KULINER NUSANTARA: “LONTONG SAYUR”

Kuliner nusantara di Indonesia, sungguh sangat banyak, beragam, dan bervariasi. Bahkan berbicara kuliner Indonesia yang memiliki kekhasan dan keunikan, menjadikan orang luar negeri pun memiliki rasa penasaran terhadap rasa enak kuliner Indonesia. Dengan berbagai pilihan menu dan sajian kuliner yang dipengaruhi oleh budaya asal masing-masing daerah menyebabkan kuliner yang ada dipengaruhi oleh adat budaya setempat.

Salah satu sajian kuliner enak, yang saat ini sudah merambah kuliner di seluruh Indonesia, adalah “Lontong Sayur”, kuliner ini sering kita nikmati pada saat acara-acara keluarga, kenduri, atau pun hajatan. Namun juga sering dijual di foodcourt-foodcort di mall di Indonesia.

Kuliner Nusantara Di Indonesia

Kalau anda pernah ke Jakarta, banyak sekali sajian kuliner khas Betawi yang menjadi ragam kuliner menarik, yang pantas untuk dinikmati. Salah satunya adalah lontong sayur. Kuliner ini sangat mudah dijumpai di Jakarta. Dulu, kuliner ini hanya dihidangkan pada saat hari besar keagaaman umat Islam, misalnya saat Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Namun, saat ini bisa dijumpai sehari-hari yang dijajakan sebagai makanan harian.

KULINER NUSANTARA: “LONTONG SAYUR”
Lontong Sayur
Dengan rasanya yang nikmat, akan menjadikan anda ingin menambah porsi saat menikmati sajian lontong sayur ini. Melihat namanya, bahan utama lontong sayur adalah lontong. Lontong merupakan makanan khas dari Indonesia yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Jawa, makanan ini terbuat dari beras yang dibungkus daun pisang dan telah dilakukan pengukusan di atas air mendidih. Namun untuk lontong sayur, apabila tidak terdapat lontong bisa diganti dengan ketupat, yang juga terbuat dari beras yang dimasukkan dalam anyaman daun kelapa muda (janur).

Baca Juga:

Kuliner Enak Nusantara

Dalam perkembangannya, lontong sayur sudah menjadi bagian keragaman kuliner enak Indonesia, bahkan menjadi icon kuliner nusantara. Dalam pembuatannya, sayur yang digunakan biasanya adalah sayur labuh atau pepaya muda yang diiris tipis.

Lauk untuk lontong sayur
Kembali pada lontong sayur, lontong sayur ini merupakan makanan nikmat yang juga menjadi favorit saya, dengan bahan baku lontong ditambah lagi dengan kuah bersantan yang bisa berisi sayut nagka muda atau irisan buah pepaya yang masih muda. Untuk lauk bisa ditambah telur sambal balado, tempe orak arik tempe, tumis kentang balado, sambal teriu petai dan tidak lupa tambahkan opor ayam agar terasa nikmatnya.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel