TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: SEDAPNYA MASAKAN DI “WARUNG ABAH BANDUNG”

Menikmati sajian kuliner merupakan suatu aktivitas yang menyenangkan. Bagaimana tidak menyenangkan?. Hanya dengan menikmati sajian makanan dan menikmati hobi mencicipi makanan, tentu saja sangat menyenangkan, apalagi menikmati sajian kuliner kesukaan kita. Sama dengan edisi kali ini, kali ini kita akan mengulas sedikit tentang pengalaman menikmati kuliner disebuah tempat makan enak di Surabaya. Tentu saja Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta memiliki beragam variasi makanan yang beragam dikarenakan Suarabaya juga menjadi pertemuan berbagai tradisi dan budaya.

Berbeda seperti pengalaman kuliner sebelumnya, saat menikmati kuliner di Surabaya hanya sekedar menikmati sajian bebek goreng atau pun sajian makanan cepat saji. Maka kali ini, kami mencoba menikmati sebuah sajian kuliner dari Jawa Barat. Sebenarnya tempat ini sangat sering kami lewati, apalagi saat tinggal di Surabaya dulu. Namun baru saat ini, kita bisa mampir dan mencoba sajian kuliner di tempat ini.

Tempat Makan Enak di Surabaya Selatan

“Warung Abah Bandung”, sangat mudah dijangkau yang berada di Kawasan Perumahan Permai Nomer 03, Jl. Ketintang Madya, Ketintang, Surabaya, Jawa Timur, 60232. Tempat makan ini buka setiap hari, mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu, mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 20.00. Dengan mengambil ciri khas kuliner Bandung, “Warung Abah Bandung” ini menawarkan makanan khas serba Sunda dan bisa menjadi pengobat kangen akan makanan khas Sunda.

TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: SEDAPNYA MASAKAN DI “WARUNG ABAH BANDUNG”
Nikmatnya nasi timbel ditambah sayur asem
Dari sekian banyak tempat kuliner khas Sunda di Surabaya, memang “Warung Abah Bandung”, yang menawarkan sajian kuliner dengan harga yang terjangkau dan murah, dengan tempat yang sederhana. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau, yang berada di lingkungan area tempat kuliner Ketintang, Surabaya.

Tempat Makan Enak di Surabaya Selatan
Warung Abah Bandung (Sumber Gambar: Facebook - Tongat Choeruddin)


Tempat Makan Siang Yang Enak di Surabaya

Berbicara tentang tempat makan enak, maka tidak salah kalau kita memilih warung sebagai tempat makan apalagi saat jam makan siang. Dan hal ini memang benar, pada saat jam makan siang, tempat makan ini selalu penuh, apalagi harganya yang sangat terjangkau, dengan pilihan menu yang bervariasi. Banyak sekali menu pilihan khas Sunda yang bisa dipilih dengan rasanya yang enak.

Banyak sekali menu yang ditawarkan di tempat makan ini, terdapat 40 jenis masakan yang bisa dipilih, antara lain: bubur ayam, nasi timbel, nasi uduk, nasi kuning, nasi goreng, soto Bandung, sup asam-asam iga sapi, sup ceker ayam, mie kocok, mie ayam, lotek, karedok, siomay, batagor, kupat tahu, lontong opor, pepes ayam kampung, pepes ikan mas, pepes ikan patin, pepes ikan tongkol, pepes pedo, pepes udang, pepes tahu, pepes jamur, dan masih banyak lagi menu lainnya. Menu ini belum termasuk menu minuman yang bisa dipilih, pasti untuk memilihnya saja jadi bingung, karena banyaknya pilihan menu tersebut.

Tempat Makan Siang Yang Enak di Surabaya
Segarnya es dawet
Selain pilihan menu tersebut di atas, tempat makan ini juga memberikan pilihan berupa pilihan paket menu, terdapat 8 (delapan) paket pilihan menu yang bisa dipilih. Ada paket dengan nasi uduk, nasi timbel, lotek, karedok dan berbagai pilihan paket lainnya.

Baca Juga:


Tempat Makan Keluarga Enak di Surabaya

Sebagai pilihan keluarga dalam hal makan enak, tentunya masakan khas Sunda, maka Warung Abah Bandung sengaja membuat tempat makan dengan masakan khas dari masyarakat Sunda. Masakan khas Sunda ini memiliki ciri dalam hal kesegaran bahan, misalnya sayuran yang dimakan dengan sambal, dan juga ada yang dinamakan “karedok” (makanan ini lebih banyak memakai bahan sayuran mentah segar ditambah dengan bumbu kacang).

Masakan Sunda memang berbeda dibanding masakan dari daerah lain, masakan Sunda lebih menampilkan rasa yang ringan, sederhana, dengan rasanya yang gurih asin, asam segar dan pedas. Dari sekian banyak menu yang membuat bingung untuk memilih, akhirya kami memilih ‘nasi timbel”. Nasi timbel ini adalah nasi yang dbungkus dengan daun pisang saat nasi masih dalam keadaan panas. Nasi yang panas tersebut membuat aroma nasi yang dibungkus dengan daun pisang menjadi lebih sedap. Cara membungkus dengan cara ditekan, dipadatkan dan baru kemudian digulung dengan daun pisang. Penyajiannya pun bisa dengan piilhan makanan pendamping, seperti ayam goreng, bebek goreng, empal goreng, tahu, tempe, saur asem, lalapan dan sambal.

Dari berbagai referensi yang saya dapat, terdapat hal yang menarik tentang nasi timbel, ternyata nasi timbel ini adalah bekal makanan yang biasa dibawa oleh para petani untuk makan di sawah. Dan timbel merupakan makanan khas yang telah dipersiapkan dari rumah berupa nasi yang hangat dan dibungkus dengan daun pisang.

Referensi Tempat Makan Enak Di Surabaya 

Surabaya, sebagai kota kuliner dan juga kota wisata, memang memilki daya tarik tersendiri. Dengan banyaknya tempat kuliner memang menjadi kekayaan yang luar biasa, terutama dalam dunia kuliner Surabaya. Sebagai tempat tujuan kuliner, “Warung Abah Bandung” memang layak menjadi referensi tempat makan enak di Surabaya. Apalagi dengan pilihan menu dan nikmatnya sajian kuliner yang ada disini.

Singkat sekali review kuliner kali ini, namun dengan kenikmatan masakan khas Sunda ini, bisa menjadi pengobat dan penghibur rasa kangen akan kuliner khas Sunda di Surabaya.

CULLINARY SUMMARY :
  • Budget Aman : Rp. 15.000 – Rp. 25.000 per orang.
  • Tempat Parkir : Tidak Tersedia (Hanya di sepanjang Jalan Ketintang Madya).
  • Wifi : Tidak Ada
  • Cara pembayaran : Cash
  • Alamat : di Perumahan Permai Nomer 03, Jl. Ketintang Madya, Ketintang, Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur, 60232.
  • Jam buka : Pukul 07.00 sampai dengan 20.00 WIB
  • Contact Person : 031-8285124, 8284032, 087751056800, 085102444396.
Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel