padang dengan cara pesan dan hidang. Cara pesan ini adalah cara yang sudah biasa kita lakukan, dengan memilih melalui jendela makanan atas hidangan yang diinginkan dan makan segera disajikan. (Cara ini biasa dilakukan di restoran Padang dengan sklaa kecil). Adapun cara hidang, biasanya dilakukan di restoran Padang yang lebih besar, hidang meriah biasanya dilakukan seperti perjamuan, dan cocok untuk melayani konsumen dalam jumlah besar dan berkelompok. Berbagai makanan dengan banyak piring kecil akan ditata didepan anda bila memilih atau memesan dengan metode hidang ini, antara lain rendang daging sapi, ikan kare, sayur rebus (biasanya daun singkong muda), sambal hijau, terong balado, babat, usus, kikil sapi, paru sapi, dan masih banyak jenis sajian kuliner ala nasi padang.

Dikuitip penulis dari sumber Otonomi.co.id di acara Festival Kampoeng Minangkabau, Sabtu 29 April 2017, hal ini dikarenakan: "Mungkin rata-rata orang Indonesia dalam memasak hanya menggunakan bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kami memakai bahan lainnya. Seperti ketumbar, jahe, lengkuasnya, ada beberapa bahan baku juga cuma ada di Sumatera Barat saja. Seperti daun ruku-ruku, pado, dan galundi, itu semua bahan yang cuma bisa ditemukan di Sumatera Barat”.

Satu hal lagi yang membuat Nasi Padang ini nikmat, hal ini dikarenakan "Orang Minang itu berani dengan bumbu-bumbu masakannya. Sebab orang Minang tidak pernah pelit dengan bumbu masakan jadi apapun dipakai untuk menciptakan rasa enak, tapi asli berasal dari bumbu tersebut. Jadi tidak perlu pakai bumbu MSG atau penyedap karena sudah ada dari bahan bumbu alami”.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel