Sejarah Singkat “Universitas Sebelas Maret”

Penasaran dengan Solo dan ingin melanjutkan pendidikan di kota ini? Tenang di Solo terdapat perguruan tinggi negeri yang menjadi favorit seluruh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia, “Universitas Sebelas Maret” atau sering disingkat dnegan “UNS” merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri di Kota Solo. Terdapat banyak alasan mengapa memilih perguruan tinggi ini sebagai tujuan tempat kuliah, seperti perguruan tinggi ini merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, memiliki pilihan jurusan dan rata-rata sudah mendapatkan akreditasi A, biaya pendidikannya yang terjangkau dan masih banyak alasan lainnya mengapa harus memilih perguruan tinggi ini. Selain alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Sebelas Maret” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Sebelas Maret”

  • Singkatan/Sebutan: UNS.
  • Status: Negeri.
  • Alamat: Kampus UNS, Jalan Ir. Sutami No. 36A, Kentingan, Jebres, Surakarta 57126, Jawa Tengah.
  • Telepon: (0271) 632450, 46994, 46624, 46655 Pesawat 377.
  • Website: https://www.uns.ac.id
  • Dies natalis: 11 Maret.

Sejarah “Universitas Sebelas Maret”

Sejarah Singkat “Universitas Sebelas Maret”
Universitas Sebelas Maret (Foto: mamikos.com)

  • Didirikan: 11 Maret 1976 (UNS); tahun 198 (PPs UNS).
  • Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi.

Unversitas Sebelas Maret berdiri pada tanggal 11 Maret 1976. Kontroversi Surat Perintah Sebelas Maret  (Supersemar) tidak ada hubungannya dengan nama UNS, hal ini disebabkan nama perguruan tinggi ini lebih berhubungan dengan tanggal dan bulan kelahirannya.

Dasar hukum pendirian Universitas Sebelas Maret adalah Keppres Nomor 10 tahun 1976. Pada saat itu namanya adalah Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret yang disingkat dengan “UNS”, dan merupakan integrasi  dari IKIP Surakarta, Akademi Administrasi Negara (AAN) Surakarta, Sekolah Tinggi Olahraga (STO) Negeri Surakarta, Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (FK-PTPN), dan Universitas Gabungan Surakarta (UGS). UGS sendiri terdiri atas beberapa perguruan tinggi swasta, yaitu Universitas Islam Indonesia Cabang Surakarta, Universitas Cokroaminoto Surakarta dan Universitas Saraswati Surakarta. Sampai saat ini, singkatan UNS masih tetap populer. 

Baca juga: Sejarah Singkat “Institut Pertanian Bogor”.

Pada tahun 1986 dibukalah Program Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK) Program Studi Pendidikan Sejarah yang menginduk pada IKIP Negeri Jakarta, di bawah pengelolaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS. 

Pada akhir tahun 1997 dibukalah Program Studi Linguistik, dan pada tahun 1998 dibuka Program Studi Ilmu Lingkungan. Ketiga program studi ini yang menjadi awal pembukaan Program Pascasarjana (PPs) pada tahun 1998. Sampai tahun 2004, PPs UNS sudah memiliki 18 program studi magister (S2) dan 1 program doktor (S3).

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Sebelas Maret”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Sebelas Maret”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Sebelas Maret”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel