Sejarah Singkat “Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah”

Satu lagi perguruan tinggi negeri yang bisa menjadi tujuan untuk melanjutkan sekolah, yaitu “Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah”. Perguruan tinggi ini biasa disebut dengan ‘UIN Jakarta’. Nama Syarif Hidayatullah sendiri berasal dari nama asli Sunan Gunung Jati. Pemakaian nama Syarif Hidayatullah sebagai nama UIN Jakarta, disebabkan perannya yang sangat besar dalam pengembangan kekuasaan Islam di Sunda Kelapa. Terdapat banyak alasan mengapa harus memilih UIN Jakarta, seperti UIN Jakarta adalah PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) terbesar di Indonesia, pengembangan iptek yang dilakukan berdasarkan moral dan spiritual, dan masih banyak alasan lainnya. Selain alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah”

  • Singkatan/ sebutan: UIN Syarif Hidayatullah.
  • Status: Negeri.
  • Alamat:

    • Kampus I: Jalan Ir. H. Juanda 95, Ciputat, Tangerang, Bantn 15412.
    • Kampus II: Jalan Kertamukti 5, Cireundeu, Ciputat, Tangrrang, Banten 15419.
  • Telepon: 

    • Kampus I : 021 -7401472.
    • Kampus II: 021 -74700919
  • Website: https://www.uin.jkt.ac.id

Sejarah “Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah”

Sejarah Singkat “Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah”
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (Foto: giriwidodo.com) 

Sejarah universitas ini diawali dengan lembaga pendidikan dengan nama Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) pada tahun 1957 – 1960 yang merupakan fakuktas dari IAIN Al-Jami”ah, Yogyakarta (1960-1963).

Berubah nama menjadi IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1963. Dan pada tahun 2002 menjadi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Baca juga: Sejarah Singkat “Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel”.

Pada tahun akademik 2002/2003 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan 9 fakultas Ptogram Strata 1 (S1), yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Adab dan Humaniora, Ushuludin dan Filsafat, Syariah dan Hukum, Dakwah dan Komunikasi, Dirasat Islamiyah, Psikologi, Ekonomi dan Ilmu Sosial, Sains dan Teknologi, dan juga Program Pascasarjana (S2 dan S3).

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel