Sejarah Singkat “Universitas Negeri Malang”

Tertarik dengan dunia pendidikan? Bagi Anda yang tertarik menjadi seorang guru atau tenaga pengajar, maka memilih perguruan tinggi yang fokus pada pendidikan dan pengajaran menjadi hal tepat. Salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Jawa Timur, yaitu Universitas Negeri Malangsepertinya bisa mejadi pilihan untuk Anda. Banyak alasan mengapa harus memilih Universitas Negeri Malang ini, seperti peringkat 5 besar perguruan tinggi keguruan di Indonesia, memiliki jurusan yang sangat lengkap, baik pendidikan maupun non pendidikan, fasilitas kampus yang lengkap dan memadai, ditambah lagi Universitas Negeri Malang adalah kampus terkenal di Jawa Timur. Selain berbagai alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Negeri Malang” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Negeri Malang”

  • Singkatan/sebutan: UM.
  • Status: Negeri.
  • Alamat: Jalan Surabaya No. 6, Malang 65145, Jawa Timur
  • Telepon: (0341) 551334
  • Website: https://www.malang.ac.id

Sejarah “Universitas Negeri Malang”

Sejarah Singkat “Universitas Negeri Malang”
Universitas Negeri Malang (Foto: tambahpinter.com)

Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi

Universitas Negeri Malang (UM) termasuk universitas tertua di Jawa Timur. Awalnya bernama Perguruan Tingi Pendidikan Guru (PTPG) Malang yang menempati gedung kuliah ”Splendid Building” di Jalan Tumapel No. 1, Malang. Pada tanggal 10 November 1954, PTPG Malang menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Airlangga (FKIP Unair).

Baca juga: Sejarah Singkat “Institut Teknologi Nasional Malang”.

Tahun 1958, kampus di Jalan Semarang No. 5, Malang dibangun dan ditempati. Pada tahun 1963, FKIP Unair Malang berubah nama dan statusnya menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang, dengan membuka cabang: FKIP Unair di Surabaya, FKIP Unair di Madîun, FKIP Udayana di Singaraja, FKIP Nusa Cendana Kupang, FKIP Universitas Brawijaya di Jember.

Pada tahun 1967, dinyatakan sebagai Perguruan Tinggi Pembina oleh Ditjen. Pendidikan Tinggi. Pada tahun 1968, membuka Program Doktor. Pada tanggal 23 Maret 1968 FKIP cabang diserahkan kepada induknya. 

Pada tanggal 4 Agustus 1999 IKIP Malang menjadi Universitas Negeri Malang (UM).

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Negeri Malang”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Negeri Malang”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Negeri Malang”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel