Sejarah Singkat “Universitas Jenderal Soedirman”

Ini dia perguruan tinggi negeri pilihan di Purwokerto, yaitu Universitas Jenderal Soedirman atau yang sering disebut dengan “Unsoed”. Banyak hal mengapa harus memilih perguruan tinggi negeri ini, seperti Unsoed adalah salah satu perguruan tinggi berkualitas, menduduki peringkat internasional, biaya hidup di Purwokerto juga murah dan masih banyak alasan lainnya. Selain beberapa alasan tersebut, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Jenderal Soedirman” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Jenderal Soedirman”

  • Singkatan/sebutan: Unsoed.
  • Status: Negeri.
  • Alamat: Jalan Kampus 1, Grendeng, Purwokerto 53122, Jawa Tengah.
  • Telepon: (0281) 641628, 635292 ext.157.
  • Website: https://www.unsoed.ac.id
  • Dies Natalis: 28 April

Sejarah “Universitas Jenderal Soedirman”

Sejarah Singkat “Universitas Jenderal Soedirman”
Universitas Jenderal Soedirman (Foto: unsoed.ac.id)

  • Didirikan: 23 September 1963.
  • Pendiri: Yayasan Pembina Universitas Jenderal Soedirman
  • Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi

Fakultas Pertanian, yang dirintis sejak 10 Februari 1961 dan didirikan pada tahun 1962, merupakan embrio dari Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Saat itu masih di bawah naungan Universitas Diponegoro. 

Selain Fakultas Pertanian, Unsoed kemudian memiliki Fakultas Biologi dan Fakultas Ekonomi. Disusul Fakultas Peternakan (1965), dan Fakultas Hukum (1982). Program D3 dibuka untuk mencetak Ahli Administrasi Keuangan, Ahli Kesekretariatan, dan Ahli Ternak Unggas dan Perah.

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Lambung Mangkurat”.

Pada tahun 1993, Program Studi Sosiologi dan Administrasi Negara, yang semula bernaung di bawah Fakultas Hukum, menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Pada tahun 1996, dibuka Program Magister Manajemen (MM). Bulan Mei 1997, disusul Program D3  Akuntansi, Bahasa Inggris, dan Manajemen Sumber Daya Hayati Perairan (MSHP), serta Program D3 Agribisnis pada tahun 1998. Lembaga ini juga menyelenggarakan program ekstensi pada beberapa program studinya.

Program Pascasarjana hingga bulan Januari 2005 untuk jenjang magister (S2) sudah terdapat 8 program studi, yaitu: Sains Ekonomi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Administrasi Publik, Sains Ilmu Lingkungan, Pertanian, Sumberdaya Ternak, Ilmu Hukum dan Biologi.

Sementara jenjang doktor (S3) sedang dipersiapkan. Jenjang doktor ini akan membuka program studi bidang Ilmu Ekonomi dan Ilmu Pertanian. Yang juga sedang dalam proses adalah jenjang magister (S2) untuk Kenotariatan.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Jenderal Soedirman”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Jenderal Soedirman”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Jenderal Soedirman”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel