Sejarah Singkat “Universitas Mulawarman”

Satu lagi perguruan tinggi negeri yang bisa menjadi tujuan Anda untuk melanjutkan pendidikan setelah menamatkan pendidikan di sekolah tingkat atas, yaitu Universitas Mulawarman. Perguruan tinggi ini juga sering disebut dengan “Unmul”. Terdapat banyak alasan mengapa harus memilih perguruan tinggi negeri ini, seperti Unmul adalah perguruan tertinggi tertua di Kalimantan Timur, terdapat banyak pilihan jurusan, biaya kuliahnya sangat terjangkau  dan masih banyak alasan lainnya. Selain beberapa alasan tersebut, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Mulawarman” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Mulawarman”

  • Singkatan/sebutan: Unmul.
  • Status: Negeri.
  • Alamat: Kampus Gunung Kelua, Jalan Ki Hajar Dewantoro, Samarinda 75123, Kalimantan Timur
  • Telepon: (0541) 731108
  • Website: https://www.unmul.ac.id

Sejarah “Universitas Mulawarman”

Sejarah Singkat “Universitas Mulawarman”
Universitas Mulawarman (Foto: edumor.com)

Pengelola: Universitas/Perguruan Tingi

Pendidikan tinggi ini adalah yang pertama di Kalimantan Timur, tepatnya di Samarinda dengan nama Perguruan Tinggi Mulawarman.

Pada tanggal 27 September 1962 ditetapkan sebagai tanggal lahirnya “Universitas Mulawarman”. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 130 Tahun 1962, tertangal 28 September 1962, dan dikukuhkan secara resmi dengan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 65, 23 April 1963.

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Negeri Manado”.

Awalnya Unmul menyelengarakan empat fakultas, yaitu: Ketatanegaraan dan Ketataniagaan, Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan, Fakultas Pertambangan, namun cuma Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan yang masih berjalan. Baru, pada tahun 1964 disusul Fakultas Pertanian. 

Pada tahun 1966 Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan dipecah menjadi Fakultas Sosial dan Politik dan Fakultas Ekonomi. Sayangnya tenaga dosen Fakultas Pertambangan berada di Balikpapan sehingga pada tahun 1970, fakultas ini terpaksa ditutup. 

Pada tahun 1978 IKIP Samarinda berintegrasi ke Unmul - Fakultas Keguruan dan limu Pendidikan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DİKTİ 181/D/E/978 20 Maret 1978 tentang Pembukaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Pada tahun 1978 Unmul terdiri dari 5 Fakultas sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Rl No. 66 Tahun 1982, 7 September 1982, yaitu: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Saat ini Unmul telah menyelenggarakan program pascasarjana, Magister Ilmu Kehutanan, sesuai deagan Surat Keputusan Dirjen DİKTİ Nomor : 319/ Kpts/1992, yang kemudian disempurnakan dengan Keputusan Dirjen DIKTI Nomor 103/DlKTl/Kep/1993. Program Magister Manajemen (MM) tersebut diselenggarakan bekerjasama dengan Universitas Airlangga.

Pada tahun akademik 1999/2000 dilanjutkan Program Magister llmu Administrasi, dibawah binaan Universitas Brawijaya. Program Magister Sains juga mulai diselenggarakan 1999/2000 kerjasama dengan Universitas Hasanuddin. 

Pada tahun akademik 2000/2001 ini disepakati penyelenggaraan program Magister llmu Pendidikan, kerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta. Kemudian pada tahun akademik 2000/ 2001 telah disetujui pembukaan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, yang merupakan pengembangan dari Fakultas Pertanian.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Mulawarman”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Mulawarman”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Mulawarman”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel