Sejarah Singkat “Institut Teknologi Nasional Malang”

Siapa yang tidak suka dengan Malang, kotanya yang asri dan suasananya yang menyenangkan sangat pas menjadi kota pilihan untuk menjutkan pendidikan. Salah satu perguruan tinggi yang bisa menjadi pilihan adalah Institut Teknologi Nasional Malang. Banyak alasan mengapa harus memilih ITN Malang, seperti kampus ini memiliki jurusan studi yang banyak, ITN juga masuk dalam salah satu perguruan tinggi unggulan, dan juga lokasinya yang mudah diakses dan strategis. Selain berbagai alasan tersebut, maka mengetahui sejarah singkat “Institut Teknologi Nasional Malang” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Institut Teknologi Nasional Malang”

  • Singkatan/sebutan: ITN Malang
  • Status : Swasta
  • Alamat : Jl. Bendungan Siguragura 2, Sumbersari, Malang, Jawa Timur
  • Telepon : (0341) 551431, wat 126, 143
  • Website : https://www.itn.ac.id

Sejarah “Institut Teknologi Nasional Malang”

  • Didirikan : 4 Januari 1969
  • Pendiri : Yayasan Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (YPUTN ) Malang
  • Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi.

Sejarah Singkat “Institut Teknologi Nasional Malang”
Institut Teknologi Nasional Malang (Foto: hoteldekatkampus.com)

Bermula dari Akademik Teknik Nasional (ATN) Malang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (YPUTN) Malang pada tanggal 4 Januari 1969.

Kemudian di kembangkan menjadi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang pada tahun 1983 dengan SK Mendikbud No.0104/O/1983. Mengingat jumlah mahasiswa ITN Malang semakin meningkat, upaya pengembangan sarana dan prasarana untuk belajar mengajar juga terus dilakukan dan mulai bulan September 1979 sampai saat ini ITN Malang menempati kampus di atas lahan seluas 4 Ha, di Jalan Bendungan Sigura-gura 2, Sumbersari, Malang.

Baca juga: Sejarah Singkat “Institut Pertanian Bogor”.

Pada bulan Oktober 1985 ITN Malang pertama kali berhasil meluluskan 14 orang Sarjana yang terdiri atas 6 Insinyur Teknik Meşin dan 8 InsinyurTeknik Sipil; tahun 1999 ITN Malang telah meluluskan 13.598 orang Sarjana Teknik dan Sarjana Muda/D3. Sedangkanjumlah mahasiswa ITN Malang sampai saat ini mencapai lebih dari 16.000 orang mahasiswa yang berasal dari 33 propinsi di seluruh Indonesia. 

Dan sejak 1981, pimpinan ITN Malang bersama pengurus YPUTN mulai menyiapkan lahan untuk pengembangan kampus di Deşa Taşik Madu Kodya Malang seluas 65 hektare. Dan saat ini kompleks kampus terpadu ITN Malang seluas 35 hektare di Taşik Madu Malang dalam proses pembangunan tahap III.

Lembaga pendidikan ini selain menyelenggarakan jenjang diploma (D3) dan sarjana (S1), juga pascasarjana jenjang Magister (S2) untuk Program Studi Teknik.

Itu dia, sejarah singkat “Institut Teknologi Nasional Malang”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Institut Teknologi Nasional Malang”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Institut Teknologi Nasional Malang”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel