Sejarah Singkat “Universitas Tanjungpura”

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sudah menjadi impian dan harapan mereka yang telah menyelesaikan sekolah menengah tingkat atas. Tentunya banyak perguruan tinggi di Indonesia yang bisa menjadi pilihan. Namun bagaimana kalau tempat tinggal Anda berada di Pontinak? Tenang, di Pontinak sudah ada kampus atau perguruan tinggi negeri yang bisa menjadi tujuan Anda melanjutkan pendidikan. Banyak hal mengapa harus memilih perguruan tinggi negeri ini, seperti sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, berada di lokasi yang strategis, fasilitas kampus yang memadai dan masih banyak alasan lainnya. Selain beberapa alasan tersebut, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Tanjungpura” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Tanjungpura”

  • Singkatan/Sebutan: Untan
  • Status : Negeri
  • Alamat : Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak 78124, Kalimantan Barat
  • Telepon : (0561) 36439 (Central) 
  • Website : https://www.untan.ac.jd

Sejarah “Universitas Tanjungpura”

Sejarah Singkat “Universitas Tanjungpura”
Universitas Tanjungpura (Foto: lancangkuning.com)

Pengelola : Universitas/Perguruan Tinggi

Awalnya, pada tanggal 20 Mei 1959 didirikan sebuah perguruan swasta, Universitas Daya Nasional, o!eh tokoh politik dan pemuka masyarakat Kalimantan Barat.

Perguruan ini membuka dua fakultas, yaitu: Fakultas Hukum, dan Fakultas Tata Niaga.

Pada tanggal 16 Mei 1963, Universitas Daya Nasional dinegerikan menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP) dan tanggal lahirnya ditetapkan pada tanggal 20 Mei 1963.

Dua fakultas baru dibuka, yaitu: Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. Sedangkan Fakultas Tata Niaga diubah menjadi Fakultas Ekonomi. Nama UNEP diubah menjadi Universitas Dwikora, dengan penambahan fakultas baru: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol). 

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Negeri Makassar”.

Nama baru ini diubah dua tahun kemudian menjadi Universitas Tanjungpura (Untan) pada tanggal 15 Agustus 1967. Pada Januari 1969 dilakukan integrasi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung Cabang Pontianak ke Untan, dengan dua fakultasnya, yaitu: Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Dalam perjalanan Untan selanjutnya, pada tanggal 3 Desember didirikan Politeknik Untan. Gedung Politeknik Untan menempati areal 6 hektare, sebelumnya sudah dilaksanakan pembentukan Local Project Implementation Unit (LPIU) Politeknik Untan - 1983 dengan tugas utama merencanakan komplek Politeknik dan menjaring calon instruktur staf pengajar untuk dididik pada Pusat Pendidikan Politeknik di Bandung.

Pada Oktober 1987 mulai dilaksanakan perkuliahan Politeknik Untan Diploma Dua (D2) untuk tiga jurusan: Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Mesin. 

Pada tanggal 28 April 1997 Politeknik Untan diubah namanya menjadi Politeknik Negeri Pontianak (Pol - nep). Program D3 llmu-ilmu Sosial dibuka pada tanggal 26 Juni 1997, disusul untuk program studi Budidaya Tanaman Perkebunan pada Fakultas Pertanian pada 24 Juni 1998.

Magister Manajemen juga dibuka di Untan pada tanggal 26 April 1999. Begitu pula program pascasarjana S2 Jurusan limu-ilmu Sosiai (program studi: Sosiologj, Ilmu Administrasi dan Ilmu Politik).

Akhir tahun 2000 dibuka Fakultas Kehutanan. Kemudjan pada Juli 2001 progam studi ilmu Hukum untuk jenjang S2 dibuka.

Menjelang akhir tahun 2002 untuk jenjang S1 dibuka program studi Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika. Pada tahun akademik 2003/2004 Untan boleh membuka program Studi Teknik Arsitektur, dan tahun berikutnya Teknik Informatika. 

Perkembangan terakhir, 18 Mei 2004 Untan diberi ijin untuk menyelengarakanprogram studi Magister Sipil (S2).

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Tanjungpura”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Tanjungpura”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Tanjungpura”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel