Sejarah Singkat “Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel”

Nama perguruan tinggi Islam ini sangat terkenal di Jawa Timur, apalagi berada di lokasi yang sangat strategis di Kota Surabaya, membuat kampus ini menjadi salah satu kampus yang bergengsi. “Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel” saat ini tidak hanya menyediakan jurusan pendidikan Agama Islam saja, namun berbagai jurusan non pendidikan juga tersedia disini. Selain alasan tersebut, yang menarik adalah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel merupakan perguruan tinggi bereputasi internasional, kampus ini juga menerapkan pola integrative-informatif. dan masih banyak alasan lainnya mengapa harus memilih perguruan tinggi ini. Selain alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel”

  • Singkatan/sebutan: IAIN Sunan Ampel
  • Status: Negeri
  • Alamat: Jalan Jenderal A. Yani No. 117, Wonocolo, Surabaya 60237, Jawa Timur
  • Telepon: (031) 8410298, 8413300
  • Website: https://www.sunanampel.ac.id

Sejarah “Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel”

  • Didirikan: 5 Juli 1965 / 6 Rabiul Awwal 1410 H
  • Pendiri: Para tokoh Islam di Jawa Timur
  • Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi

Sejarah Singkat “Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel”
Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel (Foto: youtube.com/watch?v=RTE9IgFt4Ek)

Kelahiran IAIN Sunan Ampel dimulai pada tahun 1961, melalui pertemuan para tokoh Islam Jawa Timur di Jombang, Jawa Timur, yang juga dihadiri Prof. R. H. A. Soenarjo SH (Presiden IAIN Yogyakarta). Kemudian keluarlah Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 17/1961. Dimulai dengan Fakultas Syariah di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah di Malang – masih sebagai cabang IAIN Yogyakarta.

Baca juga: Sejarah Singkat “Institut Agama Islam Negeri Walisongo”.

Diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1961 oleh Menteri Agama di Surabaya, Fakultas Syariah dipimpin oleh KH. M. Syafi’i A. Karim, dan Fakultas Tarbiyah oleh Moh. Koesno, SH. Pengelolanya Yayasan Badan Wakaf Kesejahteraan Fakultas Syariah dan Fakultas Tarbiyah Cabang Surabaya. 

Pada tanggal 1 Oktober 1961, berdiri Fakultas Ushuluddin (cabang) di Kediri dipimpin dekan K.H.A. Zaini. Pada tanggal 5 Juli 1965 fakultas-fakultas tersebut diresmikan menjadi IAIN Sunan Ampel dengan Surat Keputusan Menteri Agama No.20/1965, dengan Rektor Prof. Teungku H. Ismail Ya’kub, SH, MA.

Program Pascasarjana (PPs) IAIN Sunan Ampel Surabaya meliputi Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Program Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya telah terakreditasi dengan peringkat tertinggi/unggulan (U) berdasarkan keputusan BAN-PT NO: 025/BANPT/AK.l/S2/IX/2000. Program Magister (82) berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 286, 1994. Mulai tahun akademik 2001/2002 PPs IAIN Sunan Ampel Surabaya membuka Program Doktor (S3) bidang Islamic Studies (al-Dirasat al-lslamiyah) berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI. Nomor: E/ 250/TH-2001.

Itu dia, sejarah singkat “Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel