Sejarah Singkat “Universitas Negeri Makassar”

Banyak alasan mengapa memilih Universitas Negeri Makassar. Kalau ditanya mengapa harus melanjutkan pendidikan ke Jawa, tentunya alasan yang sering diutarakan adalah banyaknya perguruan tinggi negeri di Jawa. Tapi tahukah Anda bahwa perguruan tinggi negeri di luar Jawa juga sama-sama memiliki kualitas terbaik. Dan hal ini pula yang menjadi alasan mengapa Anda harus memilih Universitas Negeri Makassar, banyak sekali alasan yang membuat Anda harus memilih UNM, seperti kampus ini sudah terakreditasi A, biaya kuliahnya yang sangat terjangkau dan masih banyak alasan lainnya. Terlepas dari itu semua, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Negeri Makassar” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Negeri Makassar”

  • Singkatan/sebutan: UNM
  • Status: Negeri
  • Alamat: Kampus Barat UNM Gunungsari Baru, Jalan Bonto Langkasa, Makassar 90222, Sulawesi Selatan
  • Telepon: (0411) 855288, 830366.
  • Dies Natalis: 30 Mei.

Sejarah “Universitas Negeri Makassar”

  • Didirikan: 1 Agustus 1961 (UNM), 30 Mei 1997 (Program Pascasarjana)
  • Pendiri: Universitas Negeri Makassar atas izin Dikti
  • Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi

Sejarah Singkat “Universitas Negeri Makassar”
Gedung Universitas Negeri Makassar (Foto: quipper.com) 

Berdiri pada tanggal 1 Agustus 1961, semula bernama Institut Keguruan dan llmu Pendidikan (IKIP) Ujung Pandang, kemudian berubah menjadi Universitas Negeri Makassar (UNM). 

Untuk Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPS UNM) bermula sebagai unit Kegiatan Pengumpul Kredit di bawah naungan Institut Keguruan dan llmu Pendidikan (IKIP) Jakarta pada tahun 1985.

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Hasanuddin”.

Pada tanggal 30 Mei 1997 UNM yang waktu itu masih IKIP Ujung Pandang diizinkan untuk membuka program S2 untuk Program Studi Pendidikan Bahasa dan Pendidikan IPS. Pada tahun 1999 dan 2000 dibuka Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup serta Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 

Selanjutnya atas kerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dibuka program S3 untuk Manajemen Pendidikan, Pendidikan IPS, dan Pendidikan Bahasa.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Negeri Makassar”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Negeri Makassar”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Negeri Makassar”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel