TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: “ANGKRINGAN PAK DJAMBOEL”

Tempat Makan Enak di Surabaya - Setelah sekian lama tidak berbagi pengalaman tentang kuliner yang ada di kota tercinta Surabaya ini, kangen rasanya untuk berbagi informasi dan pengalaman melalui blog kuliner ini. Surabaya dengan berbagai macam kuliner khasnya dan berbagai macam tempat wisata yang ada, pasti membuat pecinta kuliner dan pecinta travelling tertarik untuk mencoba menikmatinya. Tidak hanya kuliner yang berasal dari Surabaya sendiri, namun juga terdapat kuliner yang mengadopsi dari daerah lain, meskipun rasanya disesuaikan dengan rasa dari daerah setempat.

Salah satunya yang akan kita ulas sedikit adalah sebuah kuliner yang berasal dari Solo. Kalau di Yogyakarta dikenal dengan nama “angkringan”, yang merupakan sebuah tempat nongkrong dengan duduk santai. Di Solo dikenal dengan sebutan “HIK” singkatan dari “Hidangan Istimewa Kampung”.

Tempat Makan di Nginden Surabaya: “Angkringan Pak Djamboel” yang Menarik

Salah satu tempat yang modelnya mengadopsi dari dua daerah tersebut adalah “Angkringan Pak Djamboel”. Angkringan ini berlokasi di Jalan Nginden Semolo No. 101, Ruko Manyar Garden Kav. 11-12, sebelum Kantor Bank BCA Manyar, Surabaya, Jawa Timur. Dan buka mulai pukul 18.00 sampai dengan pukul 1.30 WIB.

TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: “ANGKRINGAN PAK DJAMBOEL”
Angkringan Pak Djamboel
Sangat mudah untuk menemukan angkringan ini, dari perempatan Bratang, diseberang Terminal Bus Bratang, belok kiri setelah Unitomo dan diantara ruko-ruko setelah Unitomo tersebut terdapat banner yang dipasang dengan menunjukkan tulisan Angkringan Pak Djamboel, Hidangan istimewa kampung.

Tempat Makan di Nginden Surabaya: “Angkringan Pak Djamboel” yang Menarik
Lokasi Angkringan Pak Djamboel di Jalan Nginden Semolo No. 101, Ruko Manyar Garden


Tempat Makan Enak di Kota Surabaya: Angkringan Pak Djamboel dan Keunikannya

Angkringan Pak Djamboel ini terbilang unik, karena konsepnya menggunakan “HIK” Solo, namun secara penamaan menggunakan Konsep “angkringan” ala Yogyakarta. Dan yang membuat berbeda adalah, Angkringan Pak Djamboel ini, sepertinya memodifikasi tiga model ciri khas dalam satu tempat kuliner yaitu Konsep HIK Solo, Konsep angkringan Yogyakarta dan menu makanannya disesuakan dengan selera khas Masyarakat Surabaya.

Tempat Makan Enak di Kota Surabaya: Angkringan Pak Djamboel dan Keunikannya
Angkringan ala Solo (Sumber gambar: Instagram - Apscene)
Angkringan Pak Djamboel ini selain sebagai tempat duduk santai, juga menyediakan makanan dengan harga murah bernuansa tradisional dengan sajian khas angkringan. Konsep adanya gerobak dorong juga masih dipertahankan disini. Angkringan yang berasal dari kata “angkring” yang berarti duduk santai, sehingga tidak salah angkringan Pak Djamboel ini memberikan tempat yang nyaman untuk para pecinta kuliner ini.

Baca Juga:
Selain itu, angkringan ini mencoba menawarkan kenyamanan pada para pengunjung dengan memberikan tempat yang luas, terlindung dari hujan dengan dipasangnya atap pelindung di lokasi angkringan. Namun demikian kesan khas angkringan disini masih dipertahankan. Sehingga dengan konsep tempat makan modern yang menggunakan ala hidangan khas Jogja, Angkringan ini memberikan kesan bahwa kalau ingin makan seperti di Jogja cukup datang di Angkringan Pak Djamboel ini.

Tempat Makan Surabaya Buka Malam 

Berbeda dengan angkringan yang biasanya ada, Angkringan Pak Djamboel, memang sengaja membuat sensasi yang berbeda. Kalau ditempat asalnya, angkringan dibuat dengan model sederhana dengan “dingklik” (kursi panjang) yang ditaruh di depan gerobak. Dan apabila tempat duduk (dingklik) ini tidak muat, para pembeli lainnya biasanya akan duduk di sebelah angkringan (atau biasanya disediakan tikar untuk duduk).

Tempat Makan Surabaya Buka Malam
Menu (Sumber Gambar: Instagram - edw12345678 )
Namun berbeda dengan Angkringan Pak Djamboel, angkringan ini sengaja tidak menyediakan tempat duduk di depan gerobak, namun menyediakan deretan meja dan kursi panjang untuk menikmati makanan, dan gerobak yang ada digunakan untuk memajang berbagai makanan, yang terdiri atas nasi kucing, sate dan berbagai makanan lainnya.

Bisa dikatakan angkringan ini menjadi angkringan modern yang sengaja dibuat untuk meng-akomodasi harapan para pembeli, yaitu bisa untuk makan dan juga bisa untuk tempat nongkrong. Sama seperti di Yogyakarta dan di Solo, Angkringan Pak Djamboel ini hanya buka malam saja. Sehingga anda yang ingin datang setelah pulang kerja, bisa langsung datang, tanpa khawatir kehabisan makanan, karena bukanya hanya malam hari saja.

Tempat Makan Enak Buat Nongkrong di Surabaya

Surabaya, dengan berbagai macam ragam penduduknya yang kebanyakan para pendatang, yang kebanyakan tidak membawa keluarga atau bisa dikatakan sebagai perantau, dengan profesinya yang bervariuai, ada yang masih kuliah, karyawan kantor, buruh dan banyak profesi lainnya. Dengan latar belakang yang berbeda, terkadang dari pada sepi di kos atau di rumah,. Mereka lebih memilih tempat nongkrong sebagai tempat untuk menghabiskan waktu atau berkumpul bersama teman.

Salah satu tempat makan yang juga bisa digunakan sebagai tempat nongkrong adalah “Angkringan Pak Djamboel”. Angkringan ini memberikan berbagai macam menu yang bervariasi dan aneka ragam sate yang bisa dipilih. Berbagai macam sajian nasi bungkus juga disediakan di angkringan ini, antara lain nasi cumi hitam, nasi bakar, nasi bungkus lauk teri, dan berbagai macam variasi nasi bungkus. Selain berbagai macam nasi juga tersedia makanan ringan yang digoreng khas angkringan dan aneka macam sate khas angkringan, misalnya sate usus ayam, sate telur puyuh, sate bakso bakar dan masih banyak lagi.

Tempat Makan Enak Buat Nongkrong di Surabaya
Sajian menu angkringan (Sumber Gambar: Instagram - edw12345678 )
Yang menarik lagi, angkringan ini juga menyediakan nasi yang menjadi favorit para pecinta kuliner di Surabaya, yaitu nasi cumi bumbu hitam. Ditambah lagi berbagai macam menu yang menarik lainnya. Kalau dilihat dari banner yang dipasang, angkringan ini juga memberikan warna yang khas atas makanan dan minuman ala Jogja, misalnya disediakannya “wedang uwuh” (minuman dari rempah khas Yogyakarta), wedang ronde dan nasi bungkus yang menjadi ciri khas keberadaan angkringan Jogja.

Tempat Makan Enak Buat Nongkrong di Surabaya
Kopi Josh ala Angkringan Pak Djamboel
Jadi, tidak salah kalau sekali-kali kita mampir di tempat ini, tempat makan di Nginden Surabaya, selain mencoba sajian khas Jogja, juga bisa duduk santai untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman. Semoga Angkringan Pak Djamboel juga menjadi salah satu pilihan tempat kuliner di Surabaya ini.

CULLINARY SUMMARY: 
  • Budget Aman: Rp. 10.000 – Rp. 15.000 per orang.
  • Tempat Parkir: Tersedia. 
  • Wifi: Tidak Ada.
  • Cara pembayaran : Cash.
  • Alamat: Jalan Nginden Semolo No. 101, Ruko Manyar Garden Kav. 11-12, Surabaya, Jawa Timur. 
  • Jam buka : Pukul 18.00 sampai dengan 01.30.
  • Contact Person: 0812 5901 7866.
Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel