TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: “ANGKRINGAN NGUDI RAOS” GERAI KERTAJAYA

Apa yang ingin anda rasakan saat menkmati waktu di Kota Surabaya?. Pastinya banyak sekali yang ingin dilakukan saat sampai di kota ini. Berbagai pilihan wisata bisa dipilih, dengan berbagai macam pilihan tempat wisata. Namun yang pasti terdapat dua hal yang segera ingin dilakukan, yaitu mencari tempat makan enak di Surabaya dan wisata jalan-jalan di mall. Kalau wisata kuliner, yang pasti dikarenakan banyaknya aneka macam kuliner ada di kota ini. Namun wisata mall atau biasa disebut dengan jalan-jalan di mall, dikarenakan banyaknya mall yang berdiri di Kota Surabaya.

Tentunya rasa kangen akan kota Surabaya selalu menjadikan pilihan bagi setiap orang untuk datang. Kenangan manis saat tinggal di Kota Surabaya, bisa saja menjadikan orang-orang yang dulu pernah tinggal mengingat kembali kenangan yang ada. Bisa sambil menikmati kuliner yang ada, atau sekedar menikmati kuliner yang mulai banyak bermunculan di Kota Surabaya ini. Salah satu tempat makan dan tempat nongkrong yang mulai banyak bermunculan adalah angkringan. Bagi yang belum pernah menikmati sajian kuliner angkringan di Jogjakarta, pasti penasaran akan menu-menu yang ditawarkan.

Tempat Makan Enak di Kertajaya Surabaya

Salah satu tempat yang kebetulan menawarkan sajian khas angkringan di Surabaya, yaitu sebuah angkringan yang berada di Jalan Kertajaya, Surabaya. Sebut saja Angkringan Ngudi Raos Gerai Jalan Kertajaya. Tepatnya berada di Jalan Kertajaya No. 103, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60286. Buka mulai pukul 18.00 sore sampai dengan pukul 03.00 pagi. Lokasinya cukup strategis berada di sebelah Kantor BRI Kertajaya, dekat dengan Kampus Unair Surabaya.

TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: “ANGKRINGAN NGUDI RAOS” GERAI KERTAJAYA
Angkringan Ngudi Raos - Gerai Jalan Kertajaya. 
Angkringan ini selain berfungsi sebagai tempat makan juga menjadi tempat nongkrong bagi warga Surabaya. Dengan mengambil konsep kuliner dan tempat nongkrong ala Jogjakarta, Angkringan Ngudi Raos memberikan warna yang berbeda pada kuliner Surabaya. Sebenarnya terdapat 12 tempat atau gerai Angkringan Ngudi Raos di Surabaya yang bisa dipilih apabila ingin menikmati sajian kuliner khas angkringan, yaitu Gerai Kertajaya, Gerai Kaliwaron, Gerai Mulyosari, Gerai Tropodo, Gerai Ubaya yang berada di Jalan Panjang Jiwo, Gerai Jemursari, Gerai Rungkut Menanggal, Gerai Karah, Gerai Kutisari, Gerai UPN, Gerai Rungkut Asri dan yang terakhir Gerai Deltasari.

Baca Juga:

Tempat Makan Surabaya Buka Malam

Sesuai dengan tempat asalnya, Angkringan Ngudi Raos ini hanya buka malam saja. Kebetulan Gerai Angkringan Ngudi Raos Cabang Jalan Kertajaya ini bertempat di toko yang sudah tutup di malam hari, jadi angkringan ini menempati hanya untuk malam hari saja. Namun hal ini tidak menjadi masalah, dikarenakan Kota Surabaya adalah kota yang dipenuhi banyak pendatang, dan juga memiliki pengalaman kuliner sehingga tahu tentang keberadaan angkringan ini.

Tempat Makan Surabaya Buka Malam
Nongkrong di angkringan
Berbicara tentang konsep “angkringan”, kata angkringan berasal dari bahasa Jawa yaitu angkring, yang memiliki arti sebagai alat dan tempat untuk berjualan makanan keliling dengan alat pikulnya yang berbentuk melengkung ke atas. Namun berkembang menjadi gerobak dorong yang menjual berbagai makanan dan minuman di pinggir jalan di Jogjkarta dan Jawa Tengah. Namun di Solo juga terdapat angkringan yang biasa disebut dengan warung “hik” (singkatan dari hidangan istimewa ala kampung) atau disebut juga dengan wedangan.

Di tempat asalnya, gerobak angkringan biasa ditutup dengan kain dari terpal plastik yang bisa memuat 8 orang pembeli, dan biasa mengandalkan lampu peneranga tradisional, yang biasa disebut dengan “senthir” (dalam bahasa Indonesia disebut dengan lentera atau penerangan sederhana tanpa menggunakan kaca). Makanan yang dijual ditempat asalnya biasanya terdiri atas nasi kucing, gorengan, sate usus ayam, sate telur puyuh, dan lain-lain. Begitu juga minuman yang ditawarkan terdapat berbagai macam pilihan, misalnya teh, jeruk hangat, kopi, minuman jahe, susu dan sebagainya. Yang dijual dengan harga yang terjangkau.

Tempat Makan Kaki Lima Enak di Surabaya

Dengan konsep ala Jawa tulen, lumayanlah angkringan ini bisa mengobati rasa kangen akan Jogjakarta. Pembeli pun bisa duduk santai di depan gerobak sambil minum kopi atau pun sambil makan nasi bungkus yang sudah disediakan di gerobak angkringan. Kalau pun pengunjung ingin duduk di karpet karena “dingklik“ (tempat duduk panjang, menurut bahasa Jawa) di gerobak tidak mencukupi, juga disediakan tempat duduk dibawah beralaskan karpet beserta meja kecilnya.

Tempat Makan Kaki Lima Enak di Surabaya
Menu angkringan
Hal ini sangat sesuai dengan konsepnya yang egaliter, yang menerima pembeli tanpa membedakan strata sosial. Sehingga dalam menikmati makanan, bisa sambil bebas mengobrol tentang berbagai hal, meskipun tidak saling mengenal. Apalagi harga sajian kulinernya yang murah dan bisa dinikmati dalam kondisi santai menjadikan angkringan sebagai tempat singgah untuk mengusir rasa lapar atau sekedar menikmati minuman yang disajikan.

Tempat Makan Enak Buat Nongkrong di Surabaya

Selain bisa digunakan sebagai tempat makan khas Jogjakarta, Angkringan Ngudi Raos juga enak sebagai tempat nongkrong. Untuk makanan yang dijual di Angkringan Ngudi Raos ini masih sama seperti angkringan kebanyakan, yaitu nasi bungkus sebagai makanan utama, aneka sate (mulai dari sate telur puyuh, sate usus ayam, sate kulit sapi, sate ati ampela ayam, dan aneka sate lainnya), berbagai macam makanan yang digoreng, dan lain-lain.

Minuman yang dijual pun berbagai macam selain untuk pelepas dahaga, teman nongkrong atau pun sandingan makanan, minuman yang dijual pun beraneka ragam mulai dari minuman panas, minuman hangat dan minuman dingin, semua bisa dijangkau dompet penikmat kuliner.

Jangan kuatir bila kawan-kawan menginginkan kopi arang atau kopi joss dan wedang uwuh khas Jogjakarta, juga disediakan di Angkringan Ngudi Raos ini.

Dengan harga yang terjangkau dan lokasi yang nyaman, angkringan ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi kawan semua untuk menikmati sajian kuliner di tempat makan enak di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

CULLINARY SUMMARY :

  • Budget Aman : Rp. 10.000 – Rp. 15.000 per orang.
  • Tempat Parkir : Tidak Tersedia (Hanya di sepanjang Jalan Kertajaya).
  • Wifi : Tidak Ada
  • Cara pembayaran : Cash
  • Alamat: Jl. Kertajaya No.103, Airlangga, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60286.
  • Jam buka : Pukul 18.00 sampai dengan 03.00 WIB
  • Contact Person : 0838-3124-3429.
Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel