KULINER NUSANTARA: “NIKMATNYA SATE KAMBING”

Menikmati sajian kuliner, khususnya kuliner nusantara Indonesia memang sangat menantang, bagaimana tidak dikatakan menantang, kareaa semua menu masakan bisa dipilih dan tersaji sesuai dengan keinginan dan hasrat kita untuk menikmati makanan, bahkan dari ujung Aceh sampai dengan Merauke, semua sajian bisa kita pilih. Namun karena keterbatasan waktu dan ide, kita tidak bisa membahas satu-satu, tetapi kita akan memilih menu kuliner yang biasa kita nikmati dan ada di sekeliling kita.

Dengan banyaknya menu kuliner tersebut, membuat kita harus memilih kuliner yang ingin kita nikmati. Dan salah satu sajian kuliner yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah menu kuliner asli dari Indonesia, yaitu “Sate Kambing”. Menu ini memang sangat dikenal, karena bisa kita temui mulai dari pedagang keliling, penjaja kaki lima, restoran sederhana, sampai dengan restoran hotel berbintang lima.

Kuliner Nusantara di Indonesia

Berbicara tentang kuliner, memang sangat menarik, baik dari sisi menu, kelezatan, bahkan pengalaman kulinernya. Salah satu sajian kuliner nusantara ini memang sangat diminati oleh para pecinta dan penikmat kuliner, apalagi kalau tersaji dalam keadaan hangat setelah dipangggang, ditambah lagi dengan aroma, daging dan lemak yang terbakar. Aromanya sangat menggoda.

Kuliner Nusantara di Indonesia
Nikmatnya sate kambing
Siapa yang tidak mengenal dengan sate?. Sate dalam penyajiannya adalah makanan yang dibuat dari daging yang dipotong kecil-kecil, kemudian ditusuk dengan lidi yang terbuat dari daun kelapa, dan dipanggang dengan bara arang kayu. Penyajian yang nikmat, memang membuat menarik dan menggugah kita untuk segera mencicipi, hal ini dikarenakan bau khas daging yang dipanggang, ditambah dengan bumbu pendamping saat dinikmati.

Baca Juga: Kuliner Nusantara.

Sebagai bagan dari kuliner Indonesia yang sangat diminati, “sate kambing”, memang makanan sate yang terbuat dari daging kambing, yang penyajiannya juga sama dengan sate lainnya, yang ditusuk dan telah diberikan bumbu rempah dan berbagai bumbu dapur, yang kemudian dibakar atau dipanggang. Biasanya, dalam penyajian, disajikan bersama sayur kubis mentah, tomat, dan bawang merah yang telah diiris tipis.


Ikon Kuliner Nusantara

Seperti kita ketahui bersama, sate khususnya sate kambing sudah menjadi ikon dalam kuliner di Indonesia. Keberadaannya sudah tersebar di seluruh Indonesia dan dianggap sebagai salah satu masakan nasional di Indonesia. Namun dengan keberadaannya yang sangat populer di Indonesia, ternyata sate juga terkenal di Negeri Belanda, dan rasa serta aromanya juga dipengaruhi oleh masakan Indonesia yang dulunya merupakan koloni dari Belanda.

Ikon Kuliner Nusantara
Sate Kambing Ikon Kuliner Nusantara
Sate kambing ini bertambah nikmat dengan adanya saus nikmat, biasanya berupa bumbu kacang, ditambah lagi taburan bumbu kecap. Dan kenikmatannya bertambah lagi dengan adanya acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Di Indonesia, menikmati sate kambing bisa dilakukan dengan nasi hangat atau lontong (lontong, adalah pengganti nasi yang di rebus dalam daun pisang, dengan warna hijau di bagian luar, dan berwarna putih di bagian dalam).

Sate ini ternyata telah mendunia, hal ini dapat dilhat dari jajak pendapat para pembaca yang dilaksanakan oleh CNN Go pada tahun 2011, ternyata sate menyandang peringkat ke-14 dalam World’s 50 Most delicious foods.

Jenis Kuliner Khas Nusantara

Sebagai sajian kuliner yang telah dikenal di Indonesia bahkan di dunia, perlu diketahui juga bahwa sate di Indonesia diciptakan oleh pedagang makanan kaki lima di Jawa sekitar awal abad ke-19. Hal ini didasarkan, bahwa pada saat itu awal abad ke-19 banyak sekali pendatang dari Arab dan pendatang Muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia dan menggunakan daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai warga keturunan Arab. Apalagi, ditambah lagi dengan tradisi Muslim di Indonesia, dimana terdapat Hari Raya Idul Adha yang merupakan hari istimewa, pada hari raya ini daging kurban, yaitu daging kambing, domba atau sapi sangat berlimpah dan dibagikan kepada orang yang tidak punya dan orang miskin, dan mereka pun kemudian merayakannya dengan memanggang sate daging kambing, domba atau daging sapi ini secara bersama-sama.

Jenis Kuliner Khas Nusantara
Sate Kambing adalah Kuliner Khas Nusantara
Sebagai sajian kuliner yang telah menjadi ciri khas kuliner nusantara, sajian sate ini kemudian menyebar ke sekuruh pulau di Indonesia, yang pada akhirnya menghasilkan berbagai macam variasi sate. Dengan mengambil informasi dari wikipedia tentang perkembangan sate (https://id.wikipedia.org/wiki/Sate), pada akhir abad ke-19, sate telah melampaui nusantara Indonesia ini dan menyeberang ke Selat Malaka menuju Malaysia, Singapura dan Thailand, yang dibawa oleh para perantau dari Jawa dan Madura yang berdagang sate di negeri-negeri tersebut. Bahkan, orang Belanda juga membawa jenis hidangan sate ini dan berbagai hidangan lainnya ke negeri Belanda. Bahkan sajian sate juga disajikan dalam hidangan Rijsttafel di Belanda (Rijsttafel dalam Bahasa Belanda, yang berarti cara penyajian makanan secara berurutan dengan pilihan hidangan dari berbagai daerah di nusantara, pada dasarnya adalah konsep penyajian makanan lengkap sesuai tata cara perjamuan resmi ala Eropa).

Kuliner Lezat Nusantara

Berbicara tentang kuliner “sate kambing”, maka begitu pula saya dalam menikmati sajian kuliner lezat ini, saat sedang dalam perjalanan, saya singgah disebuah restoran berbahan dasar daging kambing di daerah Gunung Anyar, Surabaya. Tempatnya yang cozy, rasanya depot atau tempat makan ini bisa dijadikan salah satu pilihan utnuk mencari makan siang. Dengan lokasi yang tenang dan nyaman tentu bisa digunakan sebagai tempat pertemuan bagi rekan-rekan pecinta kuliner.

Kuliner Lezat Nusantara
Depot Sate Kambing dengan suasana cozy
Restoran ini sepertinya tempat makan baru, yang menyediakan tempat duduk di luar dan didalam, dengan tempatnya yang santai yang disediakan bagi pembeli sate kambing disini. Dan kami memilih tempat duduk yang ada di dalam (non smoking area), sembari menunggu makanan yang dipesan, kami bisa berbincang-bincang santai. Seperti biasanya, menu yang kami pilih yaitu sate kambing 10 tusuk, gulai kambing, dan teh hangat.

Kuliner Lezat Nusantara
Tempat memesan menu makanan
Berbicara tentang sate sebagai ikon kuliner Indonesia, tidak salah kiranya kalau sate, khususnya sate kambing ini menjadi hidangan penting dalam berbagai masakan Indonesia, mulai dari gerobak kaki lima sampai dengan restoran mewah di hotel berbintang, bahkan dalam setiap acara penting, sate juga mengisi sebagai sajian kuliner.

Itu dia, sedikit ulasan tentang sate kambing, semoga bisa memberikan informasi tentang sajian kuliner khas di Indonesia.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel