Sejarah Singkat “Universitas Bina Nusantara”

Binus? Pasti Anda sering mendengar sebutan ini? Ya, Binus atau Universitas Bina Nusantara adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Kampus ini bahkan sudah dikenal sebagai kampusnya pencetak para founder start-up unggul di Indonesia. Meskipun sudah tahu tentang universitas yang satu ini, alangkah baiknya bila Anda juga mengetahui sedikit informasi tentang sejarah singkat “Universitas Bina Nusantara” yang akan disampaikan di bawah ini.

sejarah-singkat-universitas-bina-nusantara
Universitas Bina Nusantara (Foto: pelayananpublik.id)

Penasaran dengan Binus? Di antara yang paling diingat tentu berbagai perkembangan teknologi dan informasi di Indonesia, salah satunya adalah Kaskus, siapa yang mengira kalau pendiri Kaskus, yaitu Andrew Darwis adalah sosok alumni Jurusan Sistem Informasi Binus tahun 1998. Dan tentu saja masih banyak informasi tentang para start-up lainnya yang bisa Anda dapatkan sehingga Anda tertarik pada Universitas Bina Nusantara ini.

Informasi “Universitas Bina Nusantara” 

  • Singkatan/sebutan: Ubinus
  • Status: Swasta
  • Alamat: Jalan Hang Lekir 1/6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12120.
  • Telepon: (021) 7202222
  • Faksimile: (021) 720555
  • Website: http://www.binus.ac.id 
  • Dies Natalis: 1 Juli

Sejarah Singkat “Universitas Bina Nusantara”

  • Didirikan: 10 Mei 1993
  • Pendiri: Almarhum Joseph Wibowo
  • Pengelola: Yayasan

Berawal dari sebuah kursus dengan nama ‘Modern Computer Course’ (MCC), yang berdiri pada 21 Oktober 1974. Kursus ini kemudian berkembang menjadi Akademik Teknik Komputer pada 1 Juli 1981. Tiga tahun kemudian, namanya diubah menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Jakarta. Pada tanggal 21 September 1985, nama tersebut kemudian diganti menjadi AMIK Bina Nusantara. Satu tahun kemudian ‘Amik Bina Nusantara’ memperoleh penghargaan dari Kopertis III Jakarta sebagai akademi komputer terbaik.

Baca juga: Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas”.

Karena melihat semakin diperlukannya ahli komputer, maka Yayasan Bina Nusantara kemudian mendirikan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Binus pada tanggal 1 Juli 1986. Pada 9 November 1987, dua perguruan tinggi Bina Nusantara dilebur menjadi STMIK Binus. Jenjang pendidikan yang diselenggarakan adalah program diploma (D3) dan Sarjana (SI). Pada 10 Mei 1993, lembaga ini mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan program pascasarjana jenjang Magister (S2) - Manajemen Sistem Informasi, yang pada tahun 1999 mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dengan nilai Unggul (U).

Pada tanggal 8 Agustus 1996, berdirilah Universitas Bina Nusantara - kemudian STIMIK Binus melebur ke kampus ini tertanggal 20 Desember 1998. Selanjutnya Ubinus mengeIola Fakultas Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik, Sastra, MIPA dan Program Pascasarjana.

Beberapa tahun kemudian STMIK Bina Nusantara menyelenggarakan program pascasarjana. STMIK resmi menjadi Universitas Bina Nusantara pada tanggal 8 Agustus 1996.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Bina Nusantara”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studinya di “Universitas Bina Nusantara”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Bina Nusantara”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel