Sejarah Singkat “Universitas Borobudur”

Memilih perguruan tinggi pasti gampang-gampang susah, apalagi kalau Anda belum pernah berdiskusi tentang universitas pilihan sesuai keinginan Anda, atau Anda belum memiliki pilihan yang tepat sesuai jurusan saat duduk dibangku SMA. Hal ini pasti menjadi keputusan yang sulit. Mak hal yang harus dilakukan pertama adalah mencari informasi terlebih dahulu tentang perguruan tnggi dimana Anda ingin melanjutkan pendidikan selanjutnya, apalagi kalau Anda memiih Jakarta sebagai kota untuk melanjutkan pendidikan, yang memiliki perguruan tinggi negeri dan swasta. Sepertinya sejarah singkat “Universitas Borobudur” bisa menjadi sedikit informasi untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

sejarah-singkat-universitas-borobudur
Universitas Borobudur (Foto: borobudur.ac.id)

Universitas Borobudur atau yang lebih dikenal dengan “UNIBOR” merupakan perguruan tinggi swasta di Jakarta yang sudah ada sejak tahun 80-an. Dan yang menarik adalah UNIBOR sudah dianggap sebagai salah satu perguruan tinggi yang menjadi andalan sebagai salah satu tempat pendidikan yang berkualitas.

Informasi “Universitas Borobudur”

  • Singkatan/sebutan: UNIBOR.
  • Status: Swasta.
  • Alamat: Kampus A: Jalan Raya Kalimalang 1 , Jakarta Timur; Kampus C: Jalan Pemuda No. 7, Jakarta Timur.
  • Telepon: Kampus A: (021) 8613868, 86612658, 8613877, 8618293, 8199339; Kampus C: (021) 4758055, 4758075.
  • Dies Natalis: 11 Maret.

Sejarah Singkat “Universitas Borobudur”

  • Didirikan: 5 Juli 1982 (Universitas Borobudur), dan pada tanggal 12 September 1995 (Program Pascasarjana).
  • Pendiri: Prof. Dr. H. Basir Barthos, Yayasan Pendidikan Borobudur (YPB).
  • Pengelola: Yayasan.

Universitas Borobudur adalah lembaga pendidikan tinggi yang diselenggarakan dan dibina oleh Yayasan Pendidikan Borobudur (YPB), yang merupakan suatu lembaga nirlaba yang berdiri pada tanggal 8 April 1971. Pada tanggal 11 Maret 1972, lembaga ini mendirikan 3 akademi secara bersamaan, yaitu Akademi Akuntansi, Akademi Keuangan dan Perbankan, serta Akademi Bahasa Asing (Bahasa Inggris). Masing-masing menyelenggarakan program Sarjana Muda (B.A./B.Sc.), yang pada tahun 1987 dikonversikan menjadi Program Diploma 3 (D3). Pada tahun 1991 ABA Borobudur menambah program studi, yaitu Bahasa Perancis dan Bahasa Jepang.

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Bina Nusantara”.

Pada tanggal 5 Juli 1982, Yayasan Pendidikan Borobudur mendirikan Universitas Borobudur dengan 4 (empat) fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dengan Program Studi Ilmu Ekonomi (Manajemen, Akuntansi), Fakulas Hukum dengan Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Teknik dengan Program Studi Ilmu Teknik (Sipil, Arsitektur), dan Fakultas Pertanian dengan Program Studi Pertanian (Agronomi, Agribisnis).

Pada tanggal 12 September 1995, kemudian dibuka Program Pascasarjana jenjang Magister (S2) untuk program studi Magister Manajemen dengan bidang kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Keuangan.

Pada tanggal 8 Juni 1997, kemudian dibuka Fakultas Ilmu Komputer dengan program studi: Manajemen Informatika (D3), Teknik Informatika (D3), Ilmu Komputer (S1). Pada tahun 2000 ditambah dengan program studi: Sistem Informasi  (S1) dan Sistem Komputer (S1).

Pada tanggal 20 April 2000, dibuka Program Doktor Ilmu Ekonomi (S3), dan pada tahun 2003 dibuka juga Fakultas Teknologi Industri untuk Program Studi Teknik Industri (S1), dan pada tahun 2004 juga dibuka Magister Ilmu Hukum.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Borobudur”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Borobudur”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Borobudur”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel