Sejarah Singkat “Universitas Brawijaya”

Ini dia salah satu kampus favorit di Jawa Timur, tidak hanya Jawa Timur namun seluruh Indonesia. Banyak alasan mengapa harus memilih UB atau Universitas Brawijaya ini, seperti UB adalah 10 dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia, memiliki jurusan yang sangat lengkap, fasilitas kampus yang lengkap dan memadai, ditambah lagi UB adalah kampus terkenal di Jawa Timur. Selain berbagai alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Brawijaya” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Brawijaya”

  • Singkatan/sebutan: Unibraw
  • Status: Negeri
  • Alamat: Jalan Mayjen. Haryono 169, Lowokwaru, Malang 65145, Jawa Timur
  • Telepon: (0341) 571260, 562094, 551611 ext. 1
  • Website: https://www.brawijaya.ac.id
  • Dies Natalis: 5 Januari.

Sejarah “Universitas Brawijaya”

Sejarah Singkat “Universitas Brawijaya”
Universitas Brawijaya (Foto: kompaspedia.kompas.id)

Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi.

Universitas dengan dua fakultas (Hükum dan Ekonomi) ini semula dikelola oleh swasta - cabang dari Universitas Swasta Sawerigading, Makassar, Sulawesi Selatan. Sayang, kurang berkembang. Dari sinilah lahir gagasan para pemuka masyarakat Malang untuk mendirikan sebuah “Universitas Kotapraja”, maka lahirlah Perguruan Tinggi Hükum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM), pada tanggal 1 Juli 1957, dan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (PTEM).

Dukungan DPRD Kotapraja Malang menjadikan PTHPM menjadi milik Kotapraja setempat dan menjadi Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM), 19 Juli 1958. 

Baca juga: Sejarah Singkat “Institut Teknologi Nasional Malang”.

Tahun berikutnya didirikan Fakultas Administrasi Negara (FAN) dan Fakultas Pertanian (FP). Kemudian, pada dies ketiganya, diresmikan menjadi Universitas Kotapraja Malang. Selanjutnya, pada tanggal 11 Juli 1961, universitas ini diresmikan sebagai Universitas Brawijaya. Sebuah nama yang diberikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia yang diambil dari nama salah satu raja Majapahit yang terkenal yaitu Prabu Brawijaya. 

Selanjutnya Yayasan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (yang juga sudah ada sejak tahun 1957) bergabung dengan Yayasan Perguruan Tłnggi Malang yang mengelola Universitas Brawijaya. Pada tahun 1961 PTEM menjadi Fakultas Ekonomi (FE).

Awalnya, Unibraw hanya memiliki 4 fakultas, yaitu Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Administrasi Niaga (FAN) dan Fakultas Pertanian (FP).

Dalam rangka persyaratan penegerian dibukalah satu fakultas baru: Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) pada tahun 1961. Tahun 1962 pemerintah memberikan status negeri pada fakultas-fakultas swasta yakni FP dan FKHP. Pada tahun itu pula FAN berganti nama menjadi Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan (FKK). Baru pada tanggal tanggal 5 Januari 1963 Menteri Perguruan Tinggi dan llmu Pengetahuan (PTIP) menegerikan Universitas Brawijaya dengan 5 fakultas, yang kemudian tanggal tersebut ditetapkan sebagai Dies Natalis.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Brawijaya”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Brawijaya”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Brawijaya”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel